Kamis, 23 November 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Kesra / Berita

KECELAKAAN
Senin, 03 Juli 2017 11:19 WIB

Korban dan Black Box Helikopter Basarnas Berhasil Dievakuasi


Para petugas. gabungan yang diterjunkan melakukan evakuasi paara korban

Bisnisnews.id-Para korban jatuhnya pesawat helikopter milik Badan SAR Nasional (Basarnas)  di Bukit Muntung Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Minggu (2/7/2017) hari ini  (Senin/3/7/2017) berhasil dievakuasi. Para Petugas  yang dibantu puluhan relawan juga berhasil mengamankan kotak hitam atau Black box helikopter Basarnas HR 3602.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Temanggung Agus Sudaryono, Senin (3/7/2017) mengatakan sebanyak delapan korban berhasil dievakuasi tim gabungan.

Kata Agus,korban terakhir  yang dievakuasi adalah Kapten Laut Haryanto pilot helikopter sekitar  pujul 02 dinihari.

Helikopter tersebut rencananya bertolak ke Banjarnegara untuk membantu proses evakuasi letusan Kawah Sileri di kawasan Dieng.

Korban jatuhnya pesawat Basarnas sebanyak delapan orang dalam kondisi meninggal dunia, terdiri atas empat orang dari Basarnas dan empat awak helikopter terdiri atas pilot, copilot, dan dua teknisi.

Agus menuturkan semua jenazah langsung dievakuasi ke RS Bhayangkara Semarang untuk dilakukan identifikasi.

Secara umum proses evakuasi berjalan lancar, meskipun ada beberapa korban yang terjepit dan diperlukan peralatan khusus untuk mengevakuasinya.

"Evakuasi bagi korban terjepit tidak digunakan alat pemotong atau gergaji dikhawatirkan timbul percikan api, padahal masih banyak avtur, maka diperlukan alat khusus," katanya.

Menurut dia medan untuk evakuasi cukup berat, dari posko hingga lokasi kejadian memerlukan waktu 1,5 hingga 2 jam perjalanan dan bangkai heli sendiri akan dievakuasi siang ini.

Sementara itu Black box yang berhasil diamankan akan dilakukan bahan penyelidikan pihak Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)

bersama Basarnas untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan.

Selain mengamankan kotak hitam,  petugas juga mengamankan satu karung berisi barang pribadi milik delapan penumpang heli naas tersebut. (Adhitio/syam)



Baca Juga

 

Internasional  -  Kamis, 23 November 2017
CANBERRA
Paksa Pengungsi Pergi, Polisi PNG Masuki Kamp Manus

Bisnisnews.id - Polisi Papua Nugini masuk ke kamp pengungsian yang dikelola oleh Australia pada hari Kamis 23 November dan memaksa ratusan orang meninggalkan pusat penahanan di pulau tersebut. Pencari suaka, yang telah dibarikade . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Rabu, 22 November 2017
KECELAKAAN
Delapan Selamat Setelah Pesawat AL AS Jatuh DI Laut Jepang

Bisnisnews.id - Tim penyelamat telah menyelamatkan delapan orang ke tempat yang aman di selatan Jepang setelah sebuah pesawat Angkatan Laut AS dengan 11 orang di kapal jatuh di Laut Filipina. Pasukan Jepang dan Amerika bergegas . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Rabu, 22 November 2017
TERORIS
Pakistan Bebaskan Dalang Serangan Mumbai

Bisnisnews.id - Pengadilan Pakistan pada hari Rabu 22 November memerintahkan pembebasan salah satu dalang dugaan serangan Mumbai 2008 yang menewaskan lebih dari 160 orang, setelah berbulan-bulan AS menekan Islamabad atas dugaan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Rabu, 22 November 2017
ZIMBABWE
Mugabe Keluar, Buaya Pulang Ambil Alih

Bisnisnews.id - Wakil presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa akan terbang pulang pada hari Rabu 22 November untuk mengambil alih kekuasaan setelah pengunduran diri Robert Mugabe yang mengakhiri masa pemerintahan 37 tahun yang otoriter. Dia . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Rabu, 22 November 2017
SERBIA
Dipenjara Seumur Hidup, Penjagal Bosnia Dinyatakan Bersalah Atas Genosida

Bisnisnews.id - Juri PBB pada hari Rabu 22 November menghukum mantan komandan Serbia Bosnia, Ratko Mladic untuk menjalani hukuman penjara seumur hidup setelah menemukannya bersalah melakukan genosida dan kejahatan perang dalam . . .
Selengkapnya