Jumat, 23 Februari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Kesra / Berita

KECELAKAAN
Senin, 03 Juli 2017 11:19 WIB

Korban dan Black Box Helikopter Basarnas Berhasil Dievakuasi


Para petugas. gabungan yang diterjunkan melakukan evakuasi paara korban

Bisnisnews.id-Para korban jatuhnya pesawat helikopter milik Badan SAR Nasional (Basarnas)  di Bukit Muntung Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Minggu (2/7/2017) hari ini  (Senin/3/7/2017) berhasil dievakuasi. Para Petugas  yang dibantu puluhan relawan juga berhasil mengamankan kotak hitam atau Black box helikopter Basarnas HR 3602.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Temanggung Agus Sudaryono, Senin (3/7/2017) mengatakan sebanyak delapan korban berhasil dievakuasi tim gabungan.

Kata Agus,korban terakhir  yang dievakuasi adalah Kapten Laut Haryanto pilot helikopter sekitar  pujul 02 dinihari.

Helikopter tersebut rencananya bertolak ke Banjarnegara untuk membantu proses evakuasi letusan Kawah Sileri di kawasan Dieng.

Korban jatuhnya pesawat Basarnas sebanyak delapan orang dalam kondisi meninggal dunia, terdiri atas empat orang dari Basarnas dan empat awak helikopter terdiri atas pilot, copilot, dan dua teknisi.

Agus menuturkan semua jenazah langsung dievakuasi ke RS Bhayangkara Semarang untuk dilakukan identifikasi.

Secara umum proses evakuasi berjalan lancar, meskipun ada beberapa korban yang terjepit dan diperlukan peralatan khusus untuk mengevakuasinya.

"Evakuasi bagi korban terjepit tidak digunakan alat pemotong atau gergaji dikhawatirkan timbul percikan api, padahal masih banyak avtur, maka diperlukan alat khusus," katanya.

Menurut dia medan untuk evakuasi cukup berat, dari posko hingga lokasi kejadian memerlukan waktu 1,5 hingga 2 jam perjalanan dan bangkai heli sendiri akan dievakuasi siang ini.

Sementara itu Black box yang berhasil diamankan akan dilakukan bahan penyelidikan pihak Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)

bersama Basarnas untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan.

Selain mengamankan kotak hitam,  petugas juga mengamankan satu karung berisi barang pribadi milik delapan penumpang heli naas tersebut. (Adhitio/syam)



Baca Juga

 

Internasional  -  Jumat, 23 Februari 2018
INDEKS KORUPSI
Peringkat 96, Indonesia Masih Masuk Kategori Negara Korup

Bisnisnews.id - Transparency International merilis Indeks Persepsi Korupsi 2017  dan hasil penemuannya adalah sebagian besar negara di dunia hanya membuat sedikit atau tidak ada kemajuan dalam mengakhiri korupsi. Indonesia . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 23 Februari 2018
EXPO
Kemenpora Pamerkan Industri Olahraga di Kemenkeu

Bisnisnews.id – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ikut berpatisipasi pada Pameran Capain Kinerja Kementerian dan Lembaga yang di gelar di Kantor Kementeria Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Kamis (22/2/2018). Pada . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 22 Februari 2018
Jurgen Klopp Ingin Kembali ke Era Bill Shankly

Bisnisnews.id – Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengatakan, klub yang dilatihnya tersebut sarat akan sejarah yang besar dan pelatih-pelatih hebat di masa lampau salah satunya, Klopp menyebut Liverpool era Bill Shankly sebagai . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 22 Februari 2018
KLUB BOLA
AC Milan Bangkrut, Bos Asal Tiongkok Yonghong Li Teriak

Bisnisnews.id – Pemilik AC Milan Yonghong Li akhirnya buka suara dan membantah semua kabar yang menyebutkan bahwa dirinya mengalami masalah finansial dan jatuh bangkrut, Rabu (22/2/2010). Sebelumnya, keuangan Li disebut  . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 22 Februari 2018
ASIAN GAMES
Asian Games 2018 Akan Diliput 2000 Wartawan

Bisnisnews.id – Buka hanya ribuan atlet dan ofisial yang bakal menyerbu Palembang, tapi awak media juga akan membanjiri Bumi Sriwijaya guna meliput perhelatan Asian Games 2018 mendatang. Diperkirakan 2.000 wartawan akan . . .
Selengkapnya