Kamis, 19 Oktober 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Penerbangan / Berita

KEAMANAN PENERBANGAN
Rabu, 12 April 2017 22:20 WIB

Bercanda Soal Bom, WN Malaysia Digelandang Ke Otband


Sureskumar Solaiappan, WN Malaysia digelandang ke Kantor Otband Wil I Bandara Soetta karena candaan Bom.

Bisnisnews.id - Gurauan atau candaan paling tabu yaitu mengaku-ngaku membawa bom kembali terjadi bandara. Kali ini pelakunya warga negara Malaysia yang hendak menumpangi penerbangan KLM.

Peristiwa terjadi di Terminal 2E Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang. Pelakunya adalah seorang pria bernama Sureskumar Solaiappan (34) berkewarganegaraan Malaysia. Diketahui, Sureskumar merupakan penumpang pesawat KLM tujuan Kuala Lumpur, Malaysia.

Kejadian ini bermula ketika Sureskumar hendak melakukan check-in di konter check-in pada Rabu (12/4) sekitar pukul 17.00 WIB.

Petugas konter check-in menanyakan kepada penumpang apakah di dalam tasnya terdapat power bank atau baterai.

Dan saat ditanya isi barang bawaannya, penumpang tersebut kemudian menjawab ada bom. Bahkan ketika ditanyakan kembali, penumpang tersebut kembali menjawab ada bom.

Mendapati penumpang mengucapkan kata Bom dua kali di dalam terminal, petugas check-in kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada atasannya dan dilanjutkan ke Aviation Security (Avsec) Bandara Soetta.

Dikonfirmasi kepada JAS yang menangani  KLM, Martha Lory Fransisca, Corporate Communications JAS membenarkan adanya kejadian tersebut.

"Memang benar kejadian itu ada. Sesuai prosedur, petugas kami selalu menanyakan hal-hal terkait sekuriti penerbangan kepada penumpang," jelasnya.

"Petugas sudah dilatih sedemikian rupa, bahwa segala sesuatu berkaitan dengan bom atau hal – hal yang sifatnya mengancam keselamatan penerbangan dan penumpang, akan ditindak (dalam hal ini dilaporkan ke yang berwenang) sesuai ketentuan yang berlaku," kata Martha kepada Bisnisnews.id (12/04/2017)


Petugas Avsec kemudian membawa penumpang yang belakangan diketahui seorang keturunan India tersebut beserta barang bawaannya ke Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Bandara Soetta untuk diproses lebih lanjut. (Syam S)

Baca Juga

 

Internasional  -  Kamis, 19 Oktober 2017
REFERENDUM CATALONIA
Spanyol Akan Tangguhkan Otonomi Catalonia

Bisnisnews.id - Spanyol akan mulai menangguhkan otonomi Catalonia mulai hari Sabtu, karena pemimpin wilayah tersebut mengancam untuk mendeklarasikan kemerdekaan. Pemerintah mengatakan akan mengaktifkan Pasal 155 undang-undang . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 19 Oktober 2017
SIMULASI
Gangguan Teroris di Kereta,  Berikut Penanganannya ....

Bisnisnews.id-Tangkal teoris di kereta api hari ini, Kamis (19/10/2017) disimulasikan, dengan melibatkan unsur Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Tujuannya, bila terjadi  gangguan, petugas sudah siap, terutama pengamanan . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Kamis, 19 Oktober 2017
Ini kata Jaya Suprana Soal Istilah "PRIBUMI" 

Bisnisnews.id-Soal istilah "pribumi" yang diucapkan satu kali dalam pidato Gubernur DKI Anies R Baswedan menurut seniman dan budayawan, pendiri Pusat Studi Kelirumologi dan Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan Jaya Suprana dalam Opininya . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Kamis, 19 Oktober 2017
KESELAMATAN PENERBANGAN
Insiden AirAsia Indonesia  Dikhawatirkan Memperburuk  Hasil Audit ICAO 

Bisnisnews.id-Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso khawatir, insiden yang dialami pesawat AirAsia Indonesia QZ-535 dalam penerbangan dari Australia ke Bali akan mempengaruhi penilaian tim audit . . .
Selengkapnya

 

Gaya Hidup  -  Kamis, 19 Oktober 2017
RATU DUNIA
Menuju  Miss World 2017

Bisnisnews.id-Miss Indonesia 2017, Achintya Nilsen siap-siap masuk karantia bersama 120 peserta dari negara lain selama empat pekan sebelum menjalani penilaian di malam puncak, Grand Final Miss World 2017 di Sanya Tiongkok, 18 . . .
Selengkapnya