Rabu, 23 Agustus 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Opini / / Berita

OPINI PUBLIK
Rabu, 03 Mei 2017 19:24 WIB

Direksi Baru Garuda, Blunder Bagi Manajemen  ....


Saat ini Kemenhub tengah mengevaluasi susunan Direksi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk karena dihapusnya posisi Direktur Operasional oleh pemegang saham dan menggantinya dengan Direktur Produksi.

Direktur AIAC, Arista Atmadjati:  "Garuda Indonesia menurut saya telah membuat dua langkah blunder. Yakni, pada saat RUPSL 12 April 2017 lalu telah mengganti direksi yang mayoritas bukan dari unsur airlines. Yang  mengherankan lagi ialah, dalam RUPS, pemegang saham mengangkat Direktur Kargo, padahal Garuda Indonesia tidak mempunyai pesawat pengangkut khusus kargo (freighter).

Baca Sebelumnya : Terus Merugi dan Tidak Pernah Kasih Deviden, Ada Apa Dengan-mu Garuda ......

Bisnisnews.id - Sebagai maskapai kelas dunia  yang telah masuk aliansi Sky Team, langganan  meraih penghargaan dari lembaga pemeringkat maskapai kelas dunia Skytrax, pemegang safety rangking 1 USA FAA, serta pemegang lisensi safety IOSA dengan audit 900 item, rasanya aneh bila tidak lagi memiliki direktur operasi. 

Maskapai yang telah mengantongi  EASA (Eropa Standard Safety) telah menggantikan posisi direktur operasi dengan direktur produksi, yang membawahi bidang perawatan dan operasional. Menurut Arista Atmajati itu adalah sesuatu yang aneh. 

"Penghapusan  Direktorat Teknik dan Operasi sungguh di luar dugaan. Mengingat, bisnis maskapai adalah sebuah bisnis mata rantai dengan tingkat keselamatan zero accident. Tingkat kelayakan udara harus  prima dan semua unit darat dan udara padat aturan," jelasnya . 

Kata Arista, bukanlah sesuatu yang mengherankan ketika direktur produksi yang bukan dipimpin Captain Senior berlisensi tinggi, telah  mendulang komentar miring para analis penerbangan Indonesia, mengingat maskapai  Garuda Indonesia telah dikenal oleh FAA, IOSA, dan EASA maka penggantiannya menjadi direktorat produksi akan mengganggu kinerja .

Patut dicermati bahwa tidak adanya Direktur Operasi dan Direktur Pemeliharaan Pesawat, artinya  Garuda Indonesia Tbk (GIAA) telah mengubah nomenklatur guna melakukan transformasi bisnis. 

Dalam perubahan nomenklatur tersebut, nantinya operasi kelaikan dan kesehatan pesawat menjadi tanggung jawab Chief Operations, Chief Pilots, Chief Engineering dan GMF di bawah koordinasi Direktur Produksi. Artinya, posisi kendali keamanan atau safety operation tidak lagi sejajar dengan direksi, tapi di bawah direksi.

Perubahan nomenklatur yang dilakukan Garuda ini telah dilaporkan ke Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan agar sesuai dengan CASR (Civil Aviation Safety Regulation).  

Masalahnya, orang yang ditunjuk wajib memenuhi persyaratan CASR yaitu pilot senior berlisensi ATPL (Air Transport Pilot Licence). Saat ini bola panas diterima atau tidaknya perubahan nomenklatur tersebut itu ada di Kemenhub.

"Bisa saja itu dilakukan karena ada penanggung jawab Operasi & Maintenance yang mematuhi CASR, sejauh Kemenhub menyetujui dan konsisten boleh berlaku untuk maskapai-maskapai lainnya."

