Selasa, 19 September 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Gaya Hidup / Wisata / Berita

PARIWISATA
Sabtu, 13 Mei 2017 00:29 WIB

Pesona Pulau Macan Juarai Kilau Indonesia Photo Contest


Kilau Indonesia Photo Contest (KIPC) 2017 yang digelar Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar) dalam acara Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara, 11 Mei - 14 Mei 2017 di JCC Senayan Jakarta. (photo: BN)

Bisnisnews.id - Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS Airport Services) dukung Kilau Indonesia Photo Contest (KIPC) 2017 yang digelar Forum Wartawan Pariwisata (Forwapar). Sebanyak 50 foto dari 757 yang masuk di seluruh Indonesia, dipamerkan dalam acara Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara yang berlangsung 11 Mei - 14 Mei 2017 di JCC Senayan Jakarta.

Rekaman kamera dari beragam objek wisata di Indonesia yang berhasil dijepret para juru foto itu, memberikan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung pameran yang dibuka Wakil Presiden Jusuf Kalla, Jumat (12/5/2017). 

Event ini kata Adji Gunawan, CEO JAS Airport Services, memiliki nilai strategis dalam mendorong industri wisata nasional. "Ini kita sudah mulai dan terus akan kita dukung."

Hasil jepretan para  juru foto tersebut diharapkan bukan saja  mampu menarik wisatawan nusantara (Wisnu) untuk berkunjung ke 10 destinasi wisata (selain Bali) di seluruh penjuru Indonesia, tapi juga wisatawan manca negara (Wisman). Ajang ini sejalan dengan program Kementerian Pariwisata dalam menarik 15 juta  Wisatawan Manca Negara (Wisman) di 2017.

Ketua Forwapar, Fatkhurrohim , mengatakan lomba semacam ini akan terus dilakukan secara periodik dan menjadi agenda rutin untuk mendukung industri wisata nasional. "Ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk mendorong industri wisata nasional," jelasnya. 

Diakui, dari seluruh jumlah foto yang masuk, hanya ada dua destinasi yang tidak terekam dalam jepretan kamera para peserta. Yakni, foto-foto dengan latar belakang Morotai dan Wakatobi.

"Tercatat karya yang lolos dan memenuhi persyaratan dan ketentuan pada tahap awal yakni sebanyak 89 karya foto. Para nominator ionilah yang kami pamerkan  di ajang Gebyar Budaya ini," jelasnya.

Hasil penilaian tim juri, dari seluruh foto yang masuk keluar sebagai pemenang ialah foto hasil rekaman kamera  Sofyan Efendi dengan judul "Pesona Pulau Macan" sebagai juara I, Ares Jonekson Saragi "Damai di Danau Toba" sebagai juara II, dan Muhammad Aziz Rifai dengan judul foto "Indahnya Tanah Airku"  sebagai juara III.

Juri KIPC 2017, Dodi Sandaradi mengatakan, secara umum karya foto yang masuk dalam KIPC 2017 sangat bervariasi namun untuk juara 1 memiliki berbagai kelebihan dari mulai obyek fotografi dan teknik yang sangat menarik.

"Pemenang pertama ini sesuai dengan tema mengenai objek  yang harus dimunculkan lagi selain Bali, yakni Pulau Seribu memang sebagian orang sudah mengenal tetapi masih banyak spot-spot baru dan belum dikenal orang. Foto ini mempromosikan objek-objek wisata yang ada di Pulau Seribu," jelasnya. 

Sepuluh destinasti  pariwisata yang menjadi prioritas pemerintah ini adalah Danau Toba (Sumut), Belitung (Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Candi Borobudur (Jateng), Gunung Bromo (Jatim), Mandalika Lombok (NTB), Pulau Komodo (NTT), Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku Utara). (Syam.S)


Baca Juga

 

Internasional  -  Selasa, 19 September 2017
SIDANG PBB 72
Buka Sidang, Sekjen PBB Angkat Isu Korut Dan Myanmar

Bisnisnews.id - Kecemasan global tentang perang nuklir berada pada tingkat tertinggi dalam beberapa dekade, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan pada hari Selasa 19 September saat ia membuka pertemuan para pemimpin . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 19 September 2017
PERANG RUDAL
Jepang Sebar Pencegat Rudal Di Jalur Peluncuran Korut

Bisnisnews.id - Jepang pada hari Selasa 19 September memindahkan sistem pertahanan rudal di pulau utara Hokkaido ke sebuah pangkalan dekat rute peluncuran rudal Korea Utara terakhir. Menteri Pertahanan Itsunori Onodera mengatakan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 19 September 2017
INVESTASI ASING
Uni Eropa Peringatkan China : Ekonomi Terbuka Atau Tanggung Resiko

Bisnisnews.id - Kelompok bisnis mendesak China pada hari Selasa 19 September untuk melaksanakan janji-janji keterbukaan ekonominya dan memperingatkan bahwa pergerakan lamban dapat memicu reaksi balik terhadap perdagangan bebas . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 19 September 2017
KRISIS ROHINGYA
Penyelidik PBB Tuntut Akses Penuh Tanpa Batas ke Myanmar

Bisnisnews.id - Penyelidik HAM PBB pada hari Selasa 19 September mengatakan bahwa mereka membutuhkan akses penuh dan tak terbatas ke Myanmar untuk menyelidiki krisis yang sedang berlangsung, namun pemerintah menolak penyelidikan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 19 September 2017
KRISIS ROHINGYA
Akhirnya Angkat Bicara, Suu Kyi Tolak Kritik Dunia

Bisnisnews.id - Aung San Suu Kyi mengatakan pada hari Selasa 19 September bahwa dia tidak takut pada pengawasan dunia atas krisis Rohingya, berjanji untuk menahan pelanggar HAM dan memukimkan kembali beberapa dari 410 ribu Muslim . . .
Selengkapnya