Selasa, 19 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ / / Berita

KISRUH ANGKUTAN
Selasa, 21 Maret 2017 22:14 WIB

Empat Poin Diberi Kelonggaran



Bisnisnews.id-Pemerintah memberikan toleransi dua sampai tiga bulan terhadap empat poin pemberlakuan hasil revisi PM 32/2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek yang berlaku 1 April 2017.

Empat poin yang dimundurkan waktu penerapannya itu ialah soal kewajiban uji berkala atau KIR, kepemilikan golongan Surat Izin Mengemudi (SIM), kuota kendaraan di masing-masing daerah, dan tarif batas atas dan bawah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, PM 32/2016 tidak bisa ditunda dan tetap diberlakukan 1 April 2017. Namun memberikan kesempatan pada masing-masing daerah dan stakeholder untuk melakukan persiapan. Empat poin itu diberikan kelonggaran sampai benar-benar siap.

Menurut Menhub, dua esensi mengapa PM 32 itu penting untuk segera diberlakukan adalah pertama, untuk memberikan kepastian hukum bagi angkutan berbasis transportasi online. Kedua, memberikan kesempatan kepada angkutan konvensional berkompetisi secara sehat.

Kata Menhub Budi , para kepala daerah telah mendukung langkah Kemenhub. Terkait masih adanya perbedaan pendapat mengenai poin-poin tertentu, akan terus dilakukan pembahasan.

"Terkait poin revisi, kita akan berikan toleransi waktu, misal uji KIR, SIM, kuota, penetapan tarif batas bawah dan atas, selama kurang lebih dua sampai tiga bulan. Nanti kita akan atur kembali," kata Menhub.

Pada 1 April 2017, Menhub Budi telah meminta pemerintah daerah dan kepolisian tidak langsung melakukan penindakan secara represif, melainkan dengan cara-cara persuasif.

Diakui Menhub yang masih diperdebatkan penyedia jasa aplikasi online adalah penetapan tarif batas atas dan bawah. Seluruh Pemda telah diminta mengambil peran dalam penerapan regulasi itu.

Menkominfo Rudiantara mengaku mendukung langkah Kemenhub yang telah mengeluarkan PM 32 Tahun 2016. Menurutnya, aturan tersebut membuat angkutan berbasis aplikasi online diperbolehkan beroperasi di Indonesia.

"Teknologi digital merupakan sebuah keniscayaan. Tidak bisa tidak, harus kita hadapi. PM 32 telah mengatur angkutan berbasis teknologi online tersebut. Ini suatu kemajuan bagi Indonesia," ungkapnya.

Menkominfo menjelaskan, pihaknya juga melakukan penataan dan pengaturan terhadap para penyedia aplikasi agar tunduk pada Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Sedangkan Kapolri Tito Karnavian mengatakan telah memerintahkan seluruh Kapolda bersama Pemerintah Daerah melakukan tindakan proaktif dan mencegah tindakan yang berdampak pada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). (Syam SK)

Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Persija, Persebaya dan Persib Dipertemukan di Stadion PTIK

Bisnisnews.id – Berita baik kali ini datang dari tim Ibu Kota Persija Jakarta, dimana laga Macan Kemayoran kala berhadapan dengan Persebaya Surabaya dan Persib Bandung kini telah ditetapkan akan bergulir di Stadion Perguruan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 18 Juni 2018
BOLA
Harapan FOSBI Anak Indonesia Tampil di Piala Dunia

Bisnisnews.id - Ketua Umum Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia (FOSSBI), Zuchli Imran Putra dan Sekretaris Umum, Anwar Sadat, mengajak masyarakat yang kini tengah merayakan  Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, ikut menghadirkan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
KECELAKAAN KAPAL
KM Sinar Bangun Tenggelam di Danau Toba, Puluhan Korban Belum Ditemukan

Bisnisnews.id  -  Musibah tenggelamnya kapal penumpang kembali terulang. Kali ini menimpa kapal KM Sinar Bangun  yang membawa 80 orang penumpang di perairan Danau Toba  Parapat Sumatera Utara, Senin (18/6/2018) . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Arus Balik Pemudik Dari Sumatera Ke Jawa Melalui Merak Tercatat 125.194 Penumpang

 Bisnisnews.id -  Sampai  H+1  atau Senin (18/6/2018)? jumlah pemudik yang sudah  kembali menyeberang  dari Sumatera ke Pulau Jawa  dengan berbagai tujuan  diantaranya Jakarta tercatat  . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 18 Juni 2018
ARUS BALIK
KSOP Pelabuhan Tanjung Emas Lepas Keberangkatan Pemudik Kembali Ke Jakarta

Bisnisnews.id -  KM. Dobonsolo berangkatkan 1.006 orang pemudik gratis  dan 407 unit sepeda motor  yang akan kembali ke Jakarta dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (18/6/2018). . . .
Selengkapnya