KEAMANAN PENERBANGAN
Bercanda Soal Bom, WN Malaysia Digelandang Ke Otband

Sureskumar Solaiappan, WN Malaysia digelandang ke Kantor Otband Wil I Bandara Soetta karena candaan Bom.

Bisnisnews.id - Gurauan atau candaan paling tabu yaitu mengaku-ngaku membawa bom kembali terjadi bandara. Kali ini pelakunya warga negara Malaysia yang hendak menumpangi penerbangan KLM.

Peristiwa terjadi di Terminal 2E Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang. Pelakunya adalah seorang pria bernama Sureskumar Solaiappan (34) berkewarganegaraan Malaysia. Diketahui, Sureskumar merupakan penumpang pesawat KLM tujuan Kuala Lumpur, Malaysia.

Kejadian ini bermula ketika Sureskumar hendak melakukan check-in di konter check-in pada Rabu (12/4) sekitar pukul 17.00 WIB.

Petugas konter check-in menanyakan kepada penumpang apakah di dalam tasnya terdapat power bank atau baterai.

Dan saat ditanya isi barang bawaannya, penumpang tersebut kemudian menjawab ada bom. Bahkan ketika ditanyakan kembali, penumpang tersebut kembali menjawab ada bom.

Mendapati penumpang mengucapkan kata Bom dua kali di dalam terminal, petugas check-in kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada atasannya dan dilanjutkan ke Aviation Security (Avsec) Bandara Soetta.

Dikonfirmasi kepada JAS yang menangani  KLM, Martha Lory Fransisca, Corporate Communications JAS membenarkan adanya kejadian tersebut.

"Memang benar kejadian itu ada. Sesuai prosedur, petugas kami selalu menanyakan hal-hal terkait sekuriti penerbangan kepada penumpang," jelasnya.

"Petugas sudah dilatih sedemikian rupa, bahwa segala sesuatu berkaitan dengan bom atau hal hal yang sifatnya mengancam keselamatan penerbangan dan penumpang, akan ditindak (dalam hal ini dilaporkan ke yang berwenang) sesuai ketentuan yang berlaku," kata Martha kepada Bisnisnews.id (12/04/2017)


Petugas Avsec kemudian membawa penumpang yang belakangan diketahui seorang keturunan India tersebut beserta barang bawaannya ke Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Bandara Soetta untuk diproses lebih lanjut. (Syam S)

 

0 COMMENTS

Leave a Comment

Masuk Dengan Sosial Media




Comments

Video +

Regulasi +