Rabu, 24 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Arena / / Berita

CATUR
Jumat, 19 Mei 2017 04:35 WIB

JFC 2017: Yoseph Sukses, Medina Tertahan


Grand Master Wanita (GMW), Medina Warda Aulia yang tengah membidik gelar MI putra menyerah di tangan pecatur putra Vietnam, MI Vo Thanh Ninh

Bisnisnews.id - Perjuangan pecatur muda berbakat Indonesia Fide Master (FM), Yoseph Taher untuk meraih gelar Master Internasional (MI) di ajang Japfa Chess Festival 2017 yang berlangsung di Gedung Serba Guna Senayan Jakarta, akhirnya membuahkan hasil.

Sukses itu diraih, setelah Yoseph berhasil mendapatkan tambahan 0,5 poin saat berhadapan dengan pecatur Filippina, MI Pascua Haridas pada babak ke-9, Kamis (18/5/2018). Dengan tambahan 0,5 poin tersebut, maka total angka yang dikemas Yoseph sampai dengan babak ke-9 menjadi 5,5 poin. Total poin tersebut sudah memenuhi persyaratan untuk meraih norma ketiga atau penuh. Dan otomatis Yoseph berhak menyandang gelar MI.

Namun sayang, langkah gemilang Yoseph gagal diikuti rekannya Grand Master Wanita (GMW), Medina Warda Aulia yang tengah membidik gelar MI putra. Sebenarnya, saat berhadapan dengan pecatur putra Vietnam, MI Vo Thanh Ninh pada babak ke-9, Medina hanya membutuhkan hasil remis untuk menggenapi syarat 6 poin norma terakhir MI putra. Karena sampai dengan babak ke-8 Medina telah mengemas 5,5 poin.

Tetapi ambisi Medina digagalkan Vo Thanh Ninh. Medina harus memgakui keunggulan Vo.

Kekalahan ini memang tidak serta merta memupus peluang Medina untuk meraih gelar MI putra di ajang JCF 2017. Tetapi membuat Medina harus berjuang lebih lama untuk mewujudkan impiannya.

Sesuai regulasi FIDE, setelah opsi 6 poin dalam 9 babak gagal dipenuhi Medina. Maka kini masuk ke opsi kedua yaitu harus mengoleksi 7 poin dalam 11 babak.

Beruntung pada babak ke-10 yang berlangsung pada malam hari, Medina berhasil mengalahkan lawannya GMW dari Peru, Cori T Deisy. Berkat tambahan 1 poin tersebut, kini total poin yang dikemas Medina menjadi 6,5 poin.
Dengan demikian Medina hanya membutuhkan tambahan 0,5 poin untuk menggenapi persyaratan 7 poin dalam 11 babak sesuai aturan FIDE.

Ditemui usai laga kontra Cori, Medina mengatakan akan berjuang habis-habisan melawan pecatur putra India, Sagar Shah pada babak ke-11,  Jumat (19/5/2017).

"Untuk mengamankan peluang meraih gelar MI, saya akan berupaya memaksimalkan kemungkinan remis lawan Sagar besok. Namun jika memang terbuka peluang untuk memenangkan pertandingan tentu saja tidak akan saya sia-sia. Kebetulan sekarang ini Sagar lebih fokus menekuni profesi barunya sebagai penulis, jadi cenderung sedang menurun permainannya. Semoga saya bisa memanfaatkan pertandingan besok untuk bisa meraih gelar MI putra," kata Medina.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem berharap Medina bisa lebih tenang saat bertanding melawan Sagar.

"Sebenarnya kalau Medina bisa lebih mengendalikan emosionalnya. Bermain lebih tenang dan rileks. Saya optimis dia bakal mampu menahan remis atau bahkan mengalahkan Sagar pada pertandingan besok," tukas Kris. (Riyanto Monroe)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
PILKADA
KPK dan Polri Akan Menangkap Pelaku Money Politic

Bisnisnews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Polri siap menangkap kandidat yang maju Pilkada menggunakan praktik politik uang untuk mendapatkan dukungan suara. "Kalau Ada kandidat menawarkan uang dalam pemilihan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
KORUPSI
Penyidik KPK Terus Mendalami Kasus Dugaan Korupsi di Dinas PU Papua

Bisnisnews.id - Kasus dugaan korupsi pejabat Dinas PU Papua pada proyek pembangunan jalan Kemiri-Depapre sepanjang 24 km yanng telah menyeret dua tersangka DM dan MK terus didalami Penyidik Komisi pembertasan Korupsi (KPK). Sebanyak . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Rabu, 24 Januari 2018
KEJAHATAN
Seorang Istri Menjual Suaminya Seharga Rp 500 Ribu

Bisnisnews.id - Peristiwa langka, wanita bernisisial VR, warga Jalan Tambak Wedi Baru, Surabaya Jawa Timur menjual suaminya kepada pria hidung belang senilai Rp 500 ribu dengan alasan ekonomi. Transaksi penjualan yang akhirnya . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
BILATERAL
Menko Polhukam Lakukan Pertemuan Dengan Menhan AS

Bisnisnews.id - Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis lakukan pertemuan khusus dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
HUBUNGAN INDUSTRIAL
Dirjen Hubud Sikapi Kemelut Manajemen Garuda Vs APG dan Sekarga,

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan para operator penerbangan agar menyelesaikan beragam masalah yang ada di internal perusahaan asal tidak berdampak negatif terhadap keselamatan, . . .
Selengkapnya