INDUSTRI PERIKANAN
Swasta Bersama Pemerintah  Dapat Kembangkan Pelabuhan Tual

Ikan tuna hasil tangkapan nelayan Tual

Bisnisnews.id-Menteri Perbubungan Budi Karya Sumadi mengajak para pelaku usaha yang tertarik dibisnis pelabuhan untuk menginvestasikannya ke Pelabuhan tual dan dikelola berasama dengan pemerintah.

Tual di Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku selama ini dikenal sebagai penghasil ikan tuna. Tangkapan ikan-ikan itu berlimpah, dan perlu dikelola secara masal. Sebagian diekspor ke berbagai negara.

Ajakan kepada kalangan swasta itu disampaikan Menhub Budi dalam kunjungannya ke sejumlah oelabuhan di kawasan Timur Indonesia. Dia melihat Tual memiliki potensi besar untuk dikembangkan termasuk industri perikanan.

Kata Menhub kerjasama swasta dan pemerintah sangat baik. Dengan adanya keterlibatan swasta maka pembangunan dan pengembangan pelabuhan akan lebih bisa maksimal tanpa bertumpu pada APBN.

"Saya sedang memikirkan ada kerjasama pemerintah dengan swasta masuk disini (Pelabuhan Tual), kalau swasta itu punya dana yang lebih banyak, punya fleksibilitas, dan kita memberikan kesempatan swasta untuk ikut membangun negara kita, kalau APBN kan uangnya tidak banyak, tapi nanti kalau swasta, bisa kombinasi dengan sini (Pemda) membangun sini," jelas Menhub. (Adhitio)

 

0 COMMENTS

Leave a Comment

Masuk Dengan Sosial Media




Comments

Video +

Regulasi +