Kamis, 19 Oktober 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Penerbangan / Berita

KECELAKAAN PESAWAT
Kamis, 13 April 2017 20:47 WIB

Jatuh Ke Tebing, Pilot Ditemukan Tewas


Pesawat Aventis mengalami kecelakaan di Papua, 9 April 2014 (photo: tribunnews)

Bisnisnews.id - Sinyal dari pesawat kargo telah terdeteksi dan pesawat ditemukan jatuh di tebing Bukit Anum.

Dalam keterangan tertulis dari Humas Polda Papua, usaha menemukan dan evakuasi pesawat malang tersebut dilakukan pada Kamis, 13 April 2017 dengan kronologis sebagai berikut:

Pukul 07.30 WIT : Pesawat AMA PK-RSE dengan Capt. Pilot Erik melakukan seeflight di Bukit Anum sebanyak 5 kali putaran dan melihat pesawat dalam keadaan hancur di tebing Bukit Anum ketinggian 7100 feet DPL dengan koordinat S 04.47.79-E 140.39.77.  

Pukul 07.20 WIT : Pesawat kembali ke bandara Oksibil

Pukul 08.56 WIT : Tim KNKT berjumlah 12 orang yang terdiri dari 3 KNKT, 8 SAS, 1 KA Dishub Tanah Merah dipimpin oleh Charudin. 

Pukul 09.50 WIT : Capt. Pilot Erik bersama tim gabungan menggunakan pesawat AMA PK-RSE berangkat melakukan seeflight.

Pukul 09.15 WIT :  11 orang Basarnas Jayapura tiba di bandara Oksibil dengan pesawat Trigana.

Pukul 10.45 WIT : Tim gabungan kembali tiba di bandara Oksibil melaporkan hasil 5 kali putaran dan mengambil gambar visual pesawat dalam keadaan hancur.  

Pukul 10.55 WIT : Rapat Koordinasi dipimpin Kapolres dengan pokok bahasan bahwa posisi pesawat sulit dijangkau dengan jalur darat sehingga perlu menggunakan heli AIRFAST; perlunya personel perwakilan dari basarnas, TNI/POLRI, yang memiliki kemampuan evakuasi di daerah sulit dan bisa diberangkatkan kapan saja; stand by aftur di bandara Oksibil. 

Pukul 16.50 WIT : Tim Evakuasi dari Polres Pegunungan bintang berjumlah 8 orang melaporkan telah tiba di TKP dan menemukan Capt. Pilot Rio Pasaribu sudah tidak bernyawa lagi. Tim lanjut mencari black box dan menemukan kotak warna perak yang diduga black box. 

Pukul 17.29 WIT : Tim evakuasi telah membungkus jenazah dengan kantong mayat. Berhubung terjalnya medan dan kondisi cuaca yang kurang baik, selanjutnya tim evakuasi memutuskan melanjutkan evakuasi esok harinya. (Syam S)


Baca Juga

 

Internasional  -  Kamis, 19 Oktober 2017
REFERENDUM CATALONIA
Spanyol Akan Tangguhkan Otonomi Catalonia

Bisnisnews.id - Spanyol akan mulai menangguhkan otonomi Catalonia mulai hari Sabtu, karena pemimpin wilayah tersebut mengancam untuk mendeklarasikan kemerdekaan. Pemerintah mengatakan akan mengaktifkan Pasal 155 undang-undang . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 19 Oktober 2017
SIMULASI
Gangguan Teroris di Kereta,  Berikut Penanganannya ....

Bisnisnews.id-Tangkal teoris di kereta api hari ini, Kamis (19/10/2017) disimulasikan, dengan melibatkan unsur Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Tujuannya, bila terjadi  gangguan, petugas sudah siap, terutama pengamanan . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Kamis, 19 Oktober 2017
Ini kata Jaya Suprana Soal Istilah "PRIBUMI" 

Bisnisnews.id-Soal istilah "pribumi" yang diucapkan satu kali dalam pidato Gubernur DKI Anies R Baswedan menurut seniman dan budayawan, pendiri Pusat Studi Kelirumologi dan Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan Jaya Suprana dalam Opininya . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Kamis, 19 Oktober 2017
KESELAMATAN PENERBANGAN
Insiden AirAsia Indonesia  Dikhawatirkan Memperburuk  Hasil Audit ICAO 

Bisnisnews.id-Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso khawatir, insiden yang dialami pesawat AirAsia Indonesia QZ-535 dalam penerbangan dari Australia ke Bali akan mempengaruhi penilaian tim audit . . .
Selengkapnya

 

Gaya Hidup  -  Kamis, 19 Oktober 2017
RATU DUNIA
Menuju  Miss World 2017

Bisnisnews.id-Miss Indonesia 2017, Achintya Nilsen siap-siap masuk karantia bersama 120 peserta dari negara lain selama empat pekan sebelum menjalani penilaian di malam puncak, Grand Final Miss World 2017 di Sanya Tiongkok, 18 . . .
Selengkapnya