Rabu, 23 Agustus 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Penerbangan / Berita

KEAMANAN PENERBANGAN
Rabu, 12 April 2017 22:20 WIB

Bercanda Soal Bom, WN Malaysia Digelandang Ke Otband


Sureskumar Solaiappan, WN Malaysia digelandang ke Kantor Otband Wil I Bandara Soetta karena candaan Bom.

Bisnisnews.id - Gurauan atau candaan paling tabu yaitu mengaku-ngaku membawa bom kembali terjadi bandara. Kali ini pelakunya warga negara Malaysia yang hendak menumpangi penerbangan KLM.

Peristiwa terjadi di Terminal 2E Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang. Pelakunya adalah seorang pria bernama Sureskumar Solaiappan (34) berkewarganegaraan Malaysia. Diketahui, Sureskumar merupakan penumpang pesawat KLM tujuan Kuala Lumpur, Malaysia.

Kejadian ini bermula ketika Sureskumar hendak melakukan check-in di konter check-in pada Rabu (12/4) sekitar pukul 17.00 WIB.

Petugas konter check-in menanyakan kepada penumpang apakah di dalam tasnya terdapat power bank atau baterai.

Dan saat ditanya isi barang bawaannya, penumpang tersebut kemudian menjawab ada bom. Bahkan ketika ditanyakan kembali, penumpang tersebut kembali menjawab ada bom.

Mendapati penumpang mengucapkan kata Bom dua kali di dalam terminal, petugas check-in kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada atasannya dan dilanjutkan ke Aviation Security (Avsec) Bandara Soetta.

Dikonfirmasi kepada JAS yang menangani  KLM, Martha Lory Fransisca, Corporate Communications JAS membenarkan adanya kejadian tersebut.

"Memang benar kejadian itu ada. Sesuai prosedur, petugas kami selalu menanyakan hal-hal terkait sekuriti penerbangan kepada penumpang," jelasnya.

"Petugas sudah dilatih sedemikian rupa, bahwa segala sesuatu berkaitan dengan bom atau hal hal yang sifatnya mengancam keselamatan penerbangan dan penumpang, akan ditindak (dalam hal ini dilaporkan ke yang berwenang) sesuai ketentuan yang berlaku," kata Martha kepada Bisnisnews.id (12/04/2017)


Petugas Avsec kemudian membawa penumpang yang belakangan diketahui seorang keturunan India tersebut beserta barang bawaannya ke Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Bandara Soetta untuk diproses lebih lanjut. (Syam S)

Baca Juga

 

Industri  -  Selasa, 22 Agustus 2017
WONDERFUL INDONESIA
AP I : Biaya Pendaratan Gratis, Labuan Bajo Siap Diakuisisi

Bisnisnews.id - Operator bandara PT Angkasa Pura (AP) I telah mengeluarkan kebijakan baru, biaya pendaratan gratis untuk maskapai yang membuka atau menambahkan rute baru ke wilayah Jawa Timur. Selain itu, AP I berencana mengakuisisi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 22 Agustus 2017
TAKSI ONLINE
Diputuskan Ilegal, MA Batalkan Peraturan Kenaikan Tarif

Bisnisnews.id - Mahkamah Agung telah memutuskan bahwa tarif yang diberlakukan oleh pemerintah bulan lalu atas layanan taksi online dinilai menghambat kompetisi. Kementerian Perhubungan memperkenalkan tarif minimum dan maksimum . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 22 Agustus 2017
KECELAKAAN KAPAL
Jenazah Marinir AS Ditemukan 

Bisnisnews.id - Jenazah telah ditemukan dalam pencarian 10 pelaut AS yang hilang setelah kapal mereka bertabrakan dengan sebuah kapal tanker di dekat Singapura, kata angkatan laut AS. Penemuan itu terjadi ketika para penyelam . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 22 Agustus 2017
AUSTRALIA
Rencana Pemboman Etihad Dengan Boneka Barbie Terbongkar

Bisnisnews.id - Menteri dalam negeri Libanon mengklaim teroris mencoba meledakkan penerbangan dari Australia dengan bom tersembunyi di boneka Barbie dan penggiling daging. Dia mengatakan Amer Khayyat berencana untuk meledakkan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 22 Agustus 2017
INAPORTNET
Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Terapkan Sistem Layanan Online

Bisnisnews.id-Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jawa Tengah, hari ini (Selasa 22/8/2017) menerapkan sistem layanan kapal secara online melalui jaringan Inaportnet, yang sebelumnya juga telah dilakukan di  Pelabuhan Makassar, . . .
Selengkapnya