Kamis, 27 Juli 2017

Home/ Nasional / / Berita

Jumat, 21 April 2017 15:13 WIB

Apa Kata Wanita Ini Soal RA.Kartini



Bisnisnews.id- Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kusumaningtuti S.Soetiono mengatakan, Raden Ajeng (RA) Kartini merupakan sosok pahlawan wanita yang berhasil memperjuangkan emansipasi perempuan pada masa yang lampau.

Atas dasar itu, kini perempuan tanah air terinspirasi dari Kartini dengan mengikuti perkembangan. Baik dari sisi kemampuan maupun wawasan di tengah era globalisasi.

Terutama dalam menerapkan perencanaan keuangan yang berdampak bagi dirinya sendiri maupun lingkungan sekitarnya.

"Jadi ini suatu kesempatan yang luar biasa setiap tahun momentum hari lahir Ibu Kartini ini, " jelasnya.

Kata dia, perempuan masa kini seharusnya mampu mandiri dalam sektor keuangan. Dia mencontohkan salah satunya dari lingkup yang sederhana, harus pandai dalam mengatur keuangan baik bagi dirinya sendiri maupun
keluarganya.

"Ini merupakan modal kemampuan memiliki literasi yang tinggi itu modal," ungkapnya.

Dia menjelaskan, perencanaan keuangan tersebut harus mulai diterapkan oleh para perempuan dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin meningkat. Sehingga, diperlukan adanya kesadaran dari perempuan untuk berinvestasi maupun menempatkan uangnya di sektor perbankan.

"Menurut ahli perencana keuangan memang ada pedomannya seperti selalu menyisihkan 10%, untuk disisihkan diinvestasikan atau ditabung. Kalau memerlukan pinjaman jangan melebihi 30% dari jumlah pendapatan," jelasnya.

Disisi lain, sejauh ini jumlah perempuan yang berinvestasi pada pasar modal sendiri masih belum cukup signifikan. Padahal Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi investor banyak, didukung jumlah populasi penduduk yang besar. (Ari/*)

Baca Juga

 

Internasional  -  Kamis, 27 Juli 2017
PAKET ILLEGAL
Kaleng Kripik Kentang Berisi Ular Cobra Ditemukan Di AS

Tiga ular ular kobra hidup ditemukan di dalam kaleng kentang Bisnisnews.id - Seorang pria asal California ditangkap setelah dalam kaleng kripik kentang yang dikirim kepadanya ternyata berisi tiga ular kobra yang masih hidup. . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 27 Juli 2017
ASIAN GAMES 2018
Kajati DKI Tidak Akan Biarkan Seorang Pun Korupsi Renovasi Asian Games 2018

Kejati DKI Jakarta kembali meninjau proyek renovasi Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Bisnisnews.id - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta Tony Spontana bersama Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 27 Juli 2017
ASIAN GAMES 2018
KPK Akan Sambangi Inasgoc Untuk Cegah Gratifikasi

Ketua Umum Inasgoc Erick Thohir bersama wakilnya, Letjen TNI (Purnawirawan) Sjafrie Sjamsoeddin, menyambangi gedung KPK Bisnisnews.id - Bergulirnya dana triuliunan rupiah untuk penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia membuat . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 26 Juli 2017
SEA GAMES 2017
Karate Tidak Gentar Hadapi Persaingan Keras

Karateka Indonesia mendapat modal berharga dari Kejuaraan Asia sebelum berlaga di SEA Games 2017 Bisnisnews.id - Kondisi fisik para karate yang memperkuat Tim Karate Indonesia siap menghadapi persaingan keras pada SEA Games Kuala . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 26 Juli 2017
SEA GAMES 2017
Ski Air Dan Wakeboard Indonesia Intip Kekuatan Lawan

Tim Ski Air Dan Wakeboard Indonesia berangkat menuju Kuala Lumpur, Kamis Bisnisnews.id - Ternyata diam-diam Pengurus Pusat Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia (PP PSAWI) telah memantau Watersport Complex Patra Jaya yang . . .
Selengkapnya