SOSOK
Apa Kata Wanita Ini Soal RA.Kartini


Bisnisnews.id- Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kusumaningtuti S.Soetiono mengatakan, Raden Ajeng (RA) Kartini merupakan sosok pahlawan wanita yang berhasil memperjuangkan emansipasi perempuan pada masa yang lampau.

Atas dasar itu, kini perempuan tanah air terinspirasi dari Kartini dengan mengikuti perkembangan. Baik dari sisi kemampuan maupun wawasan di tengah era globalisasi.

Terutama dalam menerapkan perencanaan keuangan yang berdampak bagi dirinya sendiri maupun lingkungan sekitarnya.

"Jadi ini suatu kesempatan yang luar biasa setiap tahun momentum hari lahir Ibu Kartini ini, " jelasnya.

Kata dia, perempuan masa kini seharusnya mampu mandiri dalam sektor keuangan. Dia mencontohkan salah satunya dari lingkup yang sederhana, harus pandai dalam mengatur keuangan baik bagi dirinya sendiri maupun
keluarganya.

"Ini merupakan modal kemampuan memiliki literasi yang tinggi itu modal," ungkapnya.

Dia menjelaskan, perencanaan keuangan tersebut harus mulai diterapkan oleh para perempuan dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin meningkat. Sehingga, diperlukan adanya kesadaran dari perempuan untuk berinvestasi maupun menempatkan uangnya di sektor perbankan.

"Menurut ahli perencana keuangan memang ada pedomannya seperti selalu menyisihkan 10%, untuk disisihkan diinvestasikan atau ditabung. Kalau memerlukan pinjaman jangan melebihi 30% dari jumlah pendapatan," jelasnya.

Disisi lain, sejauh ini jumlah perempuan yang berinvestasi pada pasar modal sendiri masih belum cukup signifikan. Padahal Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi investor banyak, didukung jumlah populasi penduduk yang besar. (Ari/*)

 

0 COMMENTS

Leave a Comment

Masuk Dengan Sosial Media




Comments

Video +

Regulasi +