Rabu, 23 Agustus 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Nusantara / Berita

KESRA
Kamis, 19 Januari 2017 10:27 WIB

Pulosaren  dan Lima Desa di Wonogiri Masuk Desa Termiskin


Satu sisi desa Pulosaren yang memiliki potensi wisata

Bisnisnews.id-Desa Pulosaren, Kecamatan Kepil, ujung timur Kabupaten Wonosobo, adalah salah satu desa  termiskin di Jawa Tengah. Kondisi masyarakat yang umumnya petani, terbilang miskin dan berharap bantuan pemerintah.

Padahal desa yang berada di kaki gunung Sumbing atau sekitar 34 kilo meter dari pusat kota Wonosobo, pernah menjadi desa cukup makmur dan pada 1964 sempat dijadikan pusat pemerintahan Jawa Tengah selama enam bulan

Sudiro, Kades Pulosaren mengaku menyimpan jejak sejarah itu dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Magelang. Dengan hanya bertumpu pada sektor pertanian, tak mengherankan kini Pulosaren masuk dalam kategori desa miskin, dan mendapat perhatian lebih dari Pemerint

Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,Wonosobo bahkan meminta agar mendorong Pulosaren mengoptimalkan potensi wisatanya, demi meningkatkan pendapatan warga. Dengan dukungan panorama alam dan kesejukan udara di kawasan tersebut, Bupati meyakini Pulosaren mampu menarik perhatian wisatawan.

Potensi lain yang dapat dikelola, adalah lahan luas di perbukitan yang bisa dijadikan sebagai bumi perkemahan, serta area terabas untuk para penggemar motocross. Pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dari puncak Potorono, serta landscape Kota Wonosobo yang terlihat cukup jelas.

Selain Pulosaren, masih terdapat lima desa di empat kecamatan Kabupaten Wonogiri masuk kategori paling miskin. Fakta ini di dasarkan pada pendataan Biro Pusat Statistik (BPS) 2008. Kelima desa itu adalah Desa Pucanganom, Kecamatan Giritontro, Desa Kedawung, Kecamatan Kismantoro, Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro, Desa Kerjo Lor dan Ngadirojo Kidul, Kecamatan Ngadirojo.

Salah satu indikator kelima desa itu masuk kategori paling miskin adalah kuota penerima jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas) dengan jumlah penduduk di masing-masing desa.

Dari kelima desa itu, warga Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro menjadi desa yang termiskin di Wonogiri karena mencapai jumlah 38,89 persen. Data jumlah penduduk pada 2010 di desa itu berjumlah 4.721 orang namun kuota penerima jamkesmas dan data dari BPS 2008 jumlah penduduk miskin sebanyak 1.836 oran. (Syam Sk/berbagai sumber)

Baca Juga

 

Industri  -  Selasa, 22 Agustus 2017
WONDERFUL INDONESIA
AP I : Biaya Pendaratan Gratis, Labuan Bajo Siap Diakuisisi

Bisnisnews.id - Operator bandara PT Angkasa Pura (AP) I telah mengeluarkan kebijakan baru, biaya pendaratan gratis untuk maskapai yang membuka atau menambahkan rute baru ke wilayah Jawa Timur. Selain itu, AP I berencana mengakuisisi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 22 Agustus 2017
TAKSI ONLINE
Diputuskan Ilegal, MA Batalkan Peraturan Kenaikan Tarif

Bisnisnews.id - Mahkamah Agung telah memutuskan bahwa tarif yang diberlakukan oleh pemerintah bulan lalu atas layanan taksi online dinilai menghambat kompetisi. Kementerian Perhubungan memperkenalkan tarif minimum dan maksimum . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 22 Agustus 2017
KECELAKAAN KAPAL
Jenazah Marinir AS Ditemukan 

Bisnisnews.id - Jenazah telah ditemukan dalam pencarian 10 pelaut AS yang hilang setelah kapal mereka bertabrakan dengan sebuah kapal tanker di dekat Singapura, kata angkatan laut AS. Penemuan itu terjadi ketika para penyelam . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 22 Agustus 2017
AUSTRALIA
Rencana Pemboman Etihad Dengan Boneka Barbie Terbongkar

Bisnisnews.id - Menteri dalam negeri Libanon mengklaim teroris mencoba meledakkan penerbangan dari Australia dengan bom tersembunyi di boneka Barbie dan penggiling daging. Dia mengatakan Amer Khayyat berencana untuk meledakkan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 22 Agustus 2017
INAPORTNET
Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Terapkan Sistem Layanan Online

Bisnisnews.id-Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jawa Tengah, hari ini (Selasa 22/8/2017) menerapkan sistem layanan kapal secara online melalui jaringan Inaportnet, yang sebelumnya juga telah dilakukan di  Pelabuhan Makassar, . . .
Selengkapnya