Minggu, 20 Mei 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / / Berita

ANGKUTAN LEBARAN
Kamis, 18 Mei 2017 16:54 WIB

Kemenhub Alokasikan Anggaran Rp 90 Miliar Untuk Kegiatan Mudik Gratis



Bisnisnews.id-Kementerian Perhubungan (Kemenhub) siapkan anggaran sebesar Rp 90 miliar untuk membiayai angkutan sepeda motor pemudik sebanyak 44.721 unit dan 208.435 penumpang secara gratis, yang melibatkan sejumlah BUMN dan mitra kerjanya.

"Kami menghimbau para pemudik tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh. Gunakanlah mudik gratis ini," kata Menhub  Budi Karya Sumadi, Kamis (18/5/2017) di kantornya. Jumlah sepeda motor dan penumpang yang diangkut tahun ini cukup signifikan yaitu naik 57 persen penumpang dan 155 persen sepeda motor.

Mudik gratis melalui moda darat, untuk sepeda motor sebanyak 3.510 dan 54.900 penumpang. Sepeda motor tersebut akan diangkut dengan menggunakan 77 truk, sedangkan penumpangnya menggunakan 1.220 bus.

Untuk moda penyeberangan, akan dilayani dua unit  kapal ferry. Yaitu KMP Jatra Tiga tujuan Lampung dan KMP Sebuku tujuan Semarang. Jumlah sepeda motor yang akan diangkut dua kapal ferry itu masing-masing 5 ribu unit sepeda motor dan 10 ribu penumpang. 

Sedangkan moda laut, akan dilayani tiga kapal Ro-Ro menuju Semarang mengangkut 16 ribu sepeda motor dan 32 ribu penumpang. Selain itu, moda kereta api akan mengangkut sejumlah 18.096 sepeda motor.

"Khusus untuk moda laut, tahun lalu program ini tidak dimanfaatkan dengan baik, oleh karena itu kami himbau untuk menggunakan kapal karena semuanya gratis," Menhub.

Secara keseluruhan, kata Menhub Budi, BUMN akan mengangkut 91.060 penumpang. Sedangkan beberapa mitra kerja, akan mengangkut 2.115 sepeda motor dan 20.475 penumpang.

Kota tujuan yang akan dilayani oleh program tersebut untuk moda darat sebanyak 29 kota diantaranya Cirebon, Magelang, Solo, Wonogiri, dll. Moda penyeberangan akan melayani Semarang dan Lampung sedangkan moda kereta api akan melayani kota Surabaya, Kutoarjo, dan Kediri. Untuk moda laut, akan melayani kota Semarang.

Pendaftaran

Untuk moda jalan, pendaftaran online dan offline dimulai pada 18 Mei- 16 Juni 2017. Pendaftaran online melalui www.mudikgratis.dephub,.go.id dan pendaftaran offline di Gor Bulungan (Blok M), Kantor Dishub Bekasi, Kantor Dishub Depok, Kantor Dishub Tangerang Kota, dan Kantor Dishub Tangerang.

Untuk moda penyeberangan, pendaftaran dimulai pada 1 Juni 2017 sampai dua hari sebelum keberangkatan di Kantor Dishub Depok, Kantor Dishub Bekasi, Kantor Dishub Tangerang, dan Kantor PT ASDP Pusat.

Moda laut, pendaftaran online dimulai pada 29 Mei 2017 sampai dua  hari sebelum keberangkatan melalui www.mudikgratis.dephub,.go.id.

Moda kereta api, pendaftaran online melalui www.mudikgratis.dephub,.go.id dimulai pada 15 Februari 2017 sampai 14 Juni 2017 dan pendaftaran offline pada 16 Februari - 16 April 2017 di St Jakarta Kota, St Bekasi, St Jatinegara, St Pasar Senen, St Depok, St Bogor, St Cikarang, St Kiaracondong, dan St Purwakarta. (Syam )


Baca Juga

 

Arena  -  Minggu, 20 Mei 2018
INAPGOC
Asian Para Games 2018 Berjalan Aman

Bisnisnews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengingatkan Ketua Umum Panitia Nasional Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC),  Raja Sapta  Oktohari  terkait persiapan keamanan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 20 Mei 2018
KESELAMATAN PENERBANGAN
Runway Bandara Juanda Surabaya Amblas , puluhan Penerbangan Terganggu

Bisnisnews.id - Maskapai Lion Air mengumumkan, pelayanan penerbangan dari bandara Juanda Surabaya kembali normal setelah fasilitas landas pacu (runway) dinyatakan aman (safety) untuk proses lepas landas (take off) dan mendarat . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Minggu, 20 Mei 2018
ASIAN PARA GAMES 2018
Menpora Apresiasi Kerja Keras INAPGOC

Bisnisnews.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memberikan apresiasi kepada Panitia Nasional Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC). yang sejak tahun lalu telah menunjukan progress yang menggembirakan. . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 19 Mei 2018
RESOLUSI PBB
AS dan Australia Menolak Penyelidikan Kejahatam Perang Israel Terhadap Palestina

Bisnisnews.id  -  Amerika Serikat  dan Australia menolak dlakukannya resolusi untuk mengirim tim investigasi  menyelididki pelanggaran yang dilakukan Israel di Palestina, khusunya Jalur Gaza. Rapat Dewan Khusus . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 19 Mei 2018
SIDANG OKI
Wapres Jusuf Kalla Desak Hamas dan Fatah Bersatu dan Kompak

Bisnisnews.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Hamas dan Fatah bersatu dan mennyelesaikan konflik internal. Dengaan demikian, dukungan negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) secara diplomatis akan semakin memperkuat . . .
Selengkapnya