Jumat, 22 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Agrobisnis / Berita

Rabu, 10 Agustus 2016 23:36 WIB

Menhub Nilai Moda Transportasi Kereta Api Paling Efisien



Bisnisnews.id-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kereta api merupakan moda transportasi yang paling efisien. Ia mencontohkan commuterline saat ini yang jumlah total penumpang pertahunnya mencapai lebih dari 280 juta penumpang dan akan ditingkatkan lagi menjadi 420 juta penumpang per tahunnya.

" Moda kereta api paling efisien dan ekonomis. Ini program yang baik yang dilakukan pak Jonan. Kita harus mengawal lebih baik lagi kedepannya. Saat ini penumpang perhari nya mencapai sekitar 800 ribu. Akan terus dinaikan menjadi 1,2 juta penumpang perharinya," kata j Menhub saat blusukan ke Stasiun Manggatai Rabu (10/8) bersama Dirjen Perkeretaapian Prasetyo.

Untuk mencapai target jumlah penumpang commuterline tersebut, Menhub mengatakan akan dilakukan beberapa langkah, diantaranya yaitu menghilangkan perlintasan sebidang. Saat ini ada sekitar 800 perlintasan sebidang yang ada di Jakarta. Langkah lainnya yaitu mengembangkan stasiun-stasiun. Misalnya, mengembangkan stasiun Manggarai menjadi dua lantai untuk menambah kapasitas penumpang. 

" lni pekerjaan yang tidak mudah. Karena pengerjaannya dilakukan bersamaan dengan operasional. Jadi pekerjaannya tidak boleh mengganngu operasional commuterline sama sekali. Diharapkan penutupan perlintasan sebidang dan pembangunan stasiun Manggarai menjadi dua lantai akan selesai pada tahun 2019," kata Menhub.

Saat ini, kata Menhub,  porsi moda kereta api baru sekitar 10 persen dbanding moda transportasi lainnya. " Kedepan kereta api akan ditingkatkan porsinya menjadi 25 persen. Kita harus berfikir cepat untuk mencapai upaya itu,: ujarnya.

Saat perjalanan dari stasiun Juanda ke stasiun Manggarai, di dalam kereta Menhub Budi Karya sempat berbincang dengan para penumpang commuterline. Salah satunya dari seorang ibu yang merupakan penumpang commuterline. Ibu tersebut mengatakan, merasa nyaman menaiki commuterline.

Baca Juga

 

Arena  -  Jumat, 22 Juni 2018
BOLA
Messi Terancam Angkat Koper dari Russia

Bisnisnews.id - Argentina terancam angkat koper dari Piala Dunia 2018. Hal tersebut menyusul kekalahan pahit saat menghadapi Kroasia dengan skor besar 0-3 pada lanjutan pertandingan Grup D di Stadion Nizhny Novgorod, Jumat (22/6/2018).   Berstatus . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
ASIAN GAMES 2018
Menpora Kembali Ingatkan Target 10 Besar

Bisnisnews.id – Hari pertama masuk kerja usai cuti bersama Idul Fitri seluruh pejabat, staf Kemenpora menggelar Halal Bihalal 1439 H tahun 2018 dengan Menpora Imam Nahrawi, Ketua Inasgoc Erick Thohir, Ketua Inapgoc Raja . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
BOLA
Gede Siapkan Layar Lebar pada Laga Persija vs Persebaya

Bisnisnews.id – Menyambut pertandingan Persjia Jakarta kontra Persebaya Surabaya yang akan tersaji pada 26 Juni 2018. Gede Widiade berjanji akan menyiapkan layar lebar di beberapa wilayah agar para supoerter The Jakmania . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
ABK KM Sinar Bangun dan Patugas Dishub Tigaras Diperiksa Polisi

Bisnisnews.id - Tiga petugas Dinas Perhubungan di Pelabuhan Tigaras dan empat  anak buah kapal (ABK)  diperiksa pihak Kepolisian terkait tenggelamnya KM Sinar Bangun di kawasan Danau Toba yang diduga membawa ratusan  . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
PIALA DUNIA
Jagoan Sayap Kiri Denmark Sewa Jet Pribadi Untuk Melihat Istrinya Melahirkan

Bisnisnews.id  -  Jagoan sayap kiri Denmark, Jonas Knudsen harus absen beberapa jam karena istri tercintanya Trine melahirkan. Ini adalah kelahiran yang ditunggu-tunggu saat  para bintang lapangan hijau  berlaga. . . .
Selengkapnya