Minggu, 20 Mei 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Maritim / Berita

INDUSTRI GALANGAN
Jumat, 31 Maret 2017 16:36 WIB

BUMN Didesak Gunakan Kapal Lokal


Menperin meresmikan peluncuran MV Iriana, yang merupakan kapal angkutan semen curah dengan teknologi electric propulsion pertama dibangun di Indonesia oleh PT Sumber Marine Shipyard (photo:ekonomi bisnis)

Bisnisnews.id - Pembuat kapal Indonesia sekali lagi mendesak perusahaan milik negara (BUMN) untuk membeli kapal lokal.

Menurut data 2014, lebih dari 90 persen dari lebih 14.000 kapal berbendera Indonesia tidak dibangun secara lokal.

"Kita perlu menjaga permintaan pasar, dimulai dengan BUMN, yang tidak membeli sejumlah besar kapal buatan lokal," kata Ketua Asosiasi Kapal Indonesia (Iperindo), Eddy Logam.

Instansi pemerintah seperti Kementerian Perhubungan, telah memerintahkan pemesanan sekitar 150 kapal pantai, navigasi dan kapal transfer. Sedangkan Kementerian Kelautan dan Perikanan telah memerintahkan lebih dari 1.000 kapal nelayan tahun ini. 

" Namun jumlah kapal yang dipesan oleh BUMN tidak signifikan," tambahnya.

Eddy mengatakan BUMN harus memberi contoh dan mengikuti pedoman pemerintah untuk menggunakan kapal buatan lokal. Presiden Joko Widodo telah berkomitmen untuk pembenahan industri galangan kapal lokal dan menginstruksikan pemerintah untuk pengadaan hanya dari lokal.

Insentif juga telah diberikan, pembuat kapal mendapatkan manfaat keringanan pajak seperti pajak pertambahan nilai nol dan pajak penghasilan yang lebih rendah.

Sementara itu, industri lokal baru-baru ini meluncurkan peluncuran kapal lokal bertenaga listrik pertama di Indonesia. Kapal yang dinamakan Iriana ini diluncurkan dari Sumber Marine, Tanjung Ucang, Batam.

“Ini membuktikan bahwa kemampuan lokal tidak lagi diragukan dalam membangun kapal standar internasional. Ada banyak contoh,”kata Eddy.

Pembangunan Iriana memakan waktu satu tahun dan melibatkan 800 pekerja. Sebagian besar baja berasal dari Krakatau Posco. (marloft)


 

Arena  -  Minggu, 20 Mei 2018
INAPGOC
Asian Para Games 2018 Berjalan Aman

Bisnisnews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengingatkan Ketua Umum Panitia Nasional Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC),  Raja Sapta  Oktohari  terkait persiapan keamanan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 20 Mei 2018
KESELAMATAN PENERBANGAN
Runway Bandara Juanda Surabaya Amblas , puluhan Penerbangan Terganggu

Bisnisnews.id - Maskapai Lion Air mengumumkan, pelayanan penerbangan dari bandara Juanda Surabaya kembali normal setelah fasilitas landas pacu (runway) dinyatakan aman (safety) untuk proses lepas landas (take off) dan mendarat . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Minggu, 20 Mei 2018
ASIAN PARA GAMES 2018
Menpora Apresiasi Kerja Keras INAPGOC

Bisnisnews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memberikan apresiasi kepada Panitia Nasional Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC). yang sejak tahun lalu telah menunjukan progress yang menggembirakan. . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 19 Mei 2018
RESOLUSI PBB
AS dan Australia Menolak Penyelidikan Kejahatam Perang Israel Terhadap Palestina

Bisnisnews.id  -  Amerika Serikat  dan Australia menolak dlakukannya resolusi untuk mengirim tim investigasi  menyelididki pelanggaran yang dilakukan Israel di Palestina, khusunya Jalur Gaza. Rapat Dewan Khusus . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 19 Mei 2018
SIDANG OKI
Wapres Jusuf Kalla Desak Hamas dan Fatah Bersatu dan Kompak

Bisnisnews.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Hamas dan Fatah bersatu dan mennyelesaikan konflik internal. Dengaan demikian, dukungan negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) secara diplomatis akan semakin memperkuat . . .
Selengkapnya