Kamis, 19 Oktober 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Nusantara / Berita

KUNKER
Kamis, 23 Maret 2017 12:49 WIB

Menhub Akan Bangun 100 Unit Kapal Pelra


Ilustrasi foto, jurnal maritim

Bianisnews.id-Kementerian Perhubungan akan membangun 100 unit kapal pelra kapasitas 35 GT senilai 200 miliar rupiah yang akan dioperasikan pada sejumlah kawasan yang belum tersentuh layanan kapal perintis.


Dalam keterangan tertulisnya Menhub mengatakan, para pengusaha galangan kapal Pelra disarankan
ikut tender membangun kapal Pelra di Juwana yang merupakan salah satu daerah industri galangan kapal rakyat di Jawa Tengah.

Ungkapan itu disampaikan Menhub Budi saat melakukan lawatan kerjanya, Kamis (23/3/2017) ke Kudus, Juwana, Jepara dan Semarang Jawa Tengah.

PLT Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik J.A. Barata mengatakan, kunjungan kerja Menhub itu juga sekaligus mendengarkan secara langsung permasalahan, masukan dan mencari solusi.

Kata Barata dalam kunjungam itu, Menhub Budi mendorong  perusahaan galangan kapal tradisional lain nantinya ikut dalam tender pengadaan kapal rakyat 2017.

"Pak Menhub mendorong perusahaan galangan kapal tradisional ikut tender pengadaan 100 kapal rakyat di tahun 2017, ini bertujuan untuk memajukan para pengusaha galangan kapal tradisional," jelasnya.

Sedangkan di pelabuhan Jepara Menhub mendengarkan permasalahan angkutan Bahan Bakar Minyak dari Pelabuhan Jepara ke Karimunjawa yang harus segera diselesaikan.

Selama ini angkutan BBM di lintasan itu dilakukan kapal pelra. Maka harus dicarikan jalan keluarnya agar tidak melanggar aturan keselamatan. Masalah lainnya adalah gelombang yang cukup tinggi di kolam pelabuhan.

"Permasalahan lain, terkait gelombang yang sangat tinggi di kolam pelabuhan Jepara sehingga berbahaya bagi kapal yang akan sandar, karena itu kapal-kapal pelra lebih memilih sandar di pelabuhan penyeberangan," jelasnya. (Syam S)





Baca Juga

 

Internasional  -  Kamis, 19 Oktober 2017
REFERENDUM CATALONIA
Spanyol Akan Tangguhkan Otonomi Catalonia

Bisnisnews.id - Spanyol akan mulai menangguhkan otonomi Catalonia mulai hari Sabtu, karena pemimpin wilayah tersebut mengancam untuk mendeklarasikan kemerdekaan. Pemerintah mengatakan akan mengaktifkan Pasal 155 undang-undang . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 19 Oktober 2017
SIMULASI
Gangguan Teroris di Kereta,  Berikut Penanganannya ....

Bisnisnews.id-Tangkal teoris di kereta api hari ini, Kamis (19/10/2017) disimulasikan, dengan melibatkan unsur Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Tujuannya, bila terjadi  gangguan, petugas sudah siap, terutama pengamanan . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Kamis, 19 Oktober 2017
Ini kata Jaya Suprana Soal Istilah "PRIBUMI" 

Bisnisnews.id-Soal istilah "pribumi" yang diucapkan satu kali dalam pidato Gubernur DKI Anies R Baswedan menurut seniman dan budayawan, pendiri Pusat Studi Kelirumologi dan Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan Jaya Suprana dalam Opininya . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Kamis, 19 Oktober 2017
KESELAMATAN PENERBANGAN
Insiden AirAsia Indonesia  Dikhawatirkan Memperburuk  Hasil Audit ICAO 

Bisnisnews.id-Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso khawatir, insiden yang dialami pesawat AirAsia Indonesia QZ-535 dalam penerbangan dari Australia ke Bali akan mempengaruhi penilaian tim audit . . .
Selengkapnya

 

Gaya Hidup  -  Kamis, 19 Oktober 2017
RATU DUNIA
Menuju  Miss World 2017

Bisnisnews.id-Miss Indonesia 2017, Achintya Nilsen siap-siap masuk karantia bersama 120 peserta dari negara lain selama empat pekan sebelum menjalani penilaian di malam puncak, Grand Final Miss World 2017 di Sanya Tiongkok, 18 . . .
Selengkapnya