Selasa, 24 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Pariwisata / Berita

BEA CUKAI
Jumat, 17 Maret 2017 12:57 WIB

Turis Terus Diperas, Kedutaan Cina Di Indonesia Tegur Pemerintah 


Kedutaan Cina di Indonesia mendorong wisatawan China untuk mengatakan "tidak" terhadap tips yang dikenakan oleh petugas bea cukai.

Bisnisnews.id - Kedutaan besar Cina di Indonesia menegur pemerintah setelah beberapa wisatawan mengatakan bahwa mereka telah dipaksa memberikan tips ilegal di kontrol perbatasan.

Kedutaan Besar Cina di Indonesia menuduh petugas bea cukai setempat menargetkan turis Cina dan meminta tips di kontrol perbatasan.

Kedutaan menerbitkan sebuah posting di situsnya yang menasihati wisatawan China untuk tidak memberi tips ilegal bagi petugas bea cukai atau lainnya.

Indonesia telah menjadi tujuan populer bagi wisatawan China, dengan lebih dari 1,4 juta pengunjung bepergian ke negara Asia Tenggara tahun lalu, kata kedutaan.

Beberapa turis China mengatakan bahwa petugas perbatasan Indonesia meminta mereka membayar tips mulai dari 100 - 300 yuan, menurut Chongqing Times.

Tips diberikan untuk para petugas yang bekerja untuk departemen termasuk bea cukai, imigrasi di bandara dan Biro inspeksi dan karantina, kata laporan tersebut.

Tuduhan tersebut telah dipublikasikan secara luas di Cina pekan lalu, setelah ada video yang diposting online, menunjukkan seorang turis Cina yang dipaksa membayar 500 yuan di bandara Indonesia.

Orang yang memposting video tersebut mengatakan bahwa petugas bea cukai melihatnya merekam dan menginterogasinya.

" Mereka berulang kali menginterogasi dan mengirim saya ke ruang tunggu. Mereka mendorong saya dan mengklaim bahwa mereka akan menolak saya masuk," katanya.

Kedutaan Besar Cina di Indonesia mengatakan, salah satu stafnya telah memberitahu petugas di kantor imigrasi nasional Indonesia dan Bandara Soekarno-Hatta International di Jakarta tentang perihal tersebut.

Kedutaan telah mendesak pemerintah Indonesia untuk mengambil langkah-langkah segera untuk menghentikan ancaman terhadap wisatawan China.

Pemerintah Indonesia mengatakan akan menindak lanjuti serius, tapi menambahkan bahwa laporan ini adalah kasus yang diisolasi, kata kedutaan.

Ini bukan pertama kalinya wisatawan China dipaksa menyerahkan uang tunai kepada petugas perbatasan saat bepergian. Pemerintah China juga telah membahas masalah tersebut dengan Vietnam dan Kamboja.

Kedutaan Cina di Vietnam mengatakan pada bulan Februari, seorang turis Cina dipukuli oleh petugas bea cukai karena menolak untuk membayar tips.

Kedutaan menuntut pihak berwenang Vietnam menyelidiki insiden tersebut dan meminta maaf kepada wisatawan.(marloft)


Baca Juga

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
DESTINASI WISATA
Reaksi Disparbud DKI Soal Kegiatan Pangkalan Pasir di Sunda Kelapa

Bisnisnews.id - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta,  Tinia  Budiati akui, Sunda Kelapa  di Tanjung Priok Jakarta Utara sebagai Pelabuhan heritage  dan menjadi salah satu destinasi Wisata bersejarah. . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Mohamed Salah Jadi Pemain Terbaik versi PFA

Bisnisnews.id – Pemain Liverpool Mohamed Salah sukses meraih gelar pemain terbaik versi Professional Fotballers Association (PFA) musim 207-2018.   Mohamed Salah berhak atas gelar ini karena telah berhasil mengungguli . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Pires Sebut Wenger Dinosaurus Terakhir

Bisnisnews.id – Legenda sepak bola Arsenal Robert Pires menyebut mantan pelatihnya Arsene Wenger sebagai sosok dinosaurus terakhir di era sepak bola zaman kini.   Pemain berkebangsaan Perancis tersebut mengatakan bahwa . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
CATUR
Kejar Rating, PB Percasi Gelar Turnamen Internasional

Bisnisnews.id – Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) menggandeng produsen makanan nasional dalam menggelar JAPFA Grandmaster (GM) and Women Grandmaster (WGM) Chest Tournament 2018. Direktur Corporate . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
DESTINASI
Kirab Obor Asian Games Singgahi 18 Provinsi di Indonesia

Bisnisnews.id – Ketua INASGOC Erick Thohir mengatakan, Torch Relay atau kirab obor Asian Games 2018  akan dimanfaatkan secara maksimal sebagai ajang promosi destinasi-destinasi pariwisata, seni budaya serta berbagai . . .
Selengkapnya