Sabtu, 18 November 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Agrobisnis / Berita

MINYAK SAWIT
Jumat, 27 Januari 2017 13:42 WIB

Pajak Naik, Pengusaha Pilih Tidak Ekspor



Bisnisnews.id - Indonesia menetapkan pajak ekspor untuk minyak sawit mentah (CPO) pada bulan Februari 2017 sebesar 18 dollar per ton, pajak naik 3 dollar per ton dari bulan ini.

Referensi harga pemerintah ditetapkan pada 815,52 dollar per ton untuk bulan depan.

Pajak ekspor sebesar 18 dollar per ton diterapkan setiap kali harga ekspor berkisar antara 800 dollar per ton - 850 dollar per ton. 

Peningkatan pajak bulan depan dikarenakan pemerintah melihat harga ekspor minyak kelapa sawit terlihat naik melewati ambang batas 800 dollar per ton, kata Kementerian Perdagangan dalam sebuah pernyataan hari ini.

Peningkatan pajak ekspor dapat mendorong pengusaha perkebunan untuk menjual produk kepada pembeli domestik, menurut Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI).

" Jika pajak ekspor terlalu tinggi, hal itu tidak akan menarik untuk ekspor. Konsumsi domestik untuk biodiesel bisa lebih besar, " kata Fadhil Hasan, Direktur Eksekutif GAPKI.

Sahat Sinaga, Direktur Eksekutif Asosiasi Industri Minyak sayur, mengatakan penetapan pajak 18 dollar di atas 50 dollar per ton pungutan, akan melemahkan daya saing.

" Ini sama saja dengan mengatakan agar kita tidak mengekspor, " kata Sinaga.

Signal apapun yang menunjukkan bahwa ekspor dari Indonesia sedang berkurang karena kenaikan pajak, otomatis akan mendukung Malaysia dalam patokan minyak sawit.

Pada hari Jumat, kontrak minyak sawit untuk bulan April di Bursa Malaysia Derivatives Exchange diperdagangkan sekitar 691 dollar per ton, turun sekitar 1 persen. (marloft)


Baca Juga

 

Arena  -  Sabtu, 18 November 2017
DOPING
WADA Tetap Suspensi Rusia

Bisnisnews.id - Badan Anti-Doping Dunia tetap suspensi sementara Rusia pada hari Kamis (16/11/2017), meningkatkan kemungkinan larangan untuk ikut pada Olimpiade Musim Dingin Februari di Pyeongchang. Pertemuan Dewan WADA di Seoul . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 18 November 2017
LIBANON
Tuduh Saudi Tahan PM, Hariri Lakukan Perjalanan Ke Prancis

Bisnisnews.id - Perdana Menteri Libanon Saad Hariri akan berkunjung ke Prancis dalam beberapa hari mendatang, sebuah sumber kepresidenan Prancis mengatakan pada hari Rabu (15/11/2017), setelah Beirut menuduh Arab Saudi menahannya . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 17 November 2017
INFRASTRUKTUR
KEMENKEU: Tiga Sumber Pendanaan Pembangunan

Bisnisnews.id -  Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menegaskan sumber pembiayaan infrastruktur nasional bukan melulu bertumpu pada APBN namun juga dari BUMN dan swasta.  Diperlukan inovasi pembiayaan agar publik bisa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Jumat, 17 November 2017
POLITIK
Inggris Dukung Papua Tetap Bagian NKRI

Bisnisnews.id - Pemerintah Inggris mendukung wilayah Papua dan Papua Barat tetap berada dalam kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Duta besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik, di Sorong, Kamis, mengatakan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Jumat, 17 November 2017
KUDETA
Sang Istri Grace, Pemicu Jatuhnya Robert Mugabe

Bisnisnews.id - Presiden tertua di dunia, Robert Mugabe akhirnya turun tahta juga setelah militer mengambil alih kekuasaan secara paksa dan langsung mengendalikan pemeritahan Zinbabwe. Sedangkan Mugabe dan keluarganya dijamin . . .
Selengkapnya