Minggu, 17 Desember 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Nusantara / Berita

KESRA
Kamis, 19 Januari 2017 10:27 WIB

Pulosaren  dan Lima Desa di Wonogiri Masuk Desa Termiskin


Satu sisi desa Pulosaren yang memiliki potensi wisata

Bisnisnews.id-Desa Pulosaren, Kecamatan Kepil, ujung timur Kabupaten Wonosobo, adalah salah satu desa  termiskin di Jawa Tengah. Kondisi masyarakat yang umumnya petani, terbilang miskin dan berharap bantuan pemerintah.

Padahal desa yang berada di kaki gunung Sumbing atau sekitar 34 kilo meter dari pusat kota Wonosobo, pernah menjadi desa cukup makmur dan pada 1964 sempat dijadikan pusat pemerintahan Jawa Tengah selama enam bulan

Sudiro, Kades Pulosaren mengaku menyimpan jejak sejarah itu dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Magelang. Dengan hanya bertumpu pada sektor pertanian, tak mengherankan kini Pulosaren masuk dalam kategori desa miskin, dan mendapat perhatian lebih dari Pemerint

Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,Wonosobo bahkan meminta agar mendorong Pulosaren mengoptimalkan potensi wisatanya, demi meningkatkan pendapatan warga. Dengan dukungan panorama alam dan kesejukan udara di kawasan tersebut, Bupati meyakini Pulosaren mampu menarik perhatian wisatawan.

Potensi lain yang dapat dikelola, adalah lahan luas di perbukitan yang bisa dijadikan sebagai bumi perkemahan, serta area terabas untuk para penggemar motocross. Pengunjung juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dari puncak Potorono, serta landscape Kota Wonosobo yang terlihat cukup jelas.

Selain Pulosaren, masih terdapat lima desa di empat kecamatan Kabupaten Wonogiri masuk kategori paling miskin. Fakta ini di dasarkan pada pendataan Biro Pusat Statistik (BPS) 2008. Kelima desa itu adalah Desa Pucanganom, Kecamatan Giritontro, Desa Kedawung, Kecamatan Kismantoro, Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro, Desa Kerjo Lor dan Ngadirojo Kidul, Kecamatan Ngadirojo.

Salah satu indikator kelima desa itu masuk kategori paling miskin adalah kuota penerima jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas) dengan jumlah penduduk di masing-masing desa.

Dari kelima desa itu, warga Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro menjadi desa yang termiskin di Wonogiri karena mencapai jumlah 38,89 persen. Data jumlah penduduk pada 2010 di desa itu berjumlah 4.721 orang namun kuota penerima jamkesmas dan data dari BPS 2008 jumlah penduduk miskin sebanyak 1.836 oran. (Syam Sk/berbagai sumber)

Baca Juga

 

Arena  -  Sabtu, 16 Desember 2017
TENIS
Anthony Susanto Raih Dua Kemenangan Penting

Bisnisnews.id - Petenis Jawa Timur, Anthony Susanto (20 tahun) menorehkan dua kemenangan penting di hari kedua Seleknas Piala Davis, Sabtu (16/12/2017). Peraih tiga medali emas PON 2016 itu menang atas dua rival beratnya, Arief . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 16 Desember 2017
SEPAKBOLA
Tim Pelajar U-16 Tahan Imbang Timnas Timor Leste U-16

Bisnisnews.id - Tim Pelajar Indonesia  U-16 mengakhiri tur uji cobanya di Nusa Tenggara Timur (NTT).  Pada laga terakhir di Lapangan Bintang Timur Academy, Kabupaten Belu, Atambua, dalam rangka pertandingan sepakbola . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 16 Desember 2017
TEST EVENT
CIMB Niaga Indonesia Open Aquatik 2017 Resmi Berakhir

Bisnisnews.id - Cimb Niaga Indonesia Open Aquatik Championship 2017 sekaligus menjadi ajang test event Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) secara resmi telah usai. Memperlombakan empat cabang olahraga yaitu, renang, polo . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 16 Desember 2017
ASIAN PARA GAMES 2018
Promosi Internasional Asian Para Games 2018 Di Atambua

Bisnisnews.id - Panitia penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) terus mensosialisasikan pesta olahraga empat tahunan negara-negara se-Asia bagi atlet penyandang disabilitas yang akan berlangsung di Jakarta pada 6 hingga . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 16 Desember 2017
RENANG
Raih Poin Tertinggi, Millenium Aquatic Jakarta Terbaik di Indonesia Open Aquatic Championship 2017

Bisnisnews.id - Klub Millenium Aquatic Jakarta meraih gelar tim terbaik pada Test Event Road To Asian Games 2018 bertajuk CIMB Niaga Indonesia Open Aquatic Championship 2017 yang berakhir di New Aquatic Stadium GBK Jakarta, Jumat . . .
Selengkapnya