Minggu, 17 Desember 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / / Berita

LINGKUNGAN PANTAI
Selasa, 16 Mei 2017 11:12 WIB

Indonesia Tuan Rumah Marpolex 2017 di Bali



Bisnisnews.id-Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan kembali gelar Regional Marine Polution Exercise (Marpolex) selama tiga hari (15-18 Mei 2017) di Bali.

Agenda dua tahunan yang dilakukan secara bergiliran dengan Philipna ini, diikuti melibatkan Tim Lokal, Tim Daerah dan Tim Nasional. Selain Philipina (Philippine Coast Guard) yang mengirim utusannya dalam kegiatan uji kemampuan penanggulangan pencemaran minyak di laut ini ilaha Jepang (Japan Coast Guard).

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyebutkan, kegiatan ini menunjukan eksistensi Indonesia sebagai salah satu negara maritim yang memiliki peran penting di kancah Internasional. Khususnya dalam penanggulangan pencemaran tumpahan minyak di laut.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, A.Tonny Budiono menyebutkan, Regional Marpolex saat ini merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah. Dengan agenda kegiatan meliputi latihan penanggulangan pencemaran minyak dengan skala internasional.

Latihan ini menjadi parameter acuan kemampuan dan kesiapsiagaan nasional dan regional dalam menanggulangi pencemaran minyak di Indonesia dan wilayah sekitarnya.

"Untuk itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus mendukung pelaksanaan Marpolex karena kegiatan ini sangat baik untuk melatih petugas Coast Guard dalam menangani masalah pencemaran laut yang terjadi karena tumpahan minyak. Hal ini selaras dengan slogan dari International Maritim Organization (IMO) yaitu Safe, Secure and Efficient Shipping on Clean Oceans," kata Tonny. 

Menurutnya, Regional Marpolex 2017 ini menggunakan konsep Real-Situation. Yakni pelaksanaan pelatihan dikondisikan sesuai dengan keadaan pada saat terjadi nyata keadaan darurat tumpahan minyak di laut, baik dari segi mekanisme prosedur, alur komando, komunikasi, dan penyampaian informasi serta organisasi operasi. 

"Dengan menggunakan konsep Real-Situation Scenario, diharapkan tujuan utama dari latihan ini dapat tercapai, yaitu melatih dan familiarisasi prosedur, tugas dan aktifitas organisasi operasi penanggulangan keadaan darurat tumpahan minyak di laut sebagai bekal persiapan jika terjadi nyata," jelas Tonny.  (Syam S)


Baca Juga

 

Arena  -  Sabtu, 16 Desember 2017
TENIS
Anthony Susanto Raih Dua Kemenangan Penting

Bisnisnews.id - Petenis Jawa Timur, Anthony Susanto (20 tahun) menorehkan dua kemenangan penting di hari kedua Seleknas Piala Davis, Sabtu (16/12/2017). Peraih tiga medali emas PON 2016 itu menang atas dua rival beratnya, Arief . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 16 Desember 2017
SEPAKBOLA
Tim Pelajar U-16 Tahan Imbang Timnas Timor Leste U-16

Bisnisnews.id - Tim Pelajar Indonesia  U-16 mengakhiri tur uji cobanya di Nusa Tenggara Timur (NTT).  Pada laga terakhir di Lapangan Bintang Timur Academy, Kabupaten Belu, Atambua, dalam rangka pertandingan sepakbola . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 16 Desember 2017
TEST EVENT
CIMB Niaga Indonesia Open Aquatik 2017 Resmi Berakhir

Bisnisnews.id - Cimb Niaga Indonesia Open Aquatik Championship 2017 sekaligus menjadi ajang test event Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) secara resmi telah usai. Memperlombakan empat cabang olahraga yaitu, renang, polo . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 16 Desember 2017
ASIAN PARA GAMES 2018
Promosi Internasional Asian Para Games 2018 Di Atambua

Bisnisnews.id - Panitia penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) terus mensosialisasikan pesta olahraga empat tahunan negara-negara se-Asia bagi atlet penyandang disabilitas yang akan berlangsung di Jakarta pada 6 hingga . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 16 Desember 2017
RENANG
Raih Poin Tertinggi, Millenium Aquatic Jakarta Terbaik di Indonesia Open Aquatic Championship 2017

Bisnisnews.id - Klub Millenium Aquatic Jakarta meraih gelar tim terbaik pada Test Event Road To Asian Games 2018 bertajuk CIMB Niaga Indonesia Open Aquatic Championship 2017 yang berakhir di New Aquatic Stadium GBK Jakarta, Jumat . . .
Selengkapnya