Sabtu, 18 November 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Pariwisata / Berita

BEA CUKAI
Jumat, 17 Maret 2017 12:57 WIB

Turis Terus Diperas, Kedutaan Cina Di Indonesia Tegur Pemerintah 


Kedutaan Cina di Indonesia mendorong wisatawan China untuk mengatakan "tidak" terhadap tips yang dikenakan oleh petugas bea cukai.

Bisnisnews.id - Kedutaan besar Cina di Indonesia menegur pemerintah setelah beberapa wisatawan mengatakan bahwa mereka telah dipaksa memberikan tips ilegal di kontrol perbatasan.

Kedutaan Besar Cina di Indonesia menuduh petugas bea cukai setempat menargetkan turis Cina dan meminta tips di kontrol perbatasan.

Kedutaan menerbitkan sebuah posting di situsnya yang menasihati wisatawan China untuk tidak memberi tips ilegal bagi petugas bea cukai atau lainnya.

Indonesia telah menjadi tujuan populer bagi wisatawan China, dengan lebih dari 1,4 juta pengunjung bepergian ke negara Asia Tenggara tahun lalu, kata kedutaan.

Beberapa turis China mengatakan bahwa petugas perbatasan Indonesia meminta mereka membayar tips mulai dari 100 - 300 yuan, menurut Chongqing Times.

Tips diberikan untuk para petugas yang bekerja untuk departemen termasuk bea cukai, imigrasi di bandara dan Biro inspeksi dan karantina, kata laporan tersebut.

Tuduhan tersebut telah dipublikasikan secara luas di Cina pekan lalu, setelah ada video yang diposting online, menunjukkan seorang turis Cina yang dipaksa membayar 500 yuan di bandara Indonesia.

Orang yang memposting video tersebut mengatakan bahwa petugas bea cukai melihatnya merekam dan menginterogasinya.

" Mereka berulang kali menginterogasi dan mengirim saya ke ruang tunggu. Mereka mendorong saya dan mengklaim bahwa mereka akan menolak saya masuk," katanya.

Kedutaan Besar Cina di Indonesia mengatakan, salah satu stafnya telah memberitahu petugas di kantor imigrasi nasional Indonesia dan Bandara Soekarno-Hatta International di Jakarta tentang perihal tersebut.

Kedutaan telah mendesak pemerintah Indonesia untuk mengambil langkah-langkah segera untuk menghentikan ancaman terhadap wisatawan China.

Pemerintah Indonesia mengatakan akan menindak lanjuti serius, tapi menambahkan bahwa laporan ini adalah kasus yang diisolasi, kata kedutaan.

Ini bukan pertama kalinya wisatawan China dipaksa menyerahkan uang tunai kepada petugas perbatasan saat bepergian. Pemerintah China juga telah membahas masalah tersebut dengan Vietnam dan Kamboja.

Kedutaan Cina di Vietnam mengatakan pada bulan Februari, seorang turis Cina dipukuli oleh petugas bea cukai karena menolak untuk membayar tips.

Kedutaan menuntut pihak berwenang Vietnam menyelidiki insiden tersebut dan meminta maaf kepada wisatawan.(marloft)


Baca Juga

 

Arena  -  Sabtu, 18 November 2017
DOPING
WADA Tetap Suspensi Rusia

Bisnisnews.id - Badan Anti-Doping Dunia tetap suspensi sementara Rusia pada hari Kamis (16/11/2017), meningkatkan kemungkinan larangan untuk ikut pada Olimpiade Musim Dingin Februari di Pyeongchang. Pertemuan Dewan WADA di Seoul . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 18 November 2017
LIBANON
Tuduh Saudi Tahan PM, Hariri Lakukan Perjalanan Ke Prancis

Bisnisnews.id - Perdana Menteri Libanon Saad Hariri akan berkunjung ke Prancis dalam beberapa hari mendatang, sebuah sumber kepresidenan Prancis mengatakan pada hari Rabu (15/11/2017), setelah Beirut menuduh Arab Saudi menahannya . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 17 November 2017
INFRASTRUKTUR
KEMENKEU: Tiga Sumber Pendanaan Pembangunan

Bisnisnews.id -  Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menegaskan sumber pembiayaan infrastruktur nasional bukan melulu bertumpu pada APBN namun juga dari BUMN dan swasta.  Diperlukan inovasi pembiayaan agar publik bisa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Jumat, 17 November 2017
POLITIK
Inggris Dukung Papua Tetap Bagian NKRI

Bisnisnews.id - Pemerintah Inggris mendukung wilayah Papua dan Papua Barat tetap berada dalam kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Duta besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik, di Sorong, Kamis, mengatakan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Jumat, 17 November 2017
KUDETA
Sang Istri Grace, Pemicu Jatuhnya Robert Mugabe

Bisnisnews.id - Presiden tertua di dunia, Robert Mugabe akhirnya turun tahta juga setelah militer mengambil alih kekuasaan secara paksa dan langsung mengendalikan pemeritahan Zinbabwe. Sedangkan Mugabe dan keluarganya dijamin . . .
Selengkapnya