Jumat, 22 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / / Berita

Rabu, 19 April 2017 01:53 WIB

Kapal Induk AS Terlihat Di Selat Sunda, Kemana Tujuannya ?


Kapal induk USS Carl Vinson transit di Selat Sunda Indonesia, Sabtu 15 April 2017. (Photo: Sean Castellano/US NAVY)

Bisnisnews.id - Kapal USS Carl Vinson seharusnya menuju Semenanjung Korea pekan lalu, tetapi baru-baru ini kapal terlihat berlayar ribuan mil jauhnya dari tujuan, malah sekarang terdeteksi di Selat Sunda.

Selasa lalu, Menteri Pertahanan AS, James Mattis mengatakan di Pentagon, "Kapal dalam perjalanan menuju Semenanjung Korea, karena kami pikir di situlah yang paling bijaksana untuk kapal saat ini."

Para pejabat Angkatan Laut AS berbicara dari Pearl Harbor dan Washington dan mengatakan kepada Defense News (off the record) bahwa mereka kaget melihat laporan kapal Vinson berlayar menuju Semenanjung Korea," Kami tidak ada pernyataan seperti itu."

Mattis juga mengatakan tidak ada sinyal permintaan khusus atau alasan mengapa kita mengirimnya ke sana, dan membuat orang menebak-nebak mengapa Mattis membuat komentar tersebut. Foto yang dirilis oleh Angkatan Laut AS pada hari Sabtu yang menunjukkan kapal di Selat Sunda, sulit untuk melihat apakah Mattis bisa jujur minggu lalu tentang gerakan kapal Vinson ini ke utara di Pasifik Barat.

Selat Sunda merupakan jalur air antara Malaysia dan Indonesia di dekat Samudera Hindia. Jarak terpendek antara Selat Sunda dan Semenanjung Korea akan transit melalui Laut Cina Selatan, tetapi masih akan menjadi perjalanan panjang. Para pejabat pertahanan mengatakan dibutuhkan antara empat sampai lima hari untuk kapal Vinson melakukan perjalanan.

Selain itu, media Korea Selatan mengatakan pekan lalu, tiga kapal induk AS yaitu USS Vinson, USS Nimitz dan USS Ronald Reagan diarahkan untuk berlayar ke Semenanjung Korea.

Laporan tersebut ternyata palsu, karena pejabat membantah kalau Nimitz dan Ronald Reagan telah bergabung dengan kapal Vinson, kata Defense News. Kapal Reagan tengah menjalani perawatan di sebuah pangkalan dekat Tokyo, dan Nimitz lagi mengambang di sekitar Selatan California, jauh dari Pyongyang. (marloft)


Baca Juga

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
ASIAN GAMES 2018
Menpora Kembali Ingatkan Target 10 Besar

Bisnisnews.id – Hari pertama masuk kerja usai cuti bersama Idul Fitri seluruh pejabat, staf Kemenpora menggelar Halal Bihalal 1439 H tahun 2018 dengan Menpora Imam Nahrawi, Ketua Inasgoc Erick Thohir, Ketua Inapgoc Raja . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
BOLA
Gede Siapkan Layar Lebar pada Laga Persija vs Persebaya

Bisnisnews.id – Menyambut pertandingan Persjia Jakarta kontra Persebaya Surabaya yang akan tersaji pada 26 Juni 2018. Gede Widiade berjanji akan menyiapkan layar lebar di beberapa wilayah agar para supoerter The Jakmania . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
ABK KM Sinar Bangun dan Patugas Dishub Tigaras Diperiksa Polisi

Bisnisnews.id - Tiga petugas Dinas Perhubungan di Pelabuhan Tigaras dan empat  anak buah kapal (ABK)  diperiksa pihak Kepolisian terkait tenggelamnya KM Sinar Bangun di kawasan Danau Toba yang diduga membawa ratusan  . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
PIALA DUNIA
Jagoan Sayap Kiri Denmark Sewa Jet Pribadi Untuk Melihat Istrinya Melahirkan

Bisnisnews.id  -  Jagoan sayap kiri Denmark, Jonas Knudsen harus absen beberapa jam karena istri tercintanya Trine melahirkan. Ini adalah kelahiran yang ditunggu-tunggu saat  para bintang lapangan hijau  berlaga. . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Aktivitas Arus Balik di Bandara Adi Sutjipto dan Sumarmo Lancar

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso melakukan pemantauan atus balilboemydik di  Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta dan  Bandara Adi Sumarmo Solo. "Hari ini secara marathon saya mengunjungi dua bandara . . .
Selengkapnya