Senin, 22 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / / Berita

ANGKUTAN LEBARAN
Kamis, 18 Mei 2017 16:54 WIB

Kemenhub Alokasikan Anggaran Rp 90 Miliar Untuk Kegiatan Mudik Gratis



Bisnisnews.id-Kementerian Perhubungan (Kemenhub) siapkan anggaran sebesar Rp 90 miliar untuk membiayai angkutan sepeda motor pemudik sebanyak 44.721 unit dan 208.435 penumpang secara gratis, yang melibatkan sejumlah BUMN dan mitra kerjanya.

"Kami menghimbau para pemudik tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh. Gunakanlah mudik gratis ini," kata Menhub  Budi Karya Sumadi, Kamis (18/5/2017) di kantornya. Jumlah sepeda motor dan penumpang yang diangkut tahun ini cukup signifikan yaitu naik 57 persen penumpang dan 155 persen sepeda motor.

Mudik gratis melalui moda darat, untuk sepeda motor sebanyak 3.510 dan 54.900 penumpang. Sepeda motor tersebut akan diangkut dengan menggunakan 77 truk, sedangkan penumpangnya menggunakan 1.220 bus.

Untuk moda penyeberangan, akan dilayani dua unit  kapal ferry. Yaitu KMP Jatra Tiga tujuan Lampung dan KMP Sebuku tujuan Semarang. Jumlah sepeda motor yang akan diangkut dua kapal ferry itu masing-masing 5 ribu unit sepeda motor dan 10 ribu penumpang. 

Sedangkan moda laut, akan dilayani tiga kapal Ro-Ro menuju Semarang mengangkut 16 ribu sepeda motor dan 32 ribu penumpang. Selain itu, moda kereta api akan mengangkut sejumlah 18.096 sepeda motor.

"Khusus untuk moda laut, tahun lalu program ini tidak dimanfaatkan dengan baik, oleh karena itu kami himbau untuk menggunakan kapal karena semuanya gratis," Menhub.

Secara keseluruhan, kata Menhub Budi, BUMN akan mengangkut 91.060 penumpang. Sedangkan beberapa mitra kerja, akan mengangkut 2.115 sepeda motor dan 20.475 penumpang.

Kota tujuan yang akan dilayani oleh program tersebut untuk moda darat sebanyak 29 kota diantaranya Cirebon, Magelang, Solo, Wonogiri, dll. Moda penyeberangan akan melayani Semarang dan Lampung sedangkan moda kereta api akan melayani kota Surabaya, Kutoarjo, dan Kediri. Untuk moda laut, akan melayani kota Semarang.

Pendaftaran

Untuk moda jalan, pendaftaran online dan offline dimulai pada 18 Mei- 16 Juni 2017. Pendaftaran online melalui www.mudikgratis.dephub,.go.id dan pendaftaran offline di Gor Bulungan (Blok M), Kantor Dishub Bekasi, Kantor Dishub Depok, Kantor Dishub Tangerang Kota, dan Kantor Dishub Tangerang.

Untuk moda penyeberangan, pendaftaran dimulai pada 1 Juni 2017 sampai dua hari sebelum keberangkatan di Kantor Dishub Depok, Kantor Dishub Bekasi, Kantor Dishub Tangerang, dan Kantor PT ASDP Pusat.

Moda laut, pendaftaran online dimulai pada 29 Mei 2017 sampai dua  hari sebelum keberangkatan melalui www.mudikgratis.dephub,.go.id.

Moda kereta api, pendaftaran online melalui www.mudikgratis.dephub,.go.id dimulai pada 15 Februari 2017 sampai 14 Juni 2017 dan pendaftaran offline pada 16 Februari - 16 April 2017 di St Jakarta Kota, St Bekasi, St Jatinegara, St Pasar Senen, St Depok, St Bogor, St Cikarang, St Kiaracondong, dan St Purwakarta. (Syam )


Baca Juga

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
DEMONSTRASI
PBB : Anti Presiden, Enam Tewas Di Kongo

Bisnisnews.id - Enam orang tewas di Republik Demokratik Kongo pada hari Minggu 21 Januari, kata PBB, karena pihak berwenang melarang demonstrasi terhadap Presiden Joseph Kabila. Saksi mata mengatakan pasukan keamanan melepaskan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 21 Januari 2018
PROYEK CHANGI
Singapura Kenakan Pajak Tambahan Kepada Penumpang

Bisnisnews.id - Otoritas penerbangan sipil Singapura(CAAS)  berencana akan menaikan pajak 10 -15 dolar Singapura kepada para penumpang dari dan ke bandara Changi. Dana tambahan tersebut akan digunakan untuk membiayai perluasan . . .
Selengkapnya

 

Regulasi  -  Minggu, 21 Januari 2018
REGULASI
Sertifikasi Kapal Wajib Mencantumkan Bahasa Indonesia

Bisnisnews.id - Mulai 1 Februari 2018 Sertifikat Garis Muat Kapal berbendera Indonesia yang dikeluarkan Badan Klasifikasi Nasional maupun Asing, wajib mencantumkan format berbahasa Indonesia. Direktur Perkapalan dan Kepelautan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 21 Januari 2018
MINYAK DUNIA
Arab Saudi Serukan Perpanjang Pemangkasan Produksi

Bisnisnews.id - Arab Saudi menyerukan hari Minggu 21 Januari untuk memperpanjang kerjasama antara produsen OPEC dan non-OPEC sampai lewat dari 2018. Seruan tersebut datang setelah harga minyak mencapai 70 dolar per barel berkat . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 21 Januari 2018
SERANGAN KABUL
Taliban Serang Hotel Intercontinental, Enam Tewas

Bisnisnews.id - Orang-orang bersenjata menyerbu sebuah hotel mewah di Kabul dan membunuh setidaknya 6 orang dalam pertempuran 12 jam yang membuat sebagian bangunan terbakar. Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan di . . .
Selengkapnya