Selasa, 19 September 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / / Berita

ANGKUTAN LEBARAN
Kamis, 18 Mei 2017 16:54 WIB

Kemenhub Alokasikan Anggaran Rp 90 Miliar Untuk Kegiatan Mudik Gratis



Bisnisnews.id-Kementerian Perhubungan (Kemenhub) siapkan anggaran sebesar Rp 90 miliar untuk membiayai angkutan sepeda motor pemudik sebanyak 44.721 unit dan 208.435 penumpang secara gratis, yang melibatkan sejumlah BUMN dan mitra kerjanya.

"Kami menghimbau para pemudik tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh. Gunakanlah mudik gratis ini," kata Menhub  Budi Karya Sumadi, Kamis (18/5/2017) di kantornya. Jumlah sepeda motor dan penumpang yang diangkut tahun ini cukup signifikan yaitu naik 57 persen penumpang dan 155 persen sepeda motor.

Mudik gratis melalui moda darat, untuk sepeda motor sebanyak 3.510 dan 54.900 penumpang. Sepeda motor tersebut akan diangkut dengan menggunakan 77 truk, sedangkan penumpangnya menggunakan 1.220 bus.

Untuk moda penyeberangan, akan dilayani dua unit  kapal ferry. Yaitu KMP Jatra Tiga tujuan Lampung dan KMP Sebuku tujuan Semarang. Jumlah sepeda motor yang akan diangkut dua kapal ferry itu masing-masing 5 ribu unit sepeda motor dan 10 ribu penumpang. 

Sedangkan moda laut, akan dilayani tiga kapal Ro-Ro menuju Semarang mengangkut 16 ribu sepeda motor dan 32 ribu penumpang. Selain itu, moda kereta api akan mengangkut sejumlah 18.096 sepeda motor.

"Khusus untuk moda laut, tahun lalu program ini tidak dimanfaatkan dengan baik, oleh karena itu kami himbau untuk menggunakan kapal karena semuanya gratis," Menhub.

Secara keseluruhan, kata Menhub Budi, BUMN akan mengangkut 91.060 penumpang. Sedangkan beberapa mitra kerja, akan mengangkut 2.115 sepeda motor dan 20.475 penumpang.

Kota tujuan yang akan dilayani oleh program tersebut untuk moda darat sebanyak 29 kota diantaranya Cirebon, Magelang, Solo, Wonogiri, dll. Moda penyeberangan akan melayani Semarang dan Lampung sedangkan moda kereta api akan melayani kota Surabaya, Kutoarjo, dan Kediri. Untuk moda laut, akan melayani kota Semarang.

Pendaftaran

Untuk moda jalan, pendaftaran online dan offline dimulai pada 18 Mei- 16 Juni 2017. Pendaftaran online melalui www.mudikgratis.dephub,.go.id dan pendaftaran offline di Gor Bulungan (Blok M), Kantor Dishub Bekasi, Kantor Dishub Depok, Kantor Dishub Tangerang Kota, dan Kantor Dishub Tangerang.

Untuk moda penyeberangan, pendaftaran dimulai pada 1 Juni 2017 sampai dua hari sebelum keberangkatan di Kantor Dishub Depok, Kantor Dishub Bekasi, Kantor Dishub Tangerang, dan Kantor PT ASDP Pusat.

Moda laut, pendaftaran online dimulai pada 29 Mei 2017 sampai dua  hari sebelum keberangkatan melalui www.mudikgratis.dephub,.go.id.

Moda kereta api, pendaftaran online melalui www.mudikgratis.dephub,.go.id dimulai pada 15 Februari 2017 sampai 14 Juni 2017 dan pendaftaran offline pada 16 Februari - 16 April 2017 di St Jakarta Kota, St Bekasi, St Jatinegara, St Pasar Senen, St Depok, St Bogor, St Cikarang, St Kiaracondong, dan St Purwakarta. (Syam )


Baca Juga

 

Internasional  -  Selasa, 19 September 2017
SIDANG PBB 72
Buka Sidang, Sekjen PBB Angkat Isu Korut Dan Myanmar

Bisnisnews.id - Kecemasan global tentang perang nuklir berada pada tingkat tertinggi dalam beberapa dekade, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan pada hari Selasa 19 September saat ia membuka pertemuan para pemimpin . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 19 September 2017
PERANG RUDAL
Jepang Sebar Pencegat Rudal Di Jalur Peluncuran Korut

Bisnisnews.id - Jepang pada hari Selasa 19 September memindahkan sistem pertahanan rudal di pulau utara Hokkaido ke sebuah pangkalan dekat rute peluncuran rudal Korea Utara terakhir. Menteri Pertahanan Itsunori Onodera mengatakan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 19 September 2017
INVESTASI ASING
Uni Eropa Peringatkan China : Ekonomi Terbuka Atau Tanggung Resiko

Bisnisnews.id - Kelompok bisnis mendesak China pada hari Selasa 19 September untuk melaksanakan janji-janji keterbukaan ekonominya dan memperingatkan bahwa pergerakan lamban dapat memicu reaksi balik terhadap perdagangan bebas . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 19 September 2017
KRISIS ROHINGYA
Penyelidik PBB Tuntut Akses Penuh Tanpa Batas ke Myanmar

Bisnisnews.id - Penyelidik HAM PBB pada hari Selasa 19 September mengatakan bahwa mereka membutuhkan akses penuh dan tak terbatas ke Myanmar untuk menyelidiki krisis yang sedang berlangsung, namun pemerintah menolak penyelidikan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 19 September 2017
KRISIS ROHINGYA
Akhirnya Angkat Bicara, Suu Kyi Tolak Kritik Dunia

Bisnisnews.id - Aung San Suu Kyi mengatakan pada hari Selasa 19 September bahwa dia tidak takut pada pengawasan dunia atas krisis Rohingya, berjanji untuk menahan pelanggar HAM dan memukimkan kembali beberapa dari 410 ribu Muslim . . .
Selengkapnya