Sabtu, 25 November 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Perbankan / Berita

PERDAGANGAN
Senin, 12 Juni 2017 09:24 WIB

Nilai Tukar Rupiah Diharapkan Naik


ilustrasi

Bisnisnews.id - Ada setitik harapan, naiknya nilai tukar Rupiah terhadap mata uang dolar AS pada akhir pekan, tapi itu baru sekedar perkiraan sebab saat ini pergerakan nilai Rupiah diperkirakan berada pada kisaran support 13.326 dan resisten 13.275.

Salah satu faktornya adalah, melemahnya  mata uang EUR terhadap dolar AS, karena Pemilu Inggris belum sepenuhnya mereda. Analis Bina Artha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan, ada kesempatan  terhadap rupiah untuk berbalik naik.

Pengaruh dalam negeri, misalnya soal munculnya sejumlah nama yang dirilis dalam Dewan Komisioner Otorits Jasa keuangan (OJK), hanya direspon sesaat dan kemudian kembali melemah. 

Kendati melemah tipis, namun laju Rupiah masih dalam area negatif. Sehingga perlu diwaspadai jika nantinya masih dimungkinkan terjadi pelemahan lanjutan.

Terutama dengan melemahnya laju EUR terhadap USD yang diikuti pelemahan sejumlah harga komoditas. Turut memberikan kesempatan pada USD untuk kembali bergerak naik.

Laju Rupiah yang dapat bergerak positif tampaknya tidak sepenuhnya diikuti oleh sentimen yang ada. Alhasil Rupiah akan rawan terkoreksi. 

Pergerakan Rupiah yang menguat di barengi dengan laju dolar AS yang juga menguat memanfaatkan pelemahan EUR ,sehingga berpotensi menahan penguatan Rupiah tersebut. 

Namun demikian, diharapkan penguatan tersebut dapat bertahan meski di tengah minimnya sentimen positif, yang dapat signifikan mempertahankan Rupiah di zona hijau. Tetap cermati berbagai sentimen tersebut dan antisipasi jika masih adanya peluang pelemahan. (Ari)


Baca Juga

 

Internasional  -  Sabtu, 25 November 2017
SAUDI VS IRAN
Putra Mahkota Saudi Juluki Pemimpin Iran 'Hitler Baru'

Bisnisnews.id - Pangeran mahkota Arab Saudi telah memanggil pemimpin tertinggi Iran sebagai Hitler Timur baru, di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara. Menyinggung kekuatan regional yang berkembang di Iran, Mohammed . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 25 November 2017
BREXIT
Uni Eropa Beri Inggris Waktu 10 Hari Selesaikan 3 Perkara

Bisnisnews.id - Presiden Uni Eropa Donald Tusk mengatakan pada hari Jumat 25 November bahwa kesepakatan Brexit pada bulan Desember mungkin saja terjadi tapi menjadi tantangan besar dan memberi Theresa May 10 hari untuk bertindak. Tusk . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 25 November 2017
KTT BRUSSELS
Musuhan Dengan Rusia, UE Pengaruhi Enam Negara Bekas Soviet

Bisnisnews.id - Uni Eropa berjanji untuk memperdalam hubungan dengan enam negara bekas Uni Soviet pada hari Jumat 25 November, sebagai upaya melawan pengaruh Rusia, namun memperingatkan mereka bahwa negara-negara tersebut tidak . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 25 November 2017
TERORIS
Serangan Masjid Di Sinai Mesir Bunuh 235 orang

Bisnisnews.id - Penyerang bersenjata pada hari Jumat 25 November membunuh setidaknya 235 jamaah dalam serangan bom dan senjata di sebuah masjid di provinsi Sinai Utara. Sebuah ledakan bom menghancurkan masjid Rawda kira-kira 40 . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Jumat, 24 November 2017
ZIMBABWE
Mnangagwa Dilantik Sebagai Presiden

Bisnisnews.id - Emmerson Mnangagwa dilantik sebagai presiden Zimbabwe setelah sebelumnya dipecat oleh pemimpin yang digulingkan Robert Mugabe. Emmerson Mnangagwa dilantik sebagai presiden Zimbabwe pada hari Jumat 24 November, . . .
Selengkapnya