Jumat, 28 Juli 2017

Home/ Industri / Agrobisnis / Berita

Jumat, 27 Januari 2017 13:42 WIB

Pajak Naik, Pengusaha Pilih Tidak Ekspor



Bisnisnews.id - Indonesia menetapkan pajak ekspor untuk minyak sawit mentah (CPO) pada bulan Februari 2017 sebesar 18 dollar per ton, pajak naik 3 dollar per ton dari bulan ini.

Referensi harga pemerintah ditetapkan pada 815,52 dollar per ton untuk bulan depan.

Pajak ekspor sebesar 18 dollar per ton diterapkan setiap kali harga ekspor berkisar antara 800 dollar per ton - 850 dollar per ton. 

Peningkatan pajak bulan depan dikarenakan pemerintah melihat harga ekspor minyak kelapa sawit terlihat naik melewati ambang batas 800 dollar per ton, kata Kementerian Perdagangan dalam sebuah pernyataan hari ini.

Peningkatan pajak ekspor dapat mendorong pengusaha perkebunan untuk menjual produk kepada pembeli domestik, menurut Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI).

" Jika pajak ekspor terlalu tinggi, hal itu tidak akan menarik untuk ekspor. Konsumsi domestik untuk biodiesel bisa lebih besar, " kata Fadhil Hasan, Direktur Eksekutif GAPKI.

Sahat Sinaga, Direktur Eksekutif Asosiasi Industri Minyak sayur, mengatakan penetapan pajak 18 dollar di atas 50 dollar per ton pungutan, akan melemahkan daya saing.

" Ini sama saja dengan mengatakan agar kita tidak mengekspor, " kata Sinaga.

Signal apapun yang menunjukkan bahwa ekspor dari Indonesia sedang berkurang karena kenaikan pajak, otomatis akan mendukung Malaysia dalam patokan minyak sawit.

Pada hari Jumat, kontrak minyak sawit untuk bulan April di Bursa Malaysia Derivatives Exchange diperdagangkan sekitar 691 dollar per ton, turun sekitar 1 persen. (marloft)


Baca Juga

 

Industri  -  Jumat, 28 Juli 2017
LAPORAN KEUANGAN
Kinerja Dua Maskapai Alami Penurunan

Bisnisnews.id - Maskapai penerbangan Singapore Airlines (SIA) melaporkan penurunan laba bersih 8,6 persen untuk kuartal pertama tahun buku 2017-18 dibandingkan tahun lalu, katanya dalam rilis berita pada hari Kamis (27/7/2017). . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Kamis, 27 Juli 2017
KIM JONG NAM
Dua Tersangka Akan Mengaku Tidak Bersalah

Bisnisnews.id - Dua wanita yang dituduh meracuni saudara pemimpin Korea Utara di bandara akan mengaku tidak bersalah saat berada di pengadilan Malaysia pada hari Jumat 28 Juli, kata pengacara mereka. Warga Indonesia, Siti Aisyah . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Kamis, 27 Juli 2017
HUB INTERNASIONAL
Lomba Hub Global, Bandara Singapura dan Hong Kong Terancam

Bisnisnews.id - Selama beberapa dekade, Singapura dan Hong Kong telah menjadi titik transit utama yang menghubungkan wisatawan Asia ke dan dari seluruh dunia. Tapi sekarang, banyaknya bandara hub internasional di Asia yang melakukan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Kamis, 27 Juli 2017
E COMMERCE
Amazon Masuki Asia Tenggara, Dimulai Dari Singapura

Bisnisnews.id - Amazon meluncurkan layanan pengiriman ekspres di Singapura pada hari Kamis 27 Juli, raksasa ritel online AS pertama ke Asia Tenggara dan menempatkannya dalam persaingan langsung dengan Alibaba China. Aplikasi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Kamis, 27 Juli 2017
STRATEGI MASKAPAI
Miliki 12 Anak Perusahaan, AirAsia Akan Konsolidasi Jadi One AirAsia

Bisnisnews.id - CEO AirAsia, Tony Fernandes telah mengatakan bahwa dia ingin mengintegrasikan semua operasi maskapai tersebut ke dalam satu entitas penerbangan tunggal. "Saya mencoba menyatukan AirAsia menjadi satu maskapai menjadi . . .
Selengkapnya