Minggu, 22 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Kesra / Berita

PENGANGGURAN
Senin, 03 Juli 2017 15:15 WIB

PHK Terus Terjadi, Pemerintah Tegur Freeport Indonesia


Serikat Pekerja Freeport Indonesia mendesak pemerintah menengahi perselisihan antara karyawan dan manajemen setelah PHK 840 karyawan Freeport (15/5/2017) (photo: Tempo)

Bisnisnews.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah mengirim surat peringatan kepada PT Freeport Indonesia setelah memecat 4 ribu karyawan.

PHK tersebut terjadi setelah pemogokan pekerja Freeport Indonesia yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) dari 1 Mei sampai 16 Juni di Kabupaten Mimika, Papua.

Kementerian tersebut telah menuntut agar Freeport Indonesia bertindak sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan, kata direktur jenderal pertambangan batu bara, Bambang Gatot Ariyono.

"Kami telah memperingatkan Freeport untuk mematuhi undang-undang saat memberhentikan pegawai," kata Bambang seperti dikutip tribunnews.com (2/7/2017).

Secara terpisah, Freeport mengklaim telah mengikuti peraturan saat memberhentikan para karyawannya.

"Kami mengambil tindakan sesuai dengan pedoman dan undang-undang tentang hubungan industrial," kata juru bicara Freeport Indonesia, Riza Pratama.

Perusahaan tersebut, misalnya, meminta karyawan mogok untuk kembali bekerja, kata Riza, menambahkan bahwa undang-undang mengizinkan perusahaan untuk menghentikan karyawan yang tidak hadir dan mengabaikan panggilan perusahaan selama lima hari berturut-turut.

Freeport mengatakan perusahaan tidak akan membayar kompensasi kepada karyawan yang diberhentikan.

Freeport Indonesia juga memangkas 2 ribu karyawan pada bulan Februari 2017 untuk efisiensi perusahaan. Para karyawan juga ditawarkan paket pensiun dini dan cuti. 

Ribuan pekerja tambang di unit Freeport-McMoRan Inc Indonesia memperpanjang pemogokan mereka untuk satu bulan lagi untuk protes PHK, kata seorang pejabat serikat pekerja (21/6/2017).

"Hingga 6 ribu pekerja akan tetap mogok," kata hubungan industrial serikat pekerja Freeport Indonesia, kata Tri Puspital kepada Reuters.

Pekerja memulai pemogokan pada bulan Mei 2017 setelah Freeport memberhentikan sekitar 10 persen karyawannya, sementara penambang tersebut menegosiasikan izin pertambangan baru dengan pemerintah. (marloft)


Baca Juga

 

Industri  -  Sabtu, 21 April 2018
PESAWAT DELAY
Berikut Penjelasan Lion Group Soal Keterlambatan Puluhan Penerbangannya

Bisnisnews.id -   Puluhan penerbangan  Lion Air Group Sabtu (21/4/201) memgalami keterlambatan  (delayed) dari dan ke Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan (PLM) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 20 April 2018
BOLA
Wenger Akhirnya Tinggalkan Kursi Kepelatihan Arsenal

Bisnisnews.id – Pelatih berkebangsaan Perancis Arsene Wenger akhirnya memutuskan untuk mengakhiri karir panjangnya bersama Arsenal saat musim 2017/2018 resmi ditutup.   Sebelumnya para fans The Gunners memang sudah . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Jumat, 20 April 2018
DESTINASI WISATA
Pelabuhan Heritage Sunda Kelapa Kini Menjadi Pangkalan Pasir

Bisnisnews.id -  Sunda Kelapa sebagai pelabuhan warisan budaya (heritage) yang diusung Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan sebagai daerah kunjungan wisatawan banyak dikeluhkan masyarakat. Kondisinya menjadi tidak terawat dan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
ASIAN GAMES
Delegasi China Taipei Apresiasi Kerja Keras INASGOC

Bisnisnews.id – National Olympic Committee (NOC) China Taipei melakukan kunjungan ke Indoensia selama lima hari terhitung dari tanggal 15-20 April. Hal tersebut guna melihat persiapan Kota Jakarta dan Palembang selaku tuan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 20 April 2018
MUNASLUB
KONI Tentukan Tuan Rumah PON 2024

Bisnisnews.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat akan menyelenggarakan Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) yang di laksanakan pada tanggal 24-25 April 2018 di Hotek Bidakara, Jakarta.   Adapun . . .
Selengkapnya