Rabu, 23 Agustus 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Nusantara / Berita

KUNKER
Kamis, 23 Maret 2017 12:49 WIB

Menhub Akan Bangun 100 Unit Kapal Pelra


Ilustrasi foto, jurnal maritim

Bianisnews.id-Kementerian Perhubungan akan membangun 100 unit kapal pelra kapasitas 35 GT senilai 200 miliar rupiah yang akan dioperasikan pada sejumlah kawasan yang belum tersentuh layanan kapal perintis.


Dalam keterangan tertulisnya Menhub mengatakan, para pengusaha galangan kapal Pelra disarankan
ikut tender membangun kapal Pelra di Juwana yang merupakan salah satu daerah industri galangan kapal rakyat di Jawa Tengah.

Ungkapan itu disampaikan Menhub Budi saat melakukan lawatan kerjanya, Kamis (23/3/2017) ke Kudus, Juwana, Jepara dan Semarang Jawa Tengah.

PLT Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik J.A. Barata mengatakan, kunjungan kerja Menhub itu juga sekaligus mendengarkan secara langsung permasalahan, masukan dan mencari solusi.

Kata Barata dalam kunjungam itu, Menhub Budi mendorong  perusahaan galangan kapal tradisional lain nantinya ikut dalam tender pengadaan kapal rakyat 2017.

"Pak Menhub mendorong perusahaan galangan kapal tradisional ikut tender pengadaan 100 kapal rakyat di tahun 2017, ini bertujuan untuk memajukan para pengusaha galangan kapal tradisional," jelasnya.

Sedangkan di pelabuhan Jepara Menhub mendengarkan permasalahan angkutan Bahan Bakar Minyak dari Pelabuhan Jepara ke Karimunjawa yang harus segera diselesaikan.

Selama ini angkutan BBM di lintasan itu dilakukan kapal pelra. Maka harus dicarikan jalan keluarnya agar tidak melanggar aturan keselamatan. Masalah lainnya adalah gelombang yang cukup tinggi di kolam pelabuhan.

"Permasalahan lain, terkait gelombang yang sangat tinggi di kolam pelabuhan Jepara sehingga berbahaya bagi kapal yang akan sandar, karena itu kapal-kapal pelra lebih memilih sandar di pelabuhan penyeberangan," jelasnya. (Syam S)





Baca Juga

 

Industri  -  Selasa, 22 Agustus 2017
WONDERFUL INDONESIA
AP I : Biaya Pendaratan Gratis, Labuan Bajo Siap Diakuisisi

Bisnisnews.id - Operator bandara PT Angkasa Pura (AP) I telah mengeluarkan kebijakan baru, biaya pendaratan gratis untuk maskapai yang membuka atau menambahkan rute baru ke wilayah Jawa Timur. Selain itu, AP I berencana mengakuisisi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 22 Agustus 2017
TAKSI ONLINE
Diputuskan Ilegal, MA Batalkan Peraturan Kenaikan Tarif

Bisnisnews.id - Mahkamah Agung telah memutuskan bahwa tarif yang diberlakukan oleh pemerintah bulan lalu atas layanan taksi online dinilai menghambat kompetisi. Kementerian Perhubungan memperkenalkan tarif minimum dan maksimum . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 22 Agustus 2017
KECELAKAAN KAPAL
Jenazah Marinir AS Ditemukan 

Bisnisnews.id - Jenazah telah ditemukan dalam pencarian 10 pelaut AS yang hilang setelah kapal mereka bertabrakan dengan sebuah kapal tanker di dekat Singapura, kata angkatan laut AS. Penemuan itu terjadi ketika para penyelam . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 22 Agustus 2017
AUSTRALIA
Rencana Pemboman Etihad Dengan Boneka Barbie Terbongkar

Bisnisnews.id - Menteri dalam negeri Libanon mengklaim teroris mencoba meledakkan penerbangan dari Australia dengan bom tersembunyi di boneka Barbie dan penggiling daging. Dia mengatakan Amer Khayyat berencana untuk meledakkan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 22 Agustus 2017
INAPORTNET
Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Terapkan Sistem Layanan Online

Bisnisnews.id-Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jawa Tengah, hari ini (Selasa 22/8/2017) menerapkan sistem layanan kapal secara online melalui jaringan Inaportnet, yang sebelumnya juga telah dilakukan di  Pelabuhan Makassar, . . .
Selengkapnya