Sabtu, 25 November 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / / Berita

SOSOK
Jumat, 21 April 2017 15:13 WIB

Apa Kata Wanita Ini Soal RA.Kartini



Bisnisnews.id- Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kusumaningtuti S.Soetiono mengatakan, Raden Ajeng (RA) Kartini merupakan sosok pahlawan wanita yang berhasil memperjuangkan emansipasi perempuan pada masa yang lampau.

Atas dasar itu, kini perempuan tanah air terinspirasi dari Kartini dengan mengikuti perkembangan. Baik dari sisi kemampuan maupun wawasan di tengah era globalisasi.

Terutama dalam menerapkan perencanaan keuangan yang berdampak bagi dirinya sendiri maupun lingkungan sekitarnya.

"Jadi ini suatu kesempatan yang luar biasa setiap tahun momentum hari lahir Ibu Kartini ini, " jelasnya.

Kata dia, perempuan masa kini seharusnya mampu mandiri dalam sektor keuangan. Dia mencontohkan salah satunya dari lingkup yang sederhana, harus pandai dalam mengatur keuangan baik bagi dirinya sendiri maupun
keluarganya.

"Ini merupakan modal kemampuan memiliki literasi yang tinggi itu modal," ungkapnya.

Dia menjelaskan, perencanaan keuangan tersebut harus mulai diterapkan oleh para perempuan dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin meningkat. Sehingga, diperlukan adanya kesadaran dari perempuan untuk berinvestasi maupun menempatkan uangnya di sektor perbankan.

"Menurut ahli perencana keuangan memang ada pedomannya seperti selalu menyisihkan 10%, untuk disisihkan diinvestasikan atau ditabung. Kalau memerlukan pinjaman jangan melebihi 30% dari jumlah pendapatan," jelasnya.

Disisi lain, sejauh ini jumlah perempuan yang berinvestasi pada pasar modal sendiri masih belum cukup signifikan. Padahal Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi investor banyak, didukung jumlah populasi penduduk yang besar. (Ari/*)

Baca Juga

 

Internasional  -  Sabtu, 25 November 2017
SAUDI VS IRAN
Putra Mahkota Saudi Juluki Pemimpin Iran 'Hitler Baru'

Bisnisnews.id - Pangeran mahkota Arab Saudi telah memanggil pemimpin tertinggi Iran sebagai Hitler Timur baru, di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara. Menyinggung kekuatan regional yang berkembang di Iran, Mohammed . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 25 November 2017
BREXIT
Uni Eropa Beri Inggris Waktu 10 Hari Selesaikan 3 Perkara

Bisnisnews.id - Presiden Uni Eropa Donald Tusk mengatakan pada hari Jumat 25 November bahwa kesepakatan Brexit pada bulan Desember mungkin saja terjadi tapi menjadi tantangan besar dan memberi Theresa May 10 hari untuk bertindak. Tusk . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 25 November 2017
KTT BRUSSELS
Musuhan Dengan Rusia, UE Pengaruhi Enam Negara Bekas Soviet

Bisnisnews.id - Uni Eropa berjanji untuk memperdalam hubungan dengan enam negara bekas Uni Soviet pada hari Jumat 25 November, sebagai upaya melawan pengaruh Rusia, namun memperingatkan mereka bahwa negara-negara tersebut tidak . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 25 November 2017
TERORIS
Serangan Masjid Di Sinai Mesir Bunuh 235 orang

Bisnisnews.id - Penyerang bersenjata pada hari Jumat 25 November membunuh setidaknya 235 jamaah dalam serangan bom dan senjata di sebuah masjid di provinsi Sinai Utara. Sebuah ledakan bom menghancurkan masjid Rawda kira-kira 40 . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Jumat, 24 November 2017
ZIMBABWE
Mnangagwa Dilantik Sebagai Presiden

Bisnisnews.id - Emmerson Mnangagwa dilantik sebagai presiden Zimbabwe setelah sebelumnya dipecat oleh pemimpin yang digulingkan Robert Mugabe. Emmerson Mnangagwa dilantik sebagai presiden Zimbabwe pada hari Jumat 24 November, . . .
Selengkapnya