Jumat, 28 Juli 2017

Home/ Industri / Agrobisnis / Berita

Rabu, 10 Agustus 2016 23:36 WIB

Menhub Nilai Moda Transportasi Kereta Api Paling Efisien



Bisnisnews.id-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kereta api merupakan moda transportasi yang paling efisien. Ia mencontohkan commuterline saat ini yang jumlah total penumpang pertahunnya mencapai lebih dari 280 juta penumpang dan akan ditingkatkan lagi menjadi 420 juta penumpang per tahunnya.

" Moda kereta api paling efisien dan ekonomis. Ini program yang baik yang dilakukan pak Jonan. Kita harus mengawal lebih baik lagi kedepannya. Saat ini penumpang perhari nya mencapai sekitar 800 ribu. Akan terus dinaikan menjadi 1,2 juta penumpang perharinya," kata j Menhub saat blusukan ke Stasiun Manggatai Rabu (10/8) bersama Dirjen Perkeretaapian Prasetyo.

Untuk mencapai target jumlah penumpang commuterline tersebut, Menhub mengatakan akan dilakukan beberapa langkah, diantaranya yaitu menghilangkan perlintasan sebidang. Saat ini ada sekitar 800 perlintasan sebidang yang ada di Jakarta. Langkah lainnya yaitu mengembangkan stasiun-stasiun. Misalnya, mengembangkan stasiun Manggarai menjadi dua lantai untuk menambah kapasitas penumpang. 

" lni pekerjaan yang tidak mudah. Karena pengerjaannya dilakukan bersamaan dengan operasional. Jadi pekerjaannya tidak boleh mengganngu operasional commuterline sama sekali. Diharapkan penutupan perlintasan sebidang dan pembangunan stasiun Manggarai menjadi dua lantai akan selesai pada tahun 2019," kata Menhub.

Saat ini, kata Menhub,  porsi moda kereta api baru sekitar 10 persen dbanding moda transportasi lainnya. " Kedepan kereta api akan ditingkatkan porsinya menjadi 25 persen. Kita harus berfikir cepat untuk mencapai upaya itu,: ujarnya.

Saat perjalanan dari stasiun Juanda ke stasiun Manggarai, di dalam kereta Menhub Budi Karya sempat berbincang dengan para penumpang commuterline. Salah satunya dari seorang ibu yang merupakan penumpang commuterline. Ibu tersebut mengatakan, merasa nyaman menaiki commuterline.

Baca Juga

 

Industri  -  Jumat, 28 Juli 2017
LAPORAN KEUANGAN
Kinerja Dua Maskapai Alami Penurunan

Bisnisnews.id - Maskapai penerbangan Singapore Airlines (SIA) melaporkan penurunan laba bersih 8,6 persen untuk kuartal pertama tahun buku 2017-18 dibandingkan tahun lalu, katanya dalam rilis berita pada hari Kamis (27/7/2017). . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Kamis, 27 Juli 2017
KIM JONG NAM
Dua Tersangka Akan Mengaku Tidak Bersalah

Bisnisnews.id - Dua wanita yang dituduh meracuni saudara pemimpin Korea Utara di bandara akan mengaku tidak bersalah saat berada di pengadilan Malaysia pada hari Jumat 28 Juli, kata pengacara mereka. Warga Indonesia, Siti Aisyah . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Kamis, 27 Juli 2017
HUB INTERNASIONAL
Lomba Hub Global, Bandara Singapura dan Hong Kong Terancam

Bisnisnews.id - Selama beberapa dekade, Singapura dan Hong Kong telah menjadi titik transit utama yang menghubungkan wisatawan Asia ke dan dari seluruh dunia. Tapi sekarang, banyaknya bandara hub internasional di Asia yang melakukan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Kamis, 27 Juli 2017
E COMMERCE
Amazon Masuki Asia Tenggara, Dimulai Dari Singapura

Bisnisnews.id - Amazon meluncurkan layanan pengiriman ekspres di Singapura pada hari Kamis 27 Juli, raksasa ritel online AS pertama ke Asia Tenggara dan menempatkannya dalam persaingan langsung dengan Alibaba China. Aplikasi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Kamis, 27 Juli 2017
STRATEGI MASKAPAI
Miliki 12 Anak Perusahaan, AirAsia Akan Konsolidasi Jadi One AirAsia

Bisnisnews.id - CEO AirAsia, Tony Fernandes telah mengatakan bahwa dia ingin mengintegrasikan semua operasi maskapai tersebut ke dalam satu entitas penerbangan tunggal. "Saya mencoba menyatukan AirAsia menjadi satu maskapai menjadi . . .
Selengkapnya