Senin, 25 September 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Perbankan / Berita

TRANSAKSI
Selasa, 27 Juni 2017 14:25 WIB

50 Tahun ATM, Uang Tunai Tetap Berperan


Barclays Bank meluncurkan mesin uang (ATM) pertamanya di Inggris pada tahun 1967

Bisnisnews.id - Hari ini, 50 tahun sudah ATM (Anjungan Tunai Mandiri) hadir mendampingi orang dalam transaksi keuangan perbankan. Makin banyaknya pengguna ATM menggambarkan uang tunai tetap berperan dalam kehidupan sehari-hari meskipun sudah ada kartu kredit dan digtal banking.

Bbc.com dalam laporannya, Selasa (27/6/2017) melansir, Sudah 50 tahun yang lalu  ATM pertama di dunia diresmikan di cabang Barclays di Enfield, London. Sebagai penghargaan pada ulang tahun emas, Barclays telah mengubah mesin uang Enfield modern menjadi emas.

Kepala Kasir Bank Inggris, Victoria Cleland dalam upacara hari ulang tahun ke-50 ATM menyatakan, uang tunai akan tetap menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari-hari selama beberapa dekade. Dia menambahkan, meskipun penggunaan catatan dan koin dalam transaksi jatuh, uang tunai merupakan bagian dari semua rencana masa depan bank di dunia.

Dia menunjukkan bahwa 94% orang dewasa Inggris menggunakan mesin uang. Kemudian lebih dari setengah orang dewasa di Inggris menggunakan ATM setidaknya seminggu sekali.

"Uang tunai digunakan hampir setengah dari semua transaksi dan juga penting sebagai penyimpan nilai," tambahnya.

Raheel Ahmed, kepala pelayanan pelanggan di Barclays, mengamini pandangan Ms Cleland.

"Meskipun beberapa tahun terakhir telah melihat serentetan pembayaran digital banking dan kartu, uang tunai tetap menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari orang - apakah membayar belanjaan atau melakukan penjualan kopi di kantor - dan kami sangat bangga dengan peran yang telah dimainkan Barclays dalam sejarah mesin uang. "

Mesin uang pertama muncul setelah beberapa penandatanganan kontrak yang terburu-buru, di atas sebuah gin merah muda, antara Barclays dan penemu Skotlandia John Shepherd-Barron, yang meninggal pada tahun 2010.

"Menurut saya, pasti ada cara untuk mendapatkan uang saya sendiri, di manapun di dunia atau di Inggris," katanya kepada BBC pada tahun 2007. "Saya menemukan ide tentang dispenser cokelat, tapi mengganti cokelat dengan uang tunai. "

Semua tidak pergi sepenuhnya untuk merencanakan dengan ATM pertama. Ketika seseorang dipasang di Zurich, Swiss, ada kerusakan misterius. Akhirnya, ditemukan bahwa kabel dari dua tramlines berpotongan di dekatnya mengganggu mekanisme.

Sekarang ada sekitar 70.000 mesin uang di seluruh Inggris, dan 176 juta kartu di Inggris yang dapat digunakan untuk menarik uang tunai mereka. Kartu ini digunakan untuk menarik total  180 miliar pounsterling dari mesin uang Inggris tahun lalu.

Perkembangan terakhir bertujuan menjadikan ATM sebagai "cabang bank dalam satu kotak". Produsen NCR mengatakan bahwa penelitiannya menunjukkan  80% dari transaksi yang biasanya diselesaikan di dalam cabang fisik dapat diselesaikan melalui teller video di ATM.

Portugal memiliki proporsi mesin uang terbanyak di Eropa barat dengan 1.516 mesin per satu juta penduduk.

Swedia, tipikal pergeseran Skandinavia menuju masyarakat tanpa uang, memiliki tingkat terendah dengan 333 mesin per satu juta penduduk. (Gungde Ariwangsa)

Baca Juga

 

Internasional  -  Senin, 25 September 2017
TRAGEDI KEMANUSIAAN
Memberi Makan Ribuan Pengungsi,  Bangladesh Berharap Bantuan Internasional

Bisnisnews.id-Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, Filippo Grandi mengatakan, saat ini Bangladesh sangat membutuhkan bantuan internasional, untuk memberi makan dan melindungi 436.000 orang Rohingya yang telah meninggalkan Myanmar . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Minggu, 24 September 2017
AIRNAV INDONESIA
Gunung Agung Status AWAS, Sejumlah Penerbangan ke Bali Akan Dialihkan 

Bisnisnews.id-Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Airnav Indonesia) akan mengalihkan sejumlah rute penerbangan tujuan bandara I Gusti Ngurahrai Bali ke sejumlah bandara, menyusul ancaman letusan . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Minggu, 24 September 2017
Nobar Pertandingan  KPK Vs DPR,  Makin Tegang ....

Oleh: Baba Makmun Penulis adalah wartawan senior, tinggal di kawasan Pejaten Timur Jaksel. Bisnisnews.id-Ibarat tengah nonton bareng (nobar) pertandingan sepakbola, 'duel' Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) lawan Komisi Pemberantasan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Minggu, 24 September 2017
SATWA LANGKA
Tiongkok  Pinjamkan  Giant Panda ke  Indonesia Untuk Dikembangbiakan

Bisnisnews.id-Tiongkok pinjamkan sepasang satwa Giant Panda kepada pemerintah Indonesia untuk dikembangbiakan di Taman Safari Indonesia. Giant Panda merupakan salah satu satwa kategori Appendix I CITES yang merupakan satwa endemik . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 24 September 2017
TES RUDAL
AS Tuduh Iran Dan Korut Kerjasama Kembangkan Nuklir

Bisnisnews.id - Presiden Trump menuduh Iran berkolaborasi dengan Korea Utara untuk memperkuat teknologi rudal mereka dalam tweet-nya pada Sabtu 23 Agustus, mengkritik kesepakatan nuklir 2015 antara AS, Iran dan lima negara kuat . . .
Selengkapnya