Selasa, 26 September 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / / Berita

Rabu, 19 April 2017 01:53 WIB

Kapal Induk AS Terlihat Di Selat Sunda, Kemana Tujuannya ?


Kapal induk USS Carl Vinson transit di Selat Sunda Indonesia, Sabtu 15 April 2017. (Photo: Sean Castellano/US NAVY)

Bisnisnews.id - Kapal USS Carl Vinson seharusnya menuju Semenanjung Korea pekan lalu, tetapi baru-baru ini kapal terlihat berlayar ribuan mil jauhnya dari tujuan, malah sekarang terdeteksi di Selat Sunda.

Selasa lalu, Menteri Pertahanan AS, James Mattis mengatakan di Pentagon, "Kapal dalam perjalanan menuju Semenanjung Korea, karena kami pikir di situlah yang paling bijaksana untuk kapal saat ini."

Para pejabat Angkatan Laut AS berbicara dari Pearl Harbor dan Washington dan mengatakan kepada Defense News (off the record) bahwa mereka kaget melihat laporan kapal Vinson berlayar menuju Semenanjung Korea," Kami tidak ada pernyataan seperti itu."

Mattis juga mengatakan tidak ada sinyal permintaan khusus atau alasan mengapa kita mengirimnya ke sana, dan membuat orang menebak-nebak mengapa Mattis membuat komentar tersebut. Foto yang dirilis oleh Angkatan Laut AS pada hari Sabtu yang menunjukkan kapal di Selat Sunda, sulit untuk melihat apakah Mattis bisa jujur minggu lalu tentang gerakan kapal Vinson ini ke utara di Pasifik Barat.

Selat Sunda merupakan jalur air antara Malaysia dan Indonesia di dekat Samudera Hindia. Jarak terpendek antara Selat Sunda dan Semenanjung Korea akan transit melalui Laut Cina Selatan, tetapi masih akan menjadi perjalanan panjang. Para pejabat pertahanan mengatakan dibutuhkan antara empat sampai lima hari untuk kapal Vinson melakukan perjalanan.

Selain itu, media Korea Selatan mengatakan pekan lalu, tiga kapal induk AS yaitu USS Vinson, USS Nimitz dan USS Ronald Reagan diarahkan untuk berlayar ke Semenanjung Korea.

Laporan tersebut ternyata palsu, karena pejabat membantah kalau Nimitz dan Ronald Reagan telah bergabung dengan kapal Vinson, kata Defense News. Kapal Reagan tengah menjalani perawatan di sebuah pangkalan dekat Tokyo, dan Nimitz lagi mengambang di sekitar Selatan California, jauh dari Pyongyang. (marloft)


Baca Juga

 

Arena  -  Selasa, 26 September 2017
AIMAG 2017
Andika Salut Pada Beatrice Dan Aldila

Bisnisnews.id -Sukses Beatrice Gumulya dan Aldila Sutjiadi mengamankan medali emas dan perak Asian Indoor Martial Art Games (AIMAG) di Asghabat, Turkmenistan 2017.mendapat pujian. Chief de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Selasa, 26 September 2017
AIMAG 2017
Tundukkan Aldila, Beatrice Sumbang Emas Tenis

Bisnisnews.id - Beatrice Gumulya merebut medali emas setelah berhasil memenangkan "perang saudara" di partai final tunggal putri cabang olahraga tenis Asian Indoot Martial Art Games (AIMAG). Dalam pertandingan yang digelar di . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Selasa, 26 September 2017
OTOMOTIF
Haridarma Semakin Dekat Dengan Gelar Juara Nasional

Bisnisnews.id - Pembalap Haridarma Manoppo dari Toyota Team Indonesia (TTI) tampil podium pertama mengungguli Alvin Bahar dalam balapan Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) di Sirkuit Internasional Sentul, Minggu (24/9).Di . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Selasa, 26 September 2017
KEBHINEKAAN
Kirab Pemuda 2017 Resmi Mulai Diselenggarakan

Bisnisnews.id - Pengukuhan Peserta Inti Kirab Pemuda 2017 dilaksanakan oleh Menpora Imam Nahrawi beserta Staf Khusus, Pejabat Eselon 1 dan 2 di Wisma Menpora, Jakarta, (25/9/2017)Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui kegiatan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 26 September 2017
WISATA
Airlines Nasional Berkontribusi Datangkan Wisman ke Tanah Air

Bisnisnews.id - Kementerian Pariwisata Arif Yahyah akui maskapai penerbangan Indonesia berkontribusi datangkan  datangkan  5 juta wisatawan. Dikatakan, kinerja dunia penerbangan ditanah air yang telah berhasil meraih . . .
Selengkapnya