Selasa, 23 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Agrobisnis / Berita

MINYAK SAWIT
Jumat, 27 Januari 2017 13:42 WIB

Pajak Naik, Pengusaha Pilih Tidak Ekspor



Bisnisnews.id - Indonesia menetapkan pajak ekspor untuk minyak sawit mentah (CPO) pada bulan Februari 2017 sebesar 18 dollar per ton, pajak naik 3 dollar per ton dari bulan ini.

Referensi harga pemerintah ditetapkan pada 815,52 dollar per ton untuk bulan depan.

Pajak ekspor sebesar 18 dollar per ton diterapkan setiap kali harga ekspor berkisar antara 800 dollar per ton - 850 dollar per ton. 

Peningkatan pajak bulan depan dikarenakan pemerintah melihat harga ekspor minyak kelapa sawit terlihat naik melewati ambang batas 800 dollar per ton, kata Kementerian Perdagangan dalam sebuah pernyataan hari ini.

Peningkatan pajak ekspor dapat mendorong pengusaha perkebunan untuk menjual produk kepada pembeli domestik, menurut Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI).

" Jika pajak ekspor terlalu tinggi, hal itu tidak akan menarik untuk ekspor. Konsumsi domestik untuk biodiesel bisa lebih besar, " kata Fadhil Hasan, Direktur Eksekutif GAPKI.

Sahat Sinaga, Direktur Eksekutif Asosiasi Industri Minyak sayur, mengatakan penetapan pajak 18 dollar di atas 50 dollar per ton pungutan, akan melemahkan daya saing.

" Ini sama saja dengan mengatakan agar kita tidak mengekspor, " kata Sinaga.

Signal apapun yang menunjukkan bahwa ekspor dari Indonesia sedang berkurang karena kenaikan pajak, otomatis akan mendukung Malaysia dalam patokan minyak sawit.

Pada hari Jumat, kontrak minyak sawit untuk bulan April di Bursa Malaysia Derivatives Exchange diperdagangkan sekitar 691 dollar per ton, turun sekitar 1 persen. (marloft)


Baca Juga

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
KONFLIK YERUSALEM
Kedutaan Amerika Pindah Ke Yerusalem Akhir 2019

Bisnisnews.id - Wakil Presiden AS Mike Pence berjanji untuk memindahkan kedutaan besar Amerika ke Yerusalem pada akhir 2019 dalam sebuah pidato hari Senin 22 Januari ke parlemen Israel. Saat Pence berbicara, Presiden Palestina . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
EKONOMI GLOBAL
Terdorong Reformasi Pajak AS, IMF Revisi Prospek Ekonomi Dunia

Bisnisnews.id - Perekonomian global pulih secara bersamaan dengan kecepatan lebih kuat, dan akan mendapatkan dorongan jangka pendek dari pemotongan pajak AS, Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan Senin 22 Januari. Dalam . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 22 Januari 2018
UMKM
AP I Gelar Pameran dan Peragaan Busana Daerah

Bisnisnews.id – Manajemen PT Angkasa Pura I menggelar  peragaan busana  pakaian daerah yang berasal dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Peragaan  busana diselenggarakan di ruang tunggu domestik Bandara . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 22 Januari 2018
KONGRES
Menhub Ajak Mahasiswa Membangun Indonesia

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak pemuda membangun seluruh daerah di Indonesia secara bersama-sama. Oleh karenanya konektivitas menjadi suatu keharusan agar Indonesia tetap menjadi Negara Kesatuan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 22 Januari 2018
BPIH
Biaya Penyelenggaraan Haji Tahun Ini Naik 2,58 Persen

Bisnisnews.id - Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun ini diperkirakan bakal naik sebesar 2,58 persen. Usulan kenaikan itu disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada rapat kerja antara Komisi VIII DPR RI dengan . . .
Selengkapnya