Sabtu, 18 November 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Agrobisnis / Berita

Rabu, 10 Agustus 2016 23:36 WIB

Menhub Nilai Moda Transportasi Kereta Api Paling Efisien



Bisnisnews.id-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kereta api merupakan moda transportasi yang paling efisien. Ia mencontohkan commuterline saat ini yang jumlah total penumpang pertahunnya mencapai lebih dari 280 juta penumpang dan akan ditingkatkan lagi menjadi 420 juta penumpang per tahunnya.

" Moda kereta api paling efisien dan ekonomis. Ini program yang baik yang dilakukan pak Jonan. Kita harus mengawal lebih baik lagi kedepannya. Saat ini penumpang perhari nya mencapai sekitar 800 ribu. Akan terus dinaikan menjadi 1,2 juta penumpang perharinya," kata j Menhub saat blusukan ke Stasiun Manggatai Rabu (10/8) bersama Dirjen Perkeretaapian Prasetyo.

Untuk mencapai target jumlah penumpang commuterline tersebut, Menhub mengatakan akan dilakukan beberapa langkah, diantaranya yaitu menghilangkan perlintasan sebidang. Saat ini ada sekitar 800 perlintasan sebidang yang ada di Jakarta. Langkah lainnya yaitu mengembangkan stasiun-stasiun. Misalnya, mengembangkan stasiun Manggarai menjadi dua lantai untuk menambah kapasitas penumpang. 

" lni pekerjaan yang tidak mudah. Karena pengerjaannya dilakukan bersamaan dengan operasional. Jadi pekerjaannya tidak boleh mengganngu operasional commuterline sama sekali. Diharapkan penutupan perlintasan sebidang dan pembangunan stasiun Manggarai menjadi dua lantai akan selesai pada tahun 2019," kata Menhub.

Saat ini, kata Menhub,  porsi moda kereta api baru sekitar 10 persen dbanding moda transportasi lainnya. " Kedepan kereta api akan ditingkatkan porsinya menjadi 25 persen. Kita harus berfikir cepat untuk mencapai upaya itu,: ujarnya.

Saat perjalanan dari stasiun Juanda ke stasiun Manggarai, di dalam kereta Menhub Budi Karya sempat berbincang dengan para penumpang commuterline. Salah satunya dari seorang ibu yang merupakan penumpang commuterline. Ibu tersebut mengatakan, merasa nyaman menaiki commuterline.

Baca Juga

 

Arena  -  Sabtu, 18 November 2017
DOPING
WADA Tetap Suspensi Rusia

Bisnisnews.id - Badan Anti-Doping Dunia tetap suspensi sementara Rusia pada hari Kamis (16/11/2017), meningkatkan kemungkinan larangan untuk ikut pada Olimpiade Musim Dingin Februari di Pyeongchang. Pertemuan Dewan WADA di Seoul . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 18 November 2017
LIBANON
Tuduh Saudi Tahan PM, Hariri Lakukan Perjalanan Ke Prancis

Bisnisnews.id - Perdana Menteri Libanon Saad Hariri akan berkunjung ke Prancis dalam beberapa hari mendatang, sebuah sumber kepresidenan Prancis mengatakan pada hari Rabu (15/11/2017), setelah Beirut menuduh Arab Saudi menahannya . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 17 November 2017
INFRASTRUKTUR
KEMENKEU: Tiga Sumber Pendanaan Pembangunan

Bisnisnews.id -  Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menegaskan sumber pembiayaan infrastruktur nasional bukan melulu bertumpu pada APBN namun juga dari BUMN dan swasta.  Diperlukan inovasi pembiayaan agar publik bisa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Jumat, 17 November 2017
POLITIK
Inggris Dukung Papua Tetap Bagian NKRI

Bisnisnews.id - Pemerintah Inggris mendukung wilayah Papua dan Papua Barat tetap berada dalam kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Duta besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik, di Sorong, Kamis, mengatakan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Jumat, 17 November 2017
KUDETA
Sang Istri Grace, Pemicu Jatuhnya Robert Mugabe

Bisnisnews.id - Presiden tertua di dunia, Robert Mugabe akhirnya turun tahta juga setelah militer mengambil alih kekuasaan secara paksa dan langsung mengendalikan pemeritahan Zinbabwe. Sedangkan Mugabe dan keluarganya dijamin . . .
Selengkapnya