Selasa, 23 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Kesra / Berita

PENGANGGURAN
Senin, 03 Juli 2017 15:15 WIB

PHK Terus Terjadi, Pemerintah Tegur Freeport Indonesia


Serikat Pekerja Freeport Indonesia mendesak pemerintah menengahi perselisihan antara karyawan dan manajemen setelah PHK 840 karyawan Freeport (15/5/2017) (photo: Tempo)

Bisnisnews.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah mengirim surat peringatan kepada PT Freeport Indonesia setelah memecat 4 ribu karyawan.

PHK tersebut terjadi setelah pemogokan pekerja Freeport Indonesia yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) dari 1 Mei sampai 16 Juni di Kabupaten Mimika, Papua.

Kementerian tersebut telah menuntut agar Freeport Indonesia bertindak sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan, kata direktur jenderal pertambangan batu bara, Bambang Gatot Ariyono.

"Kami telah memperingatkan Freeport untuk mematuhi undang-undang saat memberhentikan pegawai," kata Bambang seperti dikutip tribunnews.com (2/7/2017).

Secara terpisah, Freeport mengklaim telah mengikuti peraturan saat memberhentikan para karyawannya.

"Kami mengambil tindakan sesuai dengan pedoman dan undang-undang tentang hubungan industrial," kata juru bicara Freeport Indonesia, Riza Pratama.

Perusahaan tersebut, misalnya, meminta karyawan mogok untuk kembali bekerja, kata Riza, menambahkan bahwa undang-undang mengizinkan perusahaan untuk menghentikan karyawan yang tidak hadir dan mengabaikan panggilan perusahaan selama lima hari berturut-turut.

Freeport mengatakan perusahaan tidak akan membayar kompensasi kepada karyawan yang diberhentikan.

Freeport Indonesia juga memangkas 2 ribu karyawan pada bulan Februari 2017 untuk efisiensi perusahaan. Para karyawan juga ditawarkan paket pensiun dini dan cuti. 

Ribuan pekerja tambang di unit Freeport-McMoRan Inc Indonesia memperpanjang pemogokan mereka untuk satu bulan lagi untuk protes PHK, kata seorang pejabat serikat pekerja (21/6/2017).

"Hingga 6 ribu pekerja akan tetap mogok," kata hubungan industrial serikat pekerja Freeport Indonesia, kata Tri Puspital kepada Reuters.

Pekerja memulai pemogokan pada bulan Mei 2017 setelah Freeport memberhentikan sekitar 10 persen karyawannya, sementara penambang tersebut menegosiasikan izin pertambangan baru dengan pemerintah. (marloft)


Baca Juga

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
KONFLIK YERUSALEM
Kedutaan Amerika Pindah Ke Yerusalem Akhir 2019

Bisnisnews.id - Wakil Presiden AS Mike Pence berjanji untuk memindahkan kedutaan besar Amerika ke Yerusalem pada akhir 2019 dalam sebuah pidato hari Senin 22 Januari ke parlemen Israel. Saat Pence berbicara, Presiden Palestina . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
EKONOMI GLOBAL
Terdorong Reformasi Pajak AS, IMF Revisi Prospek Ekonomi Dunia

Bisnisnews.id - Perekonomian global pulih secara bersamaan dengan kecepatan lebih kuat, dan akan mendapatkan dorongan jangka pendek dari pemotongan pajak AS, Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan Senin 22 Januari. Dalam . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 22 Januari 2018
UMKM
AP I Gelar Pameran dan Peragaan Busana Daerah

Bisnisnews.id – Manajemen PT Angkasa Pura I menggelar  peragaan busana  pakaian daerah yang berasal dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Peragaan  busana diselenggarakan di ruang tunggu domestik Bandara . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 22 Januari 2018
KONGRES
Menhub Ajak Mahasiswa Membangun Indonesia

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak pemuda membangun seluruh daerah di Indonesia secara bersama-sama. Oleh karenanya konektivitas menjadi suatu keharusan agar Indonesia tetap menjadi Negara Kesatuan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 22 Januari 2018
BPIH
Biaya Penyelenggaraan Haji Tahun Ini Naik 2,58 Persen

Bisnisnews.id - Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun ini diperkirakan bakal naik sebesar 2,58 persen. Usulan kenaikan itu disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada rapat kerja antara Komisi VIII DPR RI dengan . . .
Selengkapnya