Sabtu, 25 November 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / / Berita

ANGKUTAN LEBARAN
Kamis, 18 Mei 2017 16:54 WIB

Kemenhub Alokasikan Anggaran Rp 90 Miliar Untuk Kegiatan Mudik Gratis



Bisnisnews.id-Kementerian Perhubungan (Kemenhub) siapkan anggaran sebesar Rp 90 miliar untuk membiayai angkutan sepeda motor pemudik sebanyak 44.721 unit dan 208.435 penumpang secara gratis, yang melibatkan sejumlah BUMN dan mitra kerjanya.

"Kami menghimbau para pemudik tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jarak jauh. Gunakanlah mudik gratis ini," kata Menhub  Budi Karya Sumadi, Kamis (18/5/2017) di kantornya. Jumlah sepeda motor dan penumpang yang diangkut tahun ini cukup signifikan yaitu naik 57 persen penumpang dan 155 persen sepeda motor.

Mudik gratis melalui moda darat, untuk sepeda motor sebanyak 3.510 dan 54.900 penumpang. Sepeda motor tersebut akan diangkut dengan menggunakan 77 truk, sedangkan penumpangnya menggunakan 1.220 bus.

Untuk moda penyeberangan, akan dilayani dua unit  kapal ferry. Yaitu KMP Jatra Tiga tujuan Lampung dan KMP Sebuku tujuan Semarang. Jumlah sepeda motor yang akan diangkut dua kapal ferry itu masing-masing 5 ribu unit sepeda motor dan 10 ribu penumpang. 

Sedangkan moda laut, akan dilayani tiga kapal Ro-Ro menuju Semarang mengangkut 16 ribu sepeda motor dan 32 ribu penumpang. Selain itu, moda kereta api akan mengangkut sejumlah 18.096 sepeda motor.

"Khusus untuk moda laut, tahun lalu program ini tidak dimanfaatkan dengan baik, oleh karena itu kami himbau untuk menggunakan kapal karena semuanya gratis," Menhub.

Secara keseluruhan, kata Menhub Budi, BUMN akan mengangkut 91.060 penumpang. Sedangkan beberapa mitra kerja, akan mengangkut 2.115 sepeda motor dan 20.475 penumpang.

Kota tujuan yang akan dilayani oleh program tersebut untuk moda darat sebanyak 29 kota diantaranya Cirebon, Magelang, Solo, Wonogiri, dll. Moda penyeberangan akan melayani Semarang dan Lampung sedangkan moda kereta api akan melayani kota Surabaya, Kutoarjo, dan Kediri. Untuk moda laut, akan melayani kota Semarang.

Pendaftaran

Untuk moda jalan, pendaftaran online dan offline dimulai pada 18 Mei- 16 Juni 2017. Pendaftaran online melalui www.mudikgratis.dephub,.go.id dan pendaftaran offline di Gor Bulungan (Blok M), Kantor Dishub Bekasi, Kantor Dishub Depok, Kantor Dishub Tangerang Kota, dan Kantor Dishub Tangerang.

Untuk moda penyeberangan, pendaftaran dimulai pada 1 Juni 2017 sampai dua hari sebelum keberangkatan di Kantor Dishub Depok, Kantor Dishub Bekasi, Kantor Dishub Tangerang, dan Kantor PT ASDP Pusat.

Moda laut, pendaftaran online dimulai pada 29 Mei 2017 sampai dua  hari sebelum keberangkatan melalui www.mudikgratis.dephub,.go.id.

Moda kereta api, pendaftaran online melalui www.mudikgratis.dephub,.go.id dimulai pada 15 Februari 2017 sampai 14 Juni 2017 dan pendaftaran offline pada 16 Februari - 16 April 2017 di St Jakarta Kota, St Bekasi, St Jatinegara, St Pasar Senen, St Depok, St Bogor, St Cikarang, St Kiaracondong, dan St Purwakarta. (Syam )


Baca Juga

 

Internasional  -  Sabtu, 25 November 2017
SAUDI VS IRAN
Putra Mahkota Saudi Juluki Pemimpin Iran 'Hitler Baru'

Bisnisnews.id - Pangeran mahkota Arab Saudi telah memanggil pemimpin tertinggi Iran sebagai Hitler Timur baru, di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara. Menyinggung kekuatan regional yang berkembang di Iran, Mohammed . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 25 November 2017
BREXIT
Uni Eropa Beri Inggris Waktu 10 Hari Selesaikan 3 Perkara

Bisnisnews.id - Presiden Uni Eropa Donald Tusk mengatakan pada hari Jumat 25 November bahwa kesepakatan Brexit pada bulan Desember mungkin saja terjadi tapi menjadi tantangan besar dan memberi Theresa May 10 hari untuk bertindak. Tusk . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 25 November 2017
KTT BRUSSELS
Musuhan Dengan Rusia, UE Pengaruhi Enam Negara Bekas Soviet

Bisnisnews.id - Uni Eropa berjanji untuk memperdalam hubungan dengan enam negara bekas Uni Soviet pada hari Jumat 25 November, sebagai upaya melawan pengaruh Rusia, namun memperingatkan mereka bahwa negara-negara tersebut tidak . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 25 November 2017
TERORIS
Serangan Masjid Di Sinai Mesir Bunuh 235 orang

Bisnisnews.id - Penyerang bersenjata pada hari Jumat 25 November membunuh setidaknya 235 jamaah dalam serangan bom dan senjata di sebuah masjid di provinsi Sinai Utara. Sebuah ledakan bom menghancurkan masjid Rawda kira-kira 40 . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Jumat, 24 November 2017
ZIMBABWE
Mnangagwa Dilantik Sebagai Presiden

Bisnisnews.id - Emmerson Mnangagwa dilantik sebagai presiden Zimbabwe setelah sebelumnya dipecat oleh pemimpin yang digulingkan Robert Mugabe. Emmerson Mnangagwa dilantik sebagai presiden Zimbabwe pada hari Jumat 24 November, . . .
Selengkapnya