Rabu, 26 Juli 2017

Home/ Industri / Maritim / Berita

Jumat, 17 Februari 2017 18:38 WIB

Hanjin Shipping Resmi Dinyatakan Bangkrut



Bisnisnews.id - Putusan akhirnya jatuh untuk Hanjin Shipping Korea Selatan dengan pengadilan Seoul menyatakan perusahaan bangkrut.

Pengadilan regional di Seoul hari ini resmi menyatakan Hanjin Shipping bangkrut. Ini merupaka  bab akhir untuk perusahaan pelayaran Korea Selatan yang telah berjuang selama bertahun-tahun di bawah utang miliaran dolar.

Hanjin telah mengajukan perlindungan kebangkrutan pada bulan Agustus tahun lalu, mereka berutang 53.7 milyar dolar karena kreditur menolak untuk menjamin.

Akibatnya, puluhan kapal terlantar di seluruh dunia karena mereka ditolak masuk ke pelabuhan. Akuntan yang disewa oleh pengadilan Seoul telah menyimpulkan pada awal tahun ini, bahwa nilai likuidasi perusahaan akan lebih besar daripada nilai secara berkelanjutan.

Hanjin pernah menjadi perusahaan pelayaran terbesar Korea Selatan dan terbesar ketujuh di dunia. Sejak saat itu, Hanjin terpaksa menjual sebagian asetnya di dalam dan luar negeri untuk membayar utang, dengan lebih dari 1.500 karyawan PHK dalam proses.

Setelah dinyatakan resmi bangkrut Jumat ini, pengadilan akan menangani proses likuidasi untuk menjual aset yang tersisa dan membayarkannya kepada kreditur.

" Kami akan mencoba untuk memastikan bahwa proses kebangkrutan akan memungkinkan perusahaan untuk melunasi utang kepada semua pemegang utang secara adil dan tepat," kata pengadilan dalam sebuah pernyataan.

Perdagangan saham Seoul dimana terdaftar perusahaan dihentikan pada Jumat.

Hanjin Shipping mulai merosot setelah industri mengalami penurunan terburuk dalam enam dekade disebabkan melemahnya perdagangan global. Perusahaan juga menyalahkan manajemen karena tidak mengurus dengan baik. (Marloft)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 26 Juli 2017
IKLIM INVESTASI
Bank Dunia Minta Pemerintah Kurangi Hak Istimewa BUMN 

Bisnisnews.id - Bank Dunia meminta Indonesia memperbaiki iklim investasinya untuk menarik lebih banyak investasi ke dalam pembangunan infrastruktur. Saran yang diberikan bagi pemerintah cukup banyak, salah satunya adalah mengurangi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Rabu, 26 Juli 2017
INDUSTRIAL
Regulator dan Pengguna Jasa Gelisah Hadapi Rencana Aksi Mogok SP JICT

Bisnisnews.id-Ancaman mogok massal para pekerja pelabuhan di Tanjung Priok yang diinisiasi Serikat Pekerja Jakarta International Countainer terminal (SP-JICT) membuat gundah para pelaku usaha dan pemerintah. Pasalnya, bila benar . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Rabu, 26 Juli 2017
NILAI TUKAR
Rupiah Makin Tersudut di Level 13. 322 dan Resisten 13.297

Bisnisnews.id-Nilai tukar Rupiah makin tersudut dengan terus menguatnya dolar AS. Prgerakan nilai tukar Rupiah diperkirakan berada pada level support 13.322 dan resisten 13.297. Walau terlihat masih lebih baik dari sebelumnya, . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 26 Juli 2017
ASIAN GAMES 2018
 Komisi X  DPR RI Tetap Minta INASGOC Transparan

Bisnisnews.id - Komisi X DPR-RI menyetujui usulan anggaran dana triwulan kedua sebesar Rp1,5 triliun yang diajukan panitia pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) untuk persiapan penyelenggaraan Asian Games Jakarta-Palembang 2018. "Ya, . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Rabu, 26 Juli 2017
KERJA SAMA
Indonesia Tuan Rumah Konferensi Menteri Pendidikan Se-Asia Tenggara

49th SEAMEO Council Conference membahas tujuh prioritas bidang pendidikan Bisnisnews.id – Kemendikbud Indonesia menjadi tuan rumah dalam Konferensi Tingkat Menteri Pendidikan Asia Tenggara ke-49 atau 49th SEAMEO Council . . .
Selengkapnya