Minggu, 22 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Perbankan / Berita

TRANSAKSI
Selasa, 27 Juni 2017 14:25 WIB

50 Tahun ATM, Uang Tunai Tetap Berperan


Barclays Bank meluncurkan mesin uang (ATM) pertamanya di Inggris pada tahun 1967

Bisnisnews.id - Hari ini, 50 tahun sudah ATM (Anjungan Tunai Mandiri) hadir mendampingi orang dalam transaksi keuangan perbankan. Makin banyaknya pengguna ATM menggambarkan uang tunai tetap berperan dalam kehidupan sehari-hari meskipun sudah ada kartu kredit dan digtal banking.

Bbc.com dalam laporannya, Selasa (27/6/2017) melansir, Sudah 50 tahun yang lalu  ATM pertama di dunia diresmikan di cabang Barclays di Enfield, London. Sebagai penghargaan pada ulang tahun emas, Barclays telah mengubah mesin uang Enfield modern menjadi emas.

Kepala Kasir Bank Inggris, Victoria Cleland dalam upacara hari ulang tahun ke-50 ATM menyatakan, uang tunai akan tetap menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari-hari selama beberapa dekade. Dia menambahkan, meskipun penggunaan catatan dan koin dalam transaksi jatuh, uang tunai merupakan bagian dari semua rencana masa depan bank di dunia.

Dia menunjukkan bahwa 94% orang dewasa Inggris menggunakan mesin uang. Kemudian lebih dari setengah orang dewasa di Inggris menggunakan ATM setidaknya seminggu sekali.

"Uang tunai digunakan hampir setengah dari semua transaksi dan juga penting sebagai penyimpan nilai," tambahnya.

Raheel Ahmed, kepala pelayanan pelanggan di Barclays, mengamini pandangan Ms Cleland.

"Meskipun beberapa tahun terakhir telah melihat serentetan pembayaran digital banking dan kartu, uang tunai tetap menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari orang - apakah membayar belanjaan atau melakukan penjualan kopi di kantor - dan kami sangat bangga dengan peran yang telah dimainkan Barclays dalam sejarah mesin uang. "

Mesin uang pertama muncul setelah beberapa penandatanganan kontrak yang terburu-buru, di atas sebuah gin merah muda, antara Barclays dan penemu Skotlandia John Shepherd-Barron, yang meninggal pada tahun 2010.

"Menurut saya, pasti ada cara untuk mendapatkan uang saya sendiri, di manapun di dunia atau di Inggris," katanya kepada BBC pada tahun 2007. "Saya menemukan ide tentang dispenser cokelat, tapi mengganti cokelat dengan uang tunai. "

Semua tidak pergi sepenuhnya untuk merencanakan dengan ATM pertama. Ketika seseorang dipasang di Zurich, Swiss, ada kerusakan misterius. Akhirnya, ditemukan bahwa kabel dari dua tramlines berpotongan di dekatnya mengganggu mekanisme.

Sekarang ada sekitar 70.000 mesin uang di seluruh Inggris, dan 176 juta kartu di Inggris yang dapat digunakan untuk menarik uang tunai mereka. Kartu ini digunakan untuk menarik total  180 miliar pounsterling dari mesin uang Inggris tahun lalu.

Perkembangan terakhir bertujuan menjadikan ATM sebagai "cabang bank dalam satu kotak". Produsen NCR mengatakan bahwa penelitiannya menunjukkan  80% dari transaksi yang biasanya diselesaikan di dalam cabang fisik dapat diselesaikan melalui teller video di ATM.

Portugal memiliki proporsi mesin uang terbanyak di Eropa barat dengan 1.516 mesin per satu juta penduduk.

Swedia, tipikal pergeseran Skandinavia menuju masyarakat tanpa uang, memiliki tingkat terendah dengan 333 mesin per satu juta penduduk. (Gungde Ariwangsa)

 

Industri  -  Sabtu, 21 April 2018
PESAWAT DELAY
Berikut Penjelasan Lion Group Soal Keterlambatan Puluhan Penerbangannya

Bisnisnews.id -   Puluhan penerbangan  Lion Air Group Sabtu (21/4/201) memgalami keterlambatan  (delayed) dari dan ke Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan (PLM) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 20 April 2018
BOLA
Wenger Akhirnya Tinggalkan Kursi Kepelatihan Arsenal

Bisnisnews.id – Pelatih berkebangsaan Perancis Arsene Wenger akhirnya memutuskan untuk mengakhiri karir panjangnya bersama Arsenal saat musim 2017/2018 resmi ditutup.   Sebelumnya para fans The Gunners memang sudah . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Jumat, 20 April 2018
DESTINASI WISATA
Pelabuhan Heritage Sunda Kelapa Kini Menjadi Pangkalan Pasir

Bisnisnews.id -  Sunda Kelapa sebagai pelabuhan warisan budaya (heritage) yang diusung Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan sebagai daerah kunjungan wisatawan banyak dikeluhkan masyarakat. Kondisinya menjadi tidak terawat dan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
ASIAN GAMES
Delegasi China Taipei Apresiasi Kerja Keras INASGOC

Bisnisnews.id – National Olympic Committee (NOC) China Taipei melakukan kunjungan ke Indoensia selama lima hari terhitung dari tanggal 15-20 April. Hal tersebut guna melihat persiapan Kota Jakarta dan Palembang selaku tuan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
MUNASLUB
KONI Tentukan Tuan Rumah PON 2024

Bisnisnews.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat akan menyelenggarakan Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) yang di laksanakan pada tanggal 24-25 April 2018 di Hotek Bidakara, Jakarta.   Adapun . . .
Selengkapnya