Rabu, 24 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Logistik / Berita

LOKAKARYA WARTAWAN
Kamis, 20 April 2017 09:36 WIB

Menhub Ingin Swasta Dominan di Sektor Logistik


Menhub bersama Pengurus Aptrindo,Gapasdap meninjau kapal ro-ro usai membuka Lokakarya

Bisnisnews.id-Pemerintah berharap peranan swasta lebih dominan masuk ke sektor transportasi,  untuk mempercepat  keterjangkauan (konektivitas) daerah-daerah di seluruh Indonesia.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan,  swasta sangat diperlukan dalam membuka akses transportasi dari  daerah-daerah terpencil

"Dana pemerintah terbatas. Kita butuh swasta, untuk bersama-sama pemerintah membangun infrastruktur," jelasnya, saat membuka acara Lokakarya Wartawan Perhubungan yang akan berlangsung di Lombok 20-22 April 2017.

Menhub juga menyampaikan seputar kegiatan logistik. Terlebih sekarang ini, pemerintah selain telah melaksanakan program tol laut juga membuka  rute penyeberangan kapal ro-ro dari Tanjug Priok ke Panjang.

Truk angkutan barang dari Jakarta atau seputar Jabodetabek tujuan Sumatera, tidak  perlu lagi menggunakan jalur darat tapi menggunakan kapal laut dari Tanjung Priok.

"Pengusaha truk harusnya lebih senang, karena tidak banyak biaya yang harus di keluarkan. Sopirnya juga bisa istirahat, dan tidak forsir tenaga," jelasnya.

Secara teknis, usia produksi sparpate kendaraan juga lebih panjang. Seperti ban atau roda, tidak cepat haus. "Hanya saja memang, sopir dan kernetnya tidak bisa lagi melambai-lambai ke warung pinggir jalan," kata Menbub Budi, yang disambut tawa peserta.

Hadir dalam acara itu, Ketua Assosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo),  Gemilang Tarigan dan jajaran pengurusnya, para pengurus Gapasdap, dan sejumlah pelaku usaha lainnya.

"Sekarang sudah ada kapal ro-ro, ini menjadi pendapatan bagus buat Pelindo II, mudah-mudahan untungnya tambah, kalau sekarang 2 triliun nanti jadi 4 triliun,"kata Menhub.

Pemerintah terus berupaya melakukan berbagai terobosan, terutama soal keterjangkauan daerah di penjuru Indonesia dengan moda transportasi darat, laut, dan udara serta terjaminnya sarana terkait. Seperti Pelabuhan Laut, Bandara, Stasiun KeretaApi, dan lain-lain sudah pasti menumbuhkan perekonomian yang baik.

"Konektivitas menciptakan kelancaran dan kemudahan perhubungan dan perdagangan nasional," kata Menhub Budi.

Kebutuhan logistik masyarakat di wilayah-wilayah Indonesia akan semakin terpenuhi, sehingga berefek pada penekanan perbedaan harga produk pada masing-masing wilayah. Pada akhirnya, efek dari konektivitas yang terjaga ini akan menstimulus pertumbuhan ekonomi.

Konektivitas transportasi akan memungkinkan wilayah di penjuru Indonesia dapat dijangkau. Arus orang dan logistik di wilayah-wilayah itu akan menegaskan kehadiran negara. Selain itu, kedaulatan Indonesia akan terjaga.

Konektivitas perhubungan memerlukan sokongan dana. APBN dirasa kurang mencukupi. Salah satu jalan adalah memberi peluang bagi swasta untuk bermitra dengan pemerintah guna mewujudkan konektivitas transportasi.

Kata Menhub Budi, Kemitraan ini dilakukan dengan tetap memberi porsi besar pada pengawasan oleh pemerintah sehingga menjamin pelayanan publik terpenuhi.

Konektivitas transportasi adalah hal yang dewasa ini mempengaruhi kehidupan dan aktivitas manusia. Ada banyak pihak yang terlibat (stakeholder) dalam penyelenggaraan konektivitas transportasi.

Dukungan dan akses dari swasta, kata menhub Budi, perlu diimplementasikan. Terutama soal konektivitas transportasi.

Ketua Aptrindo Gemilang Tarigan mengatakan, dalam hitungan bisnis untungnya belum terlihat. Namun program kapal ro-ro itu sekarang memang membantu dan strategis.

"Kami dukung, kami juga minta sooir harus naik kapal ro-ro supaya bisa istirahat," jelasnya. (Syam S)


Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
PILKADA
KPK dan Polri Akan Menangkap Pelaku Money Politic

Bisnisnews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Polri siap menangkap kandidat yang maju Pilkada menggunakan praktik politik uang untuk mendapatkan dukungan suara. "Kalau Ada kandidat menawarkan uang dalam pemilihan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
KORUPSI
Penyidik KPK Terus Mendalami Kasus Dugaan Korupsi di Dinas PU Papua

Bisnisnews.id - Kasus dugaan korupsi pejabat Dinas PU Papua pada proyek pembangunan jalan Kemiri-Depapre sepanjang 24 km yanng telah menyeret dua tersangka DM dan MK terus didalami Penyidik Komisi pembertasan Korupsi (KPK). Sebanyak . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Rabu, 24 Januari 2018
KEJAHATAN
Seorang Istri Menjual Suaminya Seharga Rp 500 Ribu

Bisnisnews.id - Peristiwa langka, wanita bernisisial VR, warga Jalan Tambak Wedi Baru, Surabaya Jawa Timur menjual suaminya kepada pria hidung belang senilai Rp 500 ribu dengan alasan ekonomi. Transaksi penjualan yang akhirnya . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
BILATERAL
Menko Polhukam Lakukan Pertemuan Dengan Menhan AS

Bisnisnews.id - Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis lakukan pertemuan khusus dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
HUBUNGAN INDUSTRIAL
Dirjen Hubud Sikapi Kemelut Manajemen Garuda Vs APG dan Sekarga,

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan para operator penerbangan agar menyelesaikan beragam masalah yang ada di internal perusahaan asal tidak berdampak negatif terhadap keselamatan, . . .
Selengkapnya