Selasa, 26 September 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / / Berita

SOSOK
Jumat, 21 April 2017 15:13 WIB

Apa Kata Wanita Ini Soal RA.Kartini



Bisnisnews.id- Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kusumaningtuti S.Soetiono mengatakan, Raden Ajeng (RA) Kartini merupakan sosok pahlawan wanita yang berhasil memperjuangkan emansipasi perempuan pada masa yang lampau.

Atas dasar itu, kini perempuan tanah air terinspirasi dari Kartini dengan mengikuti perkembangan. Baik dari sisi kemampuan maupun wawasan di tengah era globalisasi.

Terutama dalam menerapkan perencanaan keuangan yang berdampak bagi dirinya sendiri maupun lingkungan sekitarnya.

"Jadi ini suatu kesempatan yang luar biasa setiap tahun momentum hari lahir Ibu Kartini ini, " jelasnya.

Kata dia, perempuan masa kini seharusnya mampu mandiri dalam sektor keuangan. Dia mencontohkan salah satunya dari lingkup yang sederhana, harus pandai dalam mengatur keuangan baik bagi dirinya sendiri maupun
keluarganya.

"Ini merupakan modal kemampuan memiliki literasi yang tinggi itu modal," ungkapnya.

Dia menjelaskan, perencanaan keuangan tersebut harus mulai diterapkan oleh para perempuan dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin meningkat. Sehingga, diperlukan adanya kesadaran dari perempuan untuk berinvestasi maupun menempatkan uangnya di sektor perbankan.

"Menurut ahli perencana keuangan memang ada pedomannya seperti selalu menyisihkan 10%, untuk disisihkan diinvestasikan atau ditabung. Kalau memerlukan pinjaman jangan melebihi 30% dari jumlah pendapatan," jelasnya.

Disisi lain, sejauh ini jumlah perempuan yang berinvestasi pada pasar modal sendiri masih belum cukup signifikan. Padahal Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi investor banyak, didukung jumlah populasi penduduk yang besar. (Ari/*)

Baca Juga

 

Industri  -  Selasa, 26 September 2017
INDUSTRI PELAYARAN
Pemerintah Konsisten Menerapkan Asas Cabotage

Bisnisnews.id-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan, pemerintah konsisten melaksanakan asas cabotage sebagai upaya melindungi pelayaran nasional sesuai Inpres 5/205 tentang pemberdayaan industri pelayaran nasiona. "Kita . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Selasa, 26 September 2017
Hari Ini, Kirab Pemuda 2017 Menuju Miangas

Bisnisnews.id -Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi kukuhkan Kirab Pemuda 2017 yang digelar mulai 26 September sampai 6 Desember 2017, melintasi 34 provinsi . Menpora menjelaskan, kirab pemuda ini dilakukan dalam . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Selasa, 26 September 2017
SENTUL SERIES
Haridarma, Menuju Juara Nasional

Bisnisnews.id - Pembalap Haridarma Manoppo dari Toyota Team Indonesia (TTI) akhirnya tampil mengungguli Alvin Bahar dalam balapan Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) di Sirkuit Internasional Sentul. Di kelas Kejurnas . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 26 September 2017
TRAVEL BAN
Aneka Reaksi Negara Yang Dilarang Masuk AS

Bisnisnews.id - Presiden Donald Trump telah menandatangani perintah yang memberlakukan pembatasan perjalanan terbaru bagi warga dari beberapa negara, termasuk lima negara dari larangan sebelumnya. Pejabat pemerintah mengatakan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 26 September 2017
RETORIKA
Korut Tuduh AS Deklarasikan Perang

Bisnisnews.id - Menteri luar negeri Korea Utara menuduh Presiden AS Donald Trump pada Senin 25 September mendeklarasikan perang di negaranya dan memperingatkan bahwa Pyongyang akan mempertahankan diri dengan menembaki pembom AS. "Trump . . .
Selengkapnya