KUNKER
Menhub Akan Bangun 100 Unit Kapal Pelra

Ilustrasi foto, jurnal maritim

Bianisnews.id-Kementerian Perhubungan akan membangun 100 unit kapal pelra kapasitas 35 GT senilai 200 miliar rupiah yang akan dioperasikan pada sejumlah kawasan yang belum tersentuh layanan kapal perintis.


Dalam keterangan tertulisnya Menhub mengatakan, para pengusaha galangan kapal Pelra disarankan
ikut tender membangun kapal Pelra di Juwana yang merupakan salah satu daerah industri galangan kapal rakyat di Jawa Tengah.

Ungkapan itu disampaikan Menhub Budi saat melakukan lawatan kerjanya, Kamis (23/3/2017) ke Kudus, Juwana, Jepara dan Semarang Jawa Tengah.

PLT Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik J.A. Barata mengatakan, kunjungan kerja Menhub itu juga sekaligus mendengarkan secara langsung permasalahan, masukan dan mencari solusi.

Kata Barata dalam kunjungam itu, Menhub Budi mendorong  perusahaan galangan kapal tradisional lain nantinya ikut dalam tender pengadaan kapal rakyat 2017.

"Pak Menhub mendorong perusahaan galangan kapal tradisional ikut tender pengadaan 100 kapal rakyat di tahun 2017, ini bertujuan untuk memajukan para pengusaha galangan kapal tradisional," jelasnya.

Sedangkan di pelabuhan Jepara Menhub mendengarkan permasalahan angkutan Bahan Bakar Minyak dari Pelabuhan Jepara ke Karimunjawa yang harus segera diselesaikan.

Selama ini angkutan BBM di lintasan itu dilakukan kapal pelra. Maka harus dicarikan jalan keluarnya agar tidak melanggar aturan keselamatan. Masalah lainnya adalah gelombang yang cukup tinggi di kolam pelabuhan.

"Permasalahan lain, terkait gelombang yang sangat tinggi di kolam pelabuhan Jepara sehingga berbahaya bagi kapal yang akan sandar, karena itu kapal-kapal pelra lebih memilih sandar di pelabuhan penyeberangan," jelasnya. (Syam S)





 

0 COMMENTS

Leave a Comment

Masuk Dengan Sosial Media




Comments

Video +

Regulasi +