Rabu, 26 Juli 2017

Home/ Industri / Pariwisata / Berita

Jumat, 17 Maret 2017 12:57 WIB

Turis Terus Diperas, Kedutaan Cina Di Indonesia Tegur Pemerintah 


Kedutaan Cina di Indonesia mendorong wisatawan China untuk mengatakan "tidak" terhadap tips yang dikenakan oleh petugas bea cukai.

Bisnisnews.id - Kedutaan besar Cina di Indonesia menegur pemerintah setelah beberapa wisatawan mengatakan bahwa mereka telah dipaksa memberikan tips ilegal di kontrol perbatasan.

Kedutaan Besar Cina di Indonesia menuduh petugas bea cukai setempat menargetkan turis Cina dan meminta tips di kontrol perbatasan.

Kedutaan menerbitkan sebuah posting di situsnya yang menasihati wisatawan China untuk tidak memberi tips ilegal bagi petugas bea cukai atau lainnya.

Indonesia telah menjadi tujuan populer bagi wisatawan China, dengan lebih dari 1,4 juta pengunjung bepergian ke negara Asia Tenggara tahun lalu, kata kedutaan.

Beberapa turis China mengatakan bahwa petugas perbatasan Indonesia meminta mereka membayar tips mulai dari 100 - 300 yuan, menurut Chongqing Times.

Tips diberikan untuk para petugas yang bekerja untuk departemen termasuk bea cukai, imigrasi di bandara dan Biro inspeksi dan karantina, kata laporan tersebut.

Tuduhan tersebut telah dipublikasikan secara luas di Cina pekan lalu, setelah ada video yang diposting online, menunjukkan seorang turis Cina yang dipaksa membayar 500 yuan di bandara Indonesia.

Orang yang memposting video tersebut mengatakan bahwa petugas bea cukai melihatnya merekam dan menginterogasinya.

" Mereka berulang kali menginterogasi dan mengirim saya ke ruang tunggu. Mereka mendorong saya dan mengklaim bahwa mereka akan menolak saya masuk," katanya.

Kedutaan Besar Cina di Indonesia mengatakan, salah satu stafnya telah memberitahu petugas di kantor imigrasi nasional Indonesia dan Bandara Soekarno-Hatta International di Jakarta tentang perihal tersebut.

Kedutaan telah mendesak pemerintah Indonesia untuk mengambil langkah-langkah segera untuk menghentikan ancaman terhadap wisatawan China.

Pemerintah Indonesia mengatakan akan menindak lanjuti serius, tapi menambahkan bahwa laporan ini adalah kasus yang diisolasi, kata kedutaan.

Ini bukan pertama kalinya wisatawan China dipaksa menyerahkan uang tunai kepada petugas perbatasan saat bepergian. Pemerintah China juga telah membahas masalah tersebut dengan Vietnam dan Kamboja.

Kedutaan Cina di Vietnam mengatakan pada bulan Februari, seorang turis Cina dipukuli oleh petugas bea cukai karena menolak untuk membayar tips.

Kedutaan menuntut pihak berwenang Vietnam menyelidiki insiden tersebut dan meminta maaf kepada wisatawan.(marloft)


Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 26 Juli 2017
IKLIM INVESTASI
Bank Dunia Minta Pemerintah Kurangi Hak Istimewa BUMN 

Bisnisnews.id - Bank Dunia meminta Indonesia memperbaiki iklim investasinya untuk menarik lebih banyak investasi ke dalam pembangunan infrastruktur. Saran yang diberikan bagi pemerintah cukup banyak, salah satunya adalah mengurangi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Rabu, 26 Juli 2017
INDUSTRIAL
Regulator dan Pengguna Jasa Gelisah Hadapi Rencana Aksi Mogok SP JICT

Bisnisnews.id-Ancaman mogok massal para pekerja pelabuhan di Tanjung Priok yang diinisiasi Serikat Pekerja Jakarta International Countainer terminal (SP-JICT) membuat gundah para pelaku usaha dan pemerintah. Pasalnya, bila benar . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Rabu, 26 Juli 2017
NILAI TUKAR
Rupiah Makin Tersudut di Level 13. 322 dan Resisten 13.297

Bisnisnews.id-Nilai tukar Rupiah makin tersudut dengan terus menguatnya dolar AS. Prgerakan nilai tukar Rupiah diperkirakan berada pada level support 13.322 dan resisten 13.297. Walau terlihat masih lebih baik dari sebelumnya, . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 26 Juli 2017
ASIAN GAMES 2018
 Komisi X  DPR RI Tetap Minta INASGOC Transparan

Bisnisnews.id - Komisi X DPR-RI menyetujui usulan anggaran dana triwulan kedua sebesar Rp1,5 triliun yang diajukan panitia pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) untuk persiapan penyelenggaraan Asian Games Jakarta-Palembang 2018. "Ya, . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Rabu, 26 Juli 2017
KERJA SAMA
Indonesia Tuan Rumah Konferensi Menteri Pendidikan Se-Asia Tenggara

49th SEAMEO Council Conference membahas tujuh prioritas bidang pendidikan Bisnisnews.id – Kemendikbud Indonesia menjadi tuan rumah dalam Konferensi Tingkat Menteri Pendidikan Asia Tenggara ke-49 atau 49th SEAMEO Council . . .
Selengkapnya