Sabtu, 18 November 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Kesra / Berita

KECELAKAAN HELI
Senin, 03 Juli 2017 14:58 WIB

Duka Selimuti TNI AL, Jenazah Dilepas Dengan Upacara Militer


Upacara pelepasan jenazah (Foto:istimewa)

Bisnisnews.id -  Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi berbelasungkawa atas gugurnya empat prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL) pada kecelakaan heli Basarnas HR 3602 pada hari Minggu (2/7/2017) di Candi Roto Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Empat prajurit terbaik itu gugur dalam menjalankan tugas kemanusiaan saat akan memonitor sekaligus evakuasi wisatawan yang terjebak letusan Kawah Sileri di kawasan Gunung Api Dieng.

"Kita semuaya kehilangan. Kita turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya atas gugurnya empat prajurit terbaik TNI AL," kata KASAL saat kegiatan halal bi halal seluruh Prajurit TNI AL wilayah Jakarta, di Balai Samudera, Sunter Jakarta Utara, Senin (3/7/2017).

Terhadap musibah itu, seluruh jajaran TNI Angkatan Laut pun melaksanakan doa bersama yang dipimpin langsung  KASAL Laksamana TNI Ade Supandi.

Keempat prajurit TNI AL yang gugur saat bertugas BKO Basarnas yaitu, Kapten Laut (P) Haryanto alumni AAL angkatan 53/2007, Kapten Laut (P) Solihin alumni AAL angkatan 55/2009, Peltu LPU Budi Santoso lulusan Dikcaba Milsuk Angkatan 12/1993, dan Serka MPU Hari Marsono  merupakan lulusan Dikcaba PK angkatan 25/2005.

Seluruh prajurit yang gugur merupakan personel TNI AL dari Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) Surabaya,"/kata KASAL.

Sebelum jatuh, helikopter milik Basarnas Dauphin AS365 N3+HR-3602 tersebut disiagakan di pintu keluar tol Gringsing, Kabupaten Batang, selama arus mudik dan balik Lebaran.

Heli tersebut mendapat instruksi untuk bertolak ke Banjarnegara guna membantu proses evakuasi korban letusan Kawah Sileri di kawasan Dieng.

Upacara Pelepasan

Kepala Basarnas Marsekal Muda TNI M. Syaugi memimpin upacara militer pelepasan jenazah korban helikopter di Pangkalan Udara TNI Angkatan Darat (Lanumad) Bandara Ahmad Yani Semarang.

Hadir dalam upacara tersebut Gubernur Ganjar Pranowo serta Kapolda Irjen Pol Condro Kirono. Gubernur Ganjar dalam sambutannya menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya para pejuang kemanusiaan itu.

Para korban meninggal tersebut belum juga menyelesaikan tugasnya untuk membantu masyarakat.

Kru heli dan personel Basarnas tersebut disiagakan di pintu keluar tol Gringsing, Kabupaten Batang, selama arus mudik dan balik Lebaran.

Jenazah para korban tersebut diangkut melalui jalur darat serta udara untuk dipulangkan ke rumah duka. Sebanyak tiga jenazah tujuan Sidoarjo diangkut dengan menggunakan dua pesawat, sementara lima jenazah lainnya diangkut dengan melalui jalur darat.(Adhitio/Syam)


 

Baca Juga

 

Arena  -  Sabtu, 18 November 2017
DOPING
WADA Tetap Suspensi Rusia

Bisnisnews.id - Badan Anti-Doping Dunia tetap suspensi sementara Rusia pada hari Kamis (16/11/2017), meningkatkan kemungkinan larangan untuk ikut pada Olimpiade Musim Dingin Februari di Pyeongchang. Pertemuan Dewan WADA di Seoul . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 18 November 2017
LIBANON
Tuduh Saudi Tahan PM, Hariri Lakukan Perjalanan Ke Prancis

Bisnisnews.id - Perdana Menteri Libanon Saad Hariri akan berkunjung ke Prancis dalam beberapa hari mendatang, sebuah sumber kepresidenan Prancis mengatakan pada hari Rabu (15/11/2017), setelah Beirut menuduh Arab Saudi menahannya . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 17 November 2017
INFRASTRUKTUR
KEMENKEU: Tiga Sumber Pendanaan Pembangunan

Bisnisnews.id -  Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menegaskan sumber pembiayaan infrastruktur nasional bukan melulu bertumpu pada APBN namun juga dari BUMN dan swasta.  Diperlukan inovasi pembiayaan agar publik bisa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Jumat, 17 November 2017
POLITIK
Inggris Dukung Papua Tetap Bagian NKRI

Bisnisnews.id - Pemerintah Inggris mendukung wilayah Papua dan Papua Barat tetap berada dalam kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Duta besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik, di Sorong, Kamis, mengatakan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Jumat, 17 November 2017
KUDETA
Sang Istri Grace, Pemicu Jatuhnya Robert Mugabe

Bisnisnews.id - Presiden tertua di dunia, Robert Mugabe akhirnya turun tahta juga setelah militer mengambil alih kekuasaan secara paksa dan langsung mengendalikan pemeritahan Zinbabwe. Sedangkan Mugabe dan keluarganya dijamin . . .
Selengkapnya