Rabu, 25 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / / Berita

KORUPSI MINERBA
Senin, 17 April 2017 20:57 WIB

Kadis Pertambangan Sumut  Terseret Kasus Suap


Eddy Saputra Salim, Kadis Pertambangan Sumut, ditangkap polisi terima suap izin pertambangan. (Foto: Ayat S Karokaro)

Bisnisnews.id - Pejabat pertambangan di Sumatera Utara telah ditangkap karena korupsi. Polisi menangkap Eddy Saputra Salim  menerima suap.

Itu hanya indikasi terbaru dari kecurangan di sektor sumber daya negara yang ditunggangi, banyak izin pertambangan dalam beberapa tahun terakhir telah dipindahkan dari kabupaten ke tingkat provinsi dalam upaya untuk meningkatkan pengawasan terhadap proses perizinan.

Eddy memimpin Dinas Pertambangan dan Energi, Sumatera Utara. Sebelum hari penangkapannya (6/04/2017), ia masih mendampingi Gubernur Tengku Erry Nuradi dalam seminar pencegahan korupsi yang diselenggarakan KPK. Ribuan orang merapatkan barisan di Jakarta meminta penyelidikan kasus dugaan korupsi di industri batubara dan mineral.

Kedua orang yang menyuap Eddy diketahui bernama Suherwin dan Dora Simanjuntak. Mereka menyuapnya untuk memproses dokumen berkaitan dengan perusahaan pertambangan.

Polisi menyita sebuah tas hitam dengan empat amplop di dalamnya, masing-masing jutaan rupiah dengan total 39,9 juta rupiah. Mereka menyita berbagai bukti dari kantor Salim, adegan kejahatan, termasuk buku janji, rekaman pengawasan, laptop, tiga ponsel dan rekaman eksternal.

Eddy menjadi tersangka dan kasusnya segera dipindahkan ke Kantor Kejaksaan Sumatera Utara.

Eddy telah menjabat sejak 2014, diangkat oleh Gatot Pujo Nugroho, Gubernur sebelumnya, dan dikonfirmasi kembali oleh Gubernur Nuradi pada bulan Januari. Sebelum itu Eddy adalah Kepala Provinsi Kantor Tata Ruang dan Perumahan.

KPK telah melakukan upaya besar-besaran meninjau ribuan lisensi yang dipegang oleh perusahaan pertambangan di Indonesia. Program ini dikenal sebagai Korsup Minerba. Sejak tahun lalu, sektor kelapa sawit telah dikenakan inisiatif serupa, yang dikenal sebagai Korsup Sawit. (Marloft)


Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 25 April 2018
PERSAINGAN USAHA
AP II Hormati Putusan Majelis KPPU, Berikut Penjelasannya ....

Bisnisnews.id - PT Angkasa Pura II (AP II) menegaskan, pihaknya menghormati putusan Majelis Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Republik Indonesia, Selasa (24/4/2018), terkait dugaan praktik monopoli dalam Pelayanan Kargo . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 25 April 2018
BILATERAL
Indonesia Jadi Tuan Rumah SOMY ke-9 2018

Bisnisnews.id –  Indonesia terpilih menjadi tuan rumah pertemuan ASEAN Senior Officials Meeting on Youth (SOMY) ke-9 pada 2-5 Mei 2018 di Hotel Grand Sahid, Jakarta.   Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 25 April 2018
KPPU
AP II Kembali Tersandung Praktek Monopoli di Bandara Kualanamu, Denda Rp 6,5 Miliar

Bisnisnews.id - PT Angkasa Pura II (AP II) kembali tersandung jeratan hukum praktek monopoli layanan kargo udara di Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang Sumatera Utara, menyusul putusan Majelis Komisi Pengawas Persaingan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 25 April 2018
TINJU
Daud Kembali Masuk ke Jalur Perebutan Juara Dunia

Bisnisnews.id – Petinju kebanggan Indonesia Daud Yordan sukses menundukan petinju asal Rusia Pavel malikov di DIVS, Ekaterinburg, Minggu 22 April 2018. Atas kemenangan tersebut daud sukses meraih gelar juara kelas ringan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 25 April 2018
PENGEBORAN MINYAK
Sumur Minyak Tradisional di Aceh Terbakar Puluhan Orang Jadi Korban

Bisnisnews.id   -  Pengeboran sumur minyak tradisional di Desa Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Propinsi Aceh, Rabu  (25/4/2018) dini hari,  terbakar. Puluhan orang menjadi . . .
Selengkapnya