Senin, 25 September 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Agrobisnis / Berita

Rabu, 10 Agustus 2016 23:36 WIB

Menhub Nilai Moda Transportasi Kereta Api Paling Efisien



Bisnisnews.id-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kereta api merupakan moda transportasi yang paling efisien. Ia mencontohkan commuterline saat ini yang jumlah total penumpang pertahunnya mencapai lebih dari 280 juta penumpang dan akan ditingkatkan lagi menjadi 420 juta penumpang per tahunnya.

" Moda kereta api paling efisien dan ekonomis. Ini program yang baik yang dilakukan pak Jonan. Kita harus mengawal lebih baik lagi kedepannya. Saat ini penumpang perhari nya mencapai sekitar 800 ribu. Akan terus dinaikan menjadi 1,2 juta penumpang perharinya," kata j Menhub saat blusukan ke Stasiun Manggatai Rabu (10/8) bersama Dirjen Perkeretaapian Prasetyo.

Untuk mencapai target jumlah penumpang commuterline tersebut, Menhub mengatakan akan dilakukan beberapa langkah, diantaranya yaitu menghilangkan perlintasan sebidang. Saat ini ada sekitar 800 perlintasan sebidang yang ada di Jakarta. Langkah lainnya yaitu mengembangkan stasiun-stasiun. Misalnya, mengembangkan stasiun Manggarai menjadi dua lantai untuk menambah kapasitas penumpang. 

" lni pekerjaan yang tidak mudah. Karena pengerjaannya dilakukan bersamaan dengan operasional. Jadi pekerjaannya tidak boleh mengganngu operasional commuterline sama sekali. Diharapkan penutupan perlintasan sebidang dan pembangunan stasiun Manggarai menjadi dua lantai akan selesai pada tahun 2019," kata Menhub.

Saat ini, kata Menhub,  porsi moda kereta api baru sekitar 10 persen dbanding moda transportasi lainnya. " Kedepan kereta api akan ditingkatkan porsinya menjadi 25 persen. Kita harus berfikir cepat untuk mencapai upaya itu,: ujarnya.

Saat perjalanan dari stasiun Juanda ke stasiun Manggarai, di dalam kereta Menhub Budi Karya sempat berbincang dengan para penumpang commuterline. Salah satunya dari seorang ibu yang merupakan penumpang commuterline. Ibu tersebut mengatakan, merasa nyaman menaiki commuterline.

Baca Juga

 

Internasional  -  Senin, 25 September 2017
TRAGEDI KEMANUSIAAN
Memberi Makan Ribuan Pengungsi,  Bangladesh Berharap Bantuan Internasional

Bisnisnews.id-Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, Filippo Grandi mengatakan, saat ini Bangladesh sangat membutuhkan bantuan internasional, untuk memberi makan dan melindungi 436.000 orang Rohingya yang telah meninggalkan Myanmar . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Minggu, 24 September 2017
AIRNAV INDONESIA
Gunung Agung Status AWAS, Sejumlah Penerbangan ke Bali Akan Dialihkan 

Bisnisnews.id-Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Airnav Indonesia) akan mengalihkan sejumlah rute penerbangan tujuan bandara I Gusti Ngurahrai Bali ke sejumlah bandara, menyusul ancaman letusan . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Minggu, 24 September 2017
Nobar Pertandingan  KPK Vs DPR,  Makin Tegang ....

Oleh: Baba Makmun Penulis adalah wartawan senior, tinggal di kawasan Pejaten Timur Jaksel. Bisnisnews.id-Ibarat tengah nonton bareng (nobar) pertandingan sepakbola, 'duel' Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) lawan Komisi Pemberantasan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Minggu, 24 September 2017
SATWA LANGKA
Tiongkok  Pinjamkan  Giant Panda ke  Indonesia Untuk Dikembangbiakan

Bisnisnews.id-Tiongkok pinjamkan sepasang satwa Giant Panda kepada pemerintah Indonesia untuk dikembangbiakan di Taman Safari Indonesia. Giant Panda merupakan salah satu satwa kategori Appendix I CITES yang merupakan satwa endemik . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 24 September 2017
TES RUDAL
AS Tuduh Iran Dan Korut Kerjasama Kembangkan Nuklir

Bisnisnews.id - Presiden Trump menuduh Iran berkolaborasi dengan Korea Utara untuk memperkuat teknologi rudal mereka dalam tweet-nya pada Sabtu 23 Agustus, mengkritik kesepakatan nuklir 2015 antara AS, Iran dan lima negara kuat . . .
Selengkapnya