Rabu, 26 Juli 2017

Home/ Industri / Perbankan / Berita

Jumat, 28 April 2017 08:12 WIB

Dollar AS Terus Melemahkan Rupiah



Bisnisnews.id-Hari ini,  pergerakan nilai tukar Rupiah diperkirakan berada pada kisaran level support 13.310 dan resisten 13.268. Belum ada tanda-tanda penguatan dan cenderung melemah.

Salah satu penyebabnya,  kuatnya  nilai tujar dollar AS terhadap mata uang lainnya. Diprediksi ini akan terus terjadi.

Analis Bina Artha Sekuritas Reza Priyambada menuturkan, masih positifnya pergerakan laju dollar AS  seiring dengan sentimen pengajuan proposal reformasi pajak dari Presiden Trump membuat laju Rupiah kembali mengalami pelemahan.

Selain itu, terbatasnya pergerakan EUR seiring dengan aksi tunggu pelaku pasar terhadap penyampaian pandangan ekonomi dan moneter Zona Eropa oleh ECB.

Bukan hanya itu,, penguatan Mexican Peso dan CAD seiring respon positif terhadap pernyataan Trump yang akan menegosiasikan ulang perjanjian dengan Kanada dan Meksiko, tidak cukup membantu laju Rupiah untuk kembali menguat.

Bahkan sentimen positif dari dalam negeri dari pernyataan BI bahwa pergerakan Rupiah sepanjang Q1-17 relatif stabil, maupun kesimpulan KSSK terkait kondusif dan stabilnya sistem keuangan Indonesia. Ditambah keyakinan Menko Perekonomian terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia Q1-17 sebesar 5,1 persen.

Pergerakan positif USD tampaknya sulit dilawan Rupiah sehingga cenderung membuka peluang pelemahan lanjutan. Sehingga, mayoritas pelaku pasar bersikap oportunis.

Terlebih dimana stabilnya kondisi ekonomi dalam negeri tidak turut berimbas pada pembalikan penguatan bagj Rupiah. Adapun tetap cermati berbagai sentimen yang ada, dan waspadai sentimen yang dapat merubah arah Rupiah.

" Diperkirakan Rupiah nantinya dapat bergerak pada kisaran support 13.342 dan resisten 13.270," jelasnya.(Adhitio)

  

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 26 Juli 2017
IKLIM INVESTASI
Bank Dunia Minta Pemerintah Kurangi Hak Istimewa BUMN 

Bisnisnews.id - Bank Dunia meminta Indonesia memperbaiki iklim investasinya untuk menarik lebih banyak investasi ke dalam pembangunan infrastruktur. Saran yang diberikan bagi pemerintah cukup banyak, salah satunya adalah mengurangi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Rabu, 26 Juli 2017
INDUSTRIAL
Regulator dan Pengguna Jasa Gelisah Hadapi Rencana Aksi Mogok SP JICT

Bisnisnews.id-Ancaman mogok massal para pekerja pelabuhan di Tanjung Priok yang diinisiasi Serikat Pekerja Jakarta International Countainer terminal (SP-JICT) membuat gundah para pelaku usaha dan pemerintah. Pasalnya, bila benar . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Rabu, 26 Juli 2017
NILAI TUKAR
Rupiah Makin Tersudut di Level 13. 322 dan Resisten 13.297

Bisnisnews.id-Nilai tukar Rupiah makin tersudut dengan terus menguatnya dolar AS. Prgerakan nilai tukar Rupiah diperkirakan berada pada level support 13.322 dan resisten 13.297. Walau terlihat masih lebih baik dari sebelumnya, . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 26 Juli 2017
ASIAN GAMES 2018
 Komisi X  DPR RI Tetap Minta INASGOC Transparan

Bisnisnews.id - Komisi X DPR-RI menyetujui usulan anggaran dana triwulan kedua sebesar Rp1,5 triliun yang diajukan panitia pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) untuk persiapan penyelenggaraan Asian Games Jakarta-Palembang 2018. "Ya, . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Rabu, 26 Juli 2017
KERJA SAMA
Indonesia Tuan Rumah Konferensi Menteri Pendidikan Se-Asia Tenggara

49th SEAMEO Council Conference membahas tujuh prioritas bidang pendidikan Bisnisnews.id – Kemendikbud Indonesia menjadi tuan rumah dalam Konferensi Tingkat Menteri Pendidikan Asia Tenggara ke-49 atau 49th SEAMEO Council . . .
Selengkapnya