Namun,  nampaknya polekmik tidak akan lama, karena kantor Kementerian BUMN santer akan segera mengembalikan organisasinya ke model yang lama dengan tetap mengakomodir Direktoran Operasi dan Teknik. Tapi tetap akan muncul masalah besar, yakni begitu tambunnya organisasi baru Garuda nantinya , dengan tetap adanya Direktorat Teknik, Operasi, Produksi dan Direktur Cargo," jelasnya.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan perombakan jajaran direksi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) dan mengangkat tujuh orang direktur yang baru. Tujuh orang tersebut adalah Pahala Nugraha Mansury yang diangkat sebagai Direktur Utama, Helmi Imam Satriyono sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko, Nicodemus P Lampe sebagai Direktur Layanan, Puji Nur Handayani sebagai Direktur Produksi, Nina Sulistyowati sebagai Direktur Marketing dan Teknologi Informasi, Linggarsari Soeharso sebagai Direktur SDM dan Umum, dan Sigit Muhartono sebagai Direktur Kargo.

Menyoroti Direktur Cargo, Arista berpendapat, "Yang super aneh 'kan Garuda tidak mempunyai pesawat pengangkut khusus kargo, namun organisasinya malah justru dinaikkan menjadi sebuah direktorat dengan satu direktur dan beberapa Vice  President, Senior Manager."

Ini akan  semakin membuat lini organisasi kantor pusat dan area semakin tidak efisien alias pemborosan biaya organisasi. Di area manajemen kantor cabang juga terlalu banyak level pejabat setara Senior Manager. Sebagai contoh, di area ada dua senior manager untuk pekerjaan sebagai quality assurance.  

CEO Garuda Indonesia, Pahala Mansury baru-baru ini telah merilis laporan keuangan selama triwulan 1 dan mencatat kerugian 99,1 juta dollar AS hanya dalam waktu 3 bulan. Tidaklah mengherankan bila Menteri  BUMN mencatat Garuda Indonesia adalah satu dari 25 BUMN yang pada triwulan 1/ 2017 menyumbang total kerugian 25 triliun. (Syam S)


Baca Juga

 

Industri  -  Selasa, 22 Agustus 2017
WONDERFUL INDONESIA
AP I : Biaya Pendaratan Gratis, Labuan Bajo Siap Diakuisisi

Bisnisnews.id - Operator bandara PT Angkasa Pura (AP) I telah mengeluarkan kebijakan baru, biaya pendaratan gratis untuk maskapai yang membuka atau menambahkan rute baru ke wilayah Jawa Timur. Selain itu, AP I berencana mengakuisisi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 22 Agustus 2017
TAKSI ONLINE
Diputuskan Ilegal, MA Batalkan Peraturan Kenaikan Tarif

Bisnisnews.id - Mahkamah Agung telah memutuskan bahwa tarif yang diberlakukan oleh pemerintah bulan lalu atas layanan taksi online dinilai menghambat kompetisi. Kementerian Perhubungan memperkenalkan tarif minimum dan maksimum . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 22 Agustus 2017
KECELAKAAN KAPAL
Jenazah Marinir AS Ditemukan 

Bisnisnews.id - Jenazah telah ditemukan dalam pencarian 10 pelaut AS yang hilang setelah kapal mereka bertabrakan dengan sebuah kapal tanker di dekat Singapura, kata angkatan laut AS. Penemuan itu terjadi ketika para penyelam . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 22 Agustus 2017
AUSTRALIA
Rencana Pemboman Etihad Dengan Boneka Barbie Terbongkar

Bisnisnews.id - Menteri dalam negeri Libanon mengklaim teroris mencoba meledakkan penerbangan dari Australia dengan bom tersembunyi di boneka Barbie dan penggiling daging. Dia mengatakan Amer Khayyat berencana untuk meledakkan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 22 Agustus 2017
INAPORTNET
Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Terapkan Sistem Layanan Online

Bisnisnews.id-Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jawa Tengah, hari ini (Selasa 22/8/2017) menerapkan sistem layanan kapal secara online melalui jaringan Inaportnet, yang sebelumnya juga telah dilakukan di  Pelabuhan Makassar, . . .
Selengkapnya