Rabu, 26 Juli 2017

Home/ Regulasi / / Berita

Jumat, 31 Maret 2017 16:46 WIB

Menhub Tetapkan Regulasi Permanen Mudik Lebaran


Ketua Umum Aptrindo Gemilang Tarigan (foto:BN/Syam s)

Bisnisnews.id-Pemerintah akan menerbitkan regulasi permanen kegiatan angkutan mudik lebaran. Regulasi itu rencananya diterbitkan melalui Peraturan Menteri Perhubungan yang diimplementasikan putusan direktorat jenderal.

Dalam draf regulasi itu diusulkan, ada tiga larangan yang akan diberlakukan pada angkutan lebaran pada sejumlah ruas tol. Yaitu truk angkutan tambang dan galian, truk di atas dua sumbu dan angkutan di atas 14 ton serta angkutan pribadi.

Ruang lingkup ruas tol yang dilarang untuk dilewati diantaranya,  ruas tol Jakarta-Cikampek-Pemalang, Jakarta-Bandung via tol Cisomang, Jakarta-Bogor via Jagorawi dan Jakarta via tol Merak.

Draf regulasi yang telah dibahas di Kementerian Perhubungan itu, menurut Ketua Umum Assosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Gemilang Tarigan, secara umum diterima. Namun ada beberapa poin dalam draf itu yang patut ditinjau ulang, terutama soal lamanya waktu larangan non tambang.

"Kalau untuk angkutan tambang dan galian sangat setuju sesuai draf tapi non tambang perlu ditinjau ulang dengan sejumlah pertimbangan," kata Tarigan.

Seperti disebutkan dalam draf itu, truk angkutan tambang  dan galian dilarang lewat mulai H-7 sampai H+7. Truk dengan beban di-atas dua sumbu dan muatan  di-atas 14 ton dilarang beroperasi mulai H-3 sampai H+3, kendaraan pribadi H-3 sampai H+3

Kata Tarigan, ada yang berbeda dalam penerapan khusus mudik lebaran. Selain diterapkan secara permanen juga diatur untuk kendaran pribadi.

Khusus kendaraan pribadi nantinya diberlakukan sistem ganjil genap yang diusulkan mulai H-3 sampai H+3. "Saya kira ini kemajuan besar, terutama pada ruas tol yang akan dilewati."

Kata Tarigan truk non tambang dan galian idealnya tidak terlalu lama atau maksimal empat hari. Yaitu mulai H-2 sampai H+2. "Kita kan selama ini selau dibatasi dan menurut saja, kita dukung. Tapi kali ini karena bentuknya permanen kami usulkan non tambang cukup empat hari. Ini adalah waktu ideal yang bisa dilakukan,"kata Tarigan.

Kata Tarigan, semua usulan itu adalah bagian dari pengecualian yang patut dipertimbangkan regulator. "Ini kami usulkan, karena produksi terus berjalan, arus barang di pelabuhan juga terua beroperasi,"jelasnya.

Kalau angkutan non tambang dan galian dibikin larangan terlalu lama, dikhawatirkan terjadi stagnasi yang berimbas pada kerugian serta meningkatnya biaya produksi.

Draf Permenhub itu juga menyebutkan, selama berlangsungnya angkutan lebaran seluruhnya ditutup dan dialihfungsikan menjadi tempat peristirahatan para pemudik. Draf itu sendiri diharapkan selesai dan didaftarkan ke Kemenkumham untuk diundangkan Mei 2017. (Syam S)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 26 Juli 2017
IKLIM INVESTASI
Bank Dunia Minta Pemerintah Kurangi Hak Istimewa BUMN 

Bisnisnews.id - Bank Dunia meminta Indonesia memperbaiki iklim investasinya untuk menarik lebih banyak investasi ke dalam pembangunan infrastruktur. Saran yang diberikan bagi pemerintah cukup banyak, salah satunya adalah mengurangi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Rabu, 26 Juli 2017
INDUSTRIAL
Regulator dan Pengguna Jasa Gelisah Hadapi Rencana Aksi Mogok SP JICT

Bisnisnews.id-Ancaman mogok massal para pekerja pelabuhan di Tanjung Priok yang diinisiasi Serikat Pekerja Jakarta International Countainer terminal (SP-JICT) membuat gundah para pelaku usaha dan pemerintah. Pasalnya, bila benar . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Rabu, 26 Juli 2017
NILAI TUKAR
Rupiah Makin Tersudut di Level 13. 322 dan Resisten 13.297

Bisnisnews.id-Nilai tukar Rupiah makin tersudut dengan terus menguatnya dolar AS. Prgerakan nilai tukar Rupiah diperkirakan berada pada level support 13.322 dan resisten 13.297. Walau terlihat masih lebih baik dari sebelumnya, . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 26 Juli 2017
ASIAN GAMES 2018
 Komisi X  DPR RI Tetap Minta INASGOC Transparan

Bisnisnews.id - Komisi X DPR-RI menyetujui usulan anggaran dana triwulan kedua sebesar Rp1,5 triliun yang diajukan panitia pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) untuk persiapan penyelenggaraan Asian Games Jakarta-Palembang 2018. "Ya, . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Rabu, 26 Juli 2017
KERJA SAMA
Indonesia Tuan Rumah Konferensi Menteri Pendidikan Se-Asia Tenggara

49th SEAMEO Council Conference membahas tujuh prioritas bidang pendidikan Bisnisnews.id – Kemendikbud Indonesia menjadi tuan rumah dalam Konferensi Tingkat Menteri Pendidikan Asia Tenggara ke-49 atau 49th SEAMEO Council . . .
Selengkapnya