Jumat, 28 Juli 2017

Home/ Nasional / Kesra / Berita

Senin, 03 Juli 2017 14:58 WIB

Duka Selimuti TNI AL, Jenazah Dilepas Dengan Upacara Militer


Upacara pelepasan jenazah (Foto:istimewa)

Bisnisnews.id -  Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi berbelasungkawa atas gugurnya empat prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL) pada kecelakaan heli Basarnas HR 3602 pada hari Minggu (2/7/2017) di Candi Roto Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Empat prajurit terbaik itu gugur dalam menjalankan tugas kemanusiaan saat akan memonitor sekaligus evakuasi wisatawan yang terjebak letusan Kawah Sileri di kawasan Gunung Api Dieng.

"Kita semuaya kehilangan. Kita turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya atas gugurnya empat prajurit terbaik TNI AL," kata KASAL saat kegiatan halal bi halal seluruh Prajurit TNI AL wilayah Jakarta, di Balai Samudera, Sunter Jakarta Utara, Senin (3/7/2017).

Terhadap musibah itu, seluruh jajaran TNI Angkatan Laut pun melaksanakan doa bersama yang dipimpin langsung  KASAL Laksamana TNI Ade Supandi.

Keempat prajurit TNI AL yang gugur saat bertugas BKO Basarnas yaitu, Kapten Laut (P) Haryanto alumni AAL angkatan 53/2007, Kapten Laut (P) Solihin alumni AAL angkatan 55/2009, Peltu LPU Budi Santoso lulusan Dikcaba Milsuk Angkatan 12/1993, dan Serka MPU Hari Marsono  merupakan lulusan Dikcaba PK angkatan 25/2005.

Seluruh prajurit yang gugur merupakan personel TNI AL dari Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) Surabaya,"/kata KASAL.

Sebelum jatuh, helikopter milik Basarnas Dauphin AS365 N3+HR-3602 tersebut disiagakan di pintu keluar tol Gringsing, Kabupaten Batang, selama arus mudik dan balik Lebaran.

Heli tersebut mendapat instruksi untuk bertolak ke Banjarnegara guna membantu proses evakuasi korban letusan Kawah Sileri di kawasan Dieng.

Upacara Pelepasan

Kepala Basarnas Marsekal Muda TNI M. Syaugi memimpin upacara militer pelepasan jenazah korban helikopter di Pangkalan Udara TNI Angkatan Darat (Lanumad) Bandara Ahmad Yani Semarang.

Hadir dalam upacara tersebut Gubernur Ganjar Pranowo serta Kapolda Irjen Pol Condro Kirono. Gubernur Ganjar dalam sambutannya menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya para pejuang kemanusiaan itu.

Para korban meninggal tersebut belum juga menyelesaikan tugasnya untuk membantu masyarakat.

Kru heli dan personel Basarnas tersebut disiagakan di pintu keluar tol Gringsing, Kabupaten Batang, selama arus mudik dan balik Lebaran.

Jenazah para korban tersebut diangkut melalui jalur darat serta udara untuk dipulangkan ke rumah duka. Sebanyak tiga jenazah tujuan Sidoarjo diangkut dengan menggunakan dua pesawat, sementara lima jenazah lainnya diangkut dengan melalui jalur darat.(Adhitio/Syam)


 

Baca Juga

 

Industri  -  Jumat, 28 Juli 2017
LAPORAN KEUANGAN
Kinerja Dua Maskapai Alami Penurunan

Bisnisnews.id - Maskapai penerbangan Singapore Airlines (SIA) melaporkan penurunan laba bersih 8,6 persen untuk kuartal pertama tahun buku 2017-18 dibandingkan tahun lalu, katanya dalam rilis berita pada hari Kamis (27/7/2017). . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Kamis, 27 Juli 2017
KIM JONG NAM
Dua Tersangka Akan Mengaku Tidak Bersalah

Bisnisnews.id - Dua wanita yang dituduh meracuni saudara pemimpin Korea Utara di bandara akan mengaku tidak bersalah saat berada di pengadilan Malaysia pada hari Jumat 28 Juli, kata pengacara mereka. Warga Indonesia, Siti Aisyah . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Kamis, 27 Juli 2017
HUB INTERNASIONAL
Lomba Hub Global, Bandara Singapura dan Hong Kong Terancam

Bisnisnews.id - Selama beberapa dekade, Singapura dan Hong Kong telah menjadi titik transit utama yang menghubungkan wisatawan Asia ke dan dari seluruh dunia. Tapi sekarang, banyaknya bandara hub internasional di Asia yang melakukan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Kamis, 27 Juli 2017
E COMMERCE
Amazon Masuki Asia Tenggara, Dimulai Dari Singapura

Bisnisnews.id - Amazon meluncurkan layanan pengiriman ekspres di Singapura pada hari Kamis 27 Juli, raksasa ritel online AS pertama ke Asia Tenggara dan menempatkannya dalam persaingan langsung dengan Alibaba China. Aplikasi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Kamis, 27 Juli 2017
STRATEGI MASKAPAI
Miliki 12 Anak Perusahaan, AirAsia Akan Konsolidasi Jadi One AirAsia

Bisnisnews.id - CEO AirAsia, Tony Fernandes telah mengatakan bahwa dia ingin mengintegrasikan semua operasi maskapai tersebut ke dalam satu entitas penerbangan tunggal. "Saya mencoba menyatukan AirAsia menjadi satu maskapai menjadi . . .
Selengkapnya