Kamis, 27 Juli 2017

Home/ Metropolitan / Jabodetabek / Berita

Sabtu, 13 Mei 2017 14:03 WIB

Integrasi Stasiun Sudirman Harus Dibahas Ulang



Bisnisnews.id - Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Elly Adriani Sinaga menegaskan, rencana pembangunan pengoperasian stasiun Sudirman belum terintegrasi dengan moda MRT,  BRT,  dan KRL.

"Perencanaan pembangunan Stasiun Sudirman Baru belum terintegrasi dengan moda lainnya terutama dengan MRT, BRT maupun KRL," jelas Elly Sinaga

Dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/5/2017),Elly mengatakan telah melakukan peninjauan ke lokasi bersama Direktur Sarana Ditjen Perkeretaapian Risal Wasal, terkait rencana pengoperasian Kereta (KA) Bandara rute Stasiun Manggarai-Bandara Soekarno Hatta via Stasiun Sudirman Baru.

Kesimoulan BPTJ mengacu pada rencana penanganan pergerakan orang maupun kendaraan antar moda dimaksud belum bersinergi. Dia  mencontohkan pengelola MRT merencanakan zona pejalan kaki di Jl. Kendal sedangkan di wilayah tersebut PT Railink merencanakan jalur untuk kendaraan keluar masuk Stasiun Sudirman Baru.

Hal yang sama ditemukan juga pada sarana KCJ, dimana jaringan selasar pejalan kaki keluar Stasiun Sudirman tidak tersambung dengan Stasiun Sudirman Baru.

"Ini akan menyulitkan calon penumpang KA Bandara untuk berpindah dari moda KRL," kata Elly Sinaga.

Sementara itu, dari tinjauan yang dilakukan, ditemukan bahwa jarak Stasiun Sudirman Baru dengan Stasiun Karet, sangat dekat, nyaris bersatu serta terdapat perbedaan kondisi yang menyolok antara Stasiun Sudirman Baru dengan Stasiun Karet.

"Kami juga melihat bahwa progress pembangunan stasiun Sudirman Baru serta jalur KA dikhawatirkan tidak memenuhi target pengoperasian yang telah ditetapkan Presiden," tuturnya.

Elly Sinaga, menyarankan agar dilakukan pertemuan, duduk bersama antar stakeholder dalam perencanaan integrasi antar moda, pengaturan jaringan lalu lintas, dan jaringan pejalan kaki di sekitar stasiun (wilayah Dukuh Atas). Menjelang terbangunnya fasilitas integrasi antara moda di wilayah Dukuh Atas, dimana saat ini basic design sedang dikerjakan PT. MRT.

"Demi kemudahan perpindahan orang dari dan ke Stasiun Sudirman, selasar yang ada sekarang sebaiknya diperpanjang dan terhubung dengan selasar Stasiun Sudirman Baru," tutur Elly Sinaga.

Selain itu, akan lebih baik lagi jika Stasiun Karet juga terhubung dengan Stasiun Sudirman Baru, sehingga masyarakat dapat lebih mudah menuju Stasiun Sudirman Baru.(Syam S)

Baca Juga

 

Internasional  -  Kamis, 27 Juli 2017
PAKET ILLEGAL
Kaleng Kripik Kentang Berisi Ular Cobra Ditemukan Di AS

Tiga ular ular kobra hidup ditemukan di dalam kaleng kentang Bisnisnews.id - Seorang pria asal California ditangkap setelah dalam kaleng kripik kentang yang dikirim kepadanya ternyata berisi tiga ular kobra yang masih hidup. . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 27 Juli 2017
ASIAN GAMES 2018
Kajati DKI Tidak Akan Biarkan Seorang Pun Korupsi Renovasi Asian Games 2018

Kejati DKI Jakarta kembali meninjau proyek renovasi Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Bisnisnews.id - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta Tony Spontana bersama Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 27 Juli 2017
ASIAN GAMES 2018
KPK Akan Sambangi Inasgoc Untuk Cegah Gratifikasi

Ketua Umum Inasgoc Erick Thohir bersama wakilnya, Letjen TNI (Purnawirawan) Sjafrie Sjamsoeddin, menyambangi gedung KPK Bisnisnews.id - Bergulirnya dana triuliunan rupiah untuk penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia membuat . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 26 Juli 2017
SEA GAMES 2017
Karate Tidak Gentar Hadapi Persaingan Keras

Karateka Indonesia mendapat modal berharga dari Kejuaraan Asia sebelum berlaga di SEA Games 2017 Bisnisnews.id - Kondisi fisik para karate yang memperkuat Tim Karate Indonesia siap menghadapi persaingan keras pada SEA Games Kuala . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 26 Juli 2017
SEA GAMES 2017
Ski Air Dan Wakeboard Indonesia Intip Kekuatan Lawan

Tim Ski Air Dan Wakeboard Indonesia berangkat menuju Kuala Lumpur, Kamis Bisnisnews.id - Ternyata diam-diam Pengurus Pusat Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia (PP PSAWI) telah memantau Watersport Complex Patra Jaya yang . . .
Selengkapnya