Minggu, 22 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Kesra / Berita

KECELAKAAN
Senin, 03 Juli 2017 11:19 WIB

Korban dan Black Box Helikopter Basarnas Berhasil Dievakuasi


Para petugas. gabungan yang diterjunkan melakukan evakuasi paara korban

Bisnisnews.id-Para korban jatuhnya pesawat helikopter milik Badan SAR Nasional (Basarnas)  di Bukit Muntung Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Minggu (2/7/2017) hari ini  (Senin/3/7/2017) berhasil dievakuasi. Para Petugas  yang dibantu puluhan relawan juga berhasil mengamankan kotak hitam atau Black box helikopter Basarnas HR 3602.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Temanggung Agus Sudaryono, Senin (3/7/2017) mengatakan sebanyak delapan korban berhasil dievakuasi tim gabungan.

Kata Agus,korban terakhir  yang dievakuasi adalah Kapten Laut Haryanto pilot helikopter sekitar  pujul 02 dinihari.

Helikopter tersebut rencananya bertolak ke Banjarnegara untuk membantu proses evakuasi letusan Kawah Sileri di kawasan Dieng.

Korban jatuhnya pesawat Basarnas sebanyak delapan orang dalam kondisi meninggal dunia, terdiri atas empat orang dari Basarnas dan empat awak helikopter terdiri atas pilot, copilot, dan dua teknisi.

Agus menuturkan semua jenazah langsung dievakuasi ke RS Bhayangkara Semarang untuk dilakukan identifikasi.

Secara umum proses evakuasi berjalan lancar, meskipun ada beberapa korban yang terjepit dan diperlukan peralatan khusus untuk mengevakuasinya.

"Evakuasi bagi korban terjepit tidak digunakan alat pemotong atau gergaji dikhawatirkan timbul percikan api, padahal masih banyak avtur, maka diperlukan alat khusus," katanya.

Menurut dia medan untuk evakuasi cukup berat, dari posko hingga lokasi kejadian memerlukan waktu 1,5 hingga 2 jam perjalanan dan bangkai heli sendiri akan dievakuasi siang ini.

Sementara itu Black box yang berhasil diamankan akan dilakukan bahan penyelidikan pihak Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)

bersama Basarnas untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan.

Selain mengamankan kotak hitam,  petugas juga mengamankan satu karung berisi barang pribadi milik delapan penumpang heli naas tersebut. (Adhitio/syam)



Baca Juga

 

Industri  -  Sabtu, 21 April 2018
PESAWAT DELAY
Berikut Penjelasan Lion Group Soal Keterlambatan Puluhan Penerbangannya

Bisnisnews.id -   Puluhan penerbangan  Lion Air Group Sabtu (21/4/201) memgalami keterlambatan  (delayed) dari dan ke Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan (PLM) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 20 April 2018
BOLA
Wenger Akhirnya Tinggalkan Kursi Kepelatihan Arsenal

Bisnisnews.id – Pelatih berkebangsaan Perancis Arsene Wenger akhirnya memutuskan untuk mengakhiri karir panjangnya bersama Arsenal saat musim 2017/2018 resmi ditutup.   Sebelumnya para fans The Gunners memang sudah . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Jumat, 20 April 2018
DESTINASI WISATA
Pelabuhan Heritage Sunda Kelapa Kini Menjadi Pangkalan Pasir

Bisnisnews.id -  Sunda Kelapa sebagai pelabuhan warisan budaya (heritage) yang diusung Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan sebagai daerah kunjungan wisatawan banyak dikeluhkan masyarakat. Kondisinya menjadi tidak terawat dan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
ASIAN GAMES
Delegasi China Taipei Apresiasi Kerja Keras INASGOC

Bisnisnews.id – National Olympic Committee (NOC) China Taipei melakukan kunjungan ke Indoensia selama lima hari terhitung dari tanggal 15-20 April. Hal tersebut guna melihat persiapan Kota Jakarta dan Palembang selaku tuan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
MUNASLUB
KONI Tentukan Tuan Rumah PON 2024

Bisnisnews.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat akan menyelenggarakan Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) yang di laksanakan pada tanggal 24-25 April 2018 di Hotek Bidakara, Jakarta.   Adapun . . .
Selengkapnya