Rabu, 24 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Gaya Hidup / / Berita

GENDER
Selasa, 04 Juli 2017 10:36 WIB

Bayi Pertama Di Dunia Tanpa Tanda Kelamin


Pengamatan visual saat lahir tidak mampu menentukan jenis kelamin seseorang

Bisnisnews.id - Seorang bayi berusia delapan bulan didaftarkan orang tuanya tanpa tanda kelamin pria atau wanita dalam kartu kesehatan. Kasus pertama di dunia ini terjadi di Kanada.

Pada kartu kesehatan itu, seperti dilaporkan bbc.com, keterangan kelamin sang bayi ditandai dengan "U" di tempat untuk "seks", yang bisa berarti "tidak ditentukan" atau "tidak ditugaskan".

Orang tua sang bayi, Kori Doty, seorang transgender, memutuskan tidak mau memberi tanda kelamin anaknya dengan tujuan agar anaknya nanti yang menentukan gendernya sendiri. Kori Doty juga berjuang untuk menghilangkan jenis kelamin dari akta kelahiran.

Orangtua tersebut melahirkan Searyl Atli pada bulan November di sebuah rumah temannya di British Columbia. Kori Doty berpendapat bahwa inspeksi visual saat lahir tidak dapat menentukan jenis kelamin yang akan dimiliki atau diidentifikasi orang lain di kemudian hari.

Karena itu dia ingin menyimpan seks Searyl dari semua catatan resmi. "Saya membiarkan  Searyl sedemikian rupa sehingga sampai dia memiliki rasa diri dan perintah kosa kata untuk memberi tahu saya siapa dia. Saya mengenal dia sebagai bayi dan mencoba memberi mereka semua cinta dan dukungan untuk menjadi Orang yang paling utuh. Itulah yang membuat saya berjuang agar dia  bisa berada di luar batasan yang disebut  dengan kotak anak laki-laki dan kotak gadis itu, "kata orang tua tersebut dikutip oleh CBC.

Kori Doty, seorang pendidik komunitas yang merupakan bagian dari Koalisi ID Bebas Jender, mengatakan bahwa mereka yang merasa berbeda dengan penunjukan jender yang ditugaskan saat kelahiran menghadapi beberapa masalah di kemudian hari sambil berusaha mengubah dokumen mereka.

"Ketika saya lahir, dokter melihat alat kelamin saya dan membuat asumsi tentang siapa saya, dan tugas tersebut mengikuti saya dan mengikuti identifikasi saya sepanjang hidup saya," kata Kori Doty."Asumsi itu tidak benar, dan akhirnya saya harus banyak melakukan penyesuaian sejak saat itu."

Dalam kasus Searyl Atli, orang tua tersebut mengatakan bahwa pihak berwenang telah menolak untuk menerbitkan akta kelahiran tanpa penunjukan gender dan oleh karena itu orang tua telah mengajukan judicial review atas kasus tersebut.

Pengacara keluarga, barbara findlay, yang memilih untuk mengeja namanya tanpa huruf kapital, mengatakan kepada Global News: "Penugasan seks dalam budaya ini dilakukan saat seorang medis mengangkat kaki dan melihat alat kelamin bayi. Tapi kita tahu itu Identitas jender bayi sendiri tidak akan berkembang selama beberapa tahun sampai mereka lahir. "

Media Kanada melaporkan bahwa kartu kesehatan bayi tersebut bisa menjadi yang pertama di dunia yang tidak memiliki sebutan gender. (Gungde Ariwangsa)

Baca Juga

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
PILKADA
KPK dan Polri Akan Menangkap Pelaku Money Politic

Bisnisnews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Polri siap menangkap kandidat yang maju Pilkada menggunakan praktik politik uang untuk mendapatkan dukungan suara. "Kalau Ada kandidat menawarkan uang dalam pemilihan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
KORUPSI
Penyidik KPK Terus Mendalami Kasus Dugaan Korupsi di Dinas PU Papua

Bisnisnews.id - Kasus dugaan korupsi pejabat Dinas PU Papua pada proyek pembangunan jalan Kemiri-Depapre sepanjang 24 km yanng telah menyeret dua tersangka DM dan MK terus didalami Penyidik Komisi pembertasan Korupsi (KPK). Sebanyak . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Rabu, 24 Januari 2018
KEJAHATAN
Seorang Istri Menjual Suaminya Seharga Rp 500 Ribu

Bisnisnews.id - Peristiwa langka, wanita bernisisial VR, warga Jalan Tambak Wedi Baru, Surabaya Jawa Timur menjual suaminya kepada pria hidung belang senilai Rp 500 ribu dengan alasan ekonomi. Transaksi penjualan yang akhirnya . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 24 Januari 2018
BILATERAL
Menko Polhukam Lakukan Pertemuan Dengan Menhan AS

Bisnisnews.id - Menteri Pertahanan Amerika Serikat James Mattis lakukan pertemuan khusus dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
HUBUNGAN INDUSTRIAL
Dirjen Hubud Sikapi Kemelut Manajemen Garuda Vs APG dan Sekarga,

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan para operator penerbangan agar menyelesaikan beragam masalah yang ada di internal perusahaan asal tidak berdampak negatif terhadap keselamatan, . . .
Selengkapnya