Rabu, 24 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / / Berita

SOSOK
Jumat, 21 April 2017 15:13 WIB

Apa Kata Wanita Ini Soal RA.Kartini



Bisnisnews.id- Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kusumaningtuti S.Soetiono mengatakan, Raden Ajeng (RA) Kartini merupakan sosok pahlawan wanita yang berhasil memperjuangkan emansipasi perempuan pada masa yang lampau.

Atas dasar itu, kini perempuan tanah air terinspirasi dari Kartini dengan mengikuti perkembangan. Baik dari sisi kemampuan maupun wawasan di tengah era globalisasi.

Terutama dalam menerapkan perencanaan keuangan yang berdampak bagi dirinya sendiri maupun lingkungan sekitarnya.

"Jadi ini suatu kesempatan yang luar biasa setiap tahun momentum hari lahir Ibu Kartini ini, " jelasnya.

Kata dia, perempuan masa kini seharusnya mampu mandiri dalam sektor keuangan. Dia mencontohkan salah satunya dari lingkup yang sederhana, harus pandai dalam mengatur keuangan baik bagi dirinya sendiri maupun
keluarganya.

"Ini merupakan modal kemampuan memiliki literasi yang tinggi itu modal," ungkapnya.

Dia menjelaskan, perencanaan keuangan tersebut harus mulai diterapkan oleh para perempuan dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin meningkat. Sehingga, diperlukan adanya kesadaran dari perempuan untuk berinvestasi maupun menempatkan uangnya di sektor perbankan.

"Menurut ahli perencana keuangan memang ada pedomannya seperti selalu menyisihkan 10%, untuk disisihkan diinvestasikan atau ditabung. Kalau memerlukan pinjaman jangan melebihi 30% dari jumlah pendapatan," jelasnya.

Disisi lain, sejauh ini jumlah perempuan yang berinvestasi pada pasar modal sendiri masih belum cukup signifikan. Padahal Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi investor banyak, didukung jumlah populasi penduduk yang besar. (Ari/*)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
PILKADA
KPK dan Polri Akan Menangkap Pelaku Money Politic

Bisnisnews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Polri siap menangkap kandidat yang maju Pilkada menggunakan praktik politik uang untuk mendapatkan dukungan suara. "Kalau Ada kandidat menawarkan uang dalam pemilihan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
KORUPSI
Penyidik KPK Terus Mendalami Kasus Dugaan Korupsi di Dinas PU Papua

Bisnisnews.id - Kasus dugaan korupsi pejabat Dinas PU Papua pada proyek pembangunan jalan Kemiri-Depapre sepanjang 24 km yanng telah menyeret dua tersangka DM dan MK terus didalami Penyidik Komisi pembertasan Korupsi (KPK). Sebanyak . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Rabu, 24 Januari 2018
KEJAHATAN
Seorang Istri Menjual Suaminya Seharga Rp 500 Ribu

Bisnisnews.id - Peristiwa langka, wanita bernisisial VR, warga Jalan Tambak Wedi Baru, Surabaya Jawa Timur menjual suaminya kepada pria hidung belang senilai Rp 500 ribu dengan alasan ekonomi. Transaksi penjualan yang akhirnya . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
BILATERAL
Menko Polhukam Lakukan Pertemuan Dengan Menhan AS

Bisnisnews.id - Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis lakukan pertemuan khusus dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
HUBUNGAN INDUSTRIAL
Dirjen Hubud Sikapi Kemelut Manajemen Garuda Vs APG dan Sekarga,

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan para operator penerbangan agar menyelesaikan beragam masalah yang ada di internal perusahaan asal tidak berdampak negatif terhadap keselamatan, . . .
Selengkapnya