Selasa, 26 September 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Hukum / Berita

KEAMANAN PENERBANGAN
Rabu, 05 Juli 2017 22:54 WIB

Tak Terima Diminta Lepas Jam Tangan, Istri Pejabat Tampar Personil Avsec


Inilah gambar dan video yang beredar, seorang ibu menolak melepas jam tangan di bandara Internasional Sam Ratulani manado dan menampar petugas Avsec

Bisnisnews.id - Memalukan, seorang penumpang pesawat Batik Air Id-6271 bernama Joice W, yang diduga istri seorang pejabat negara di Mabes Polri, menampar personil Aviation Security (Avsec) Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, hanya gara-gara disuruh melepas jam tangan oleh petugas Avsec bernama Jemy W Hantouw dan Amelia Magreani, Rabu (5/7/2017) yang tengah melaksanakan tugas.

Peristiwa memalukan itu terjadi bermula ketika pelaku masuk pintu X-Ray SCP 2, pintu detektor berbunyi karena pelaku memakai jam tangan. Oleh petugas Avsec Jemy W Hantouw melakukan pemeriksaan dan meminta agar jamnya di lepas untuk dimasukkan ke dalam X-ray.

Permintaan petugas Avsec itu tidak diterima pelaku dan langsung menempeleng petugas Avsec tersebut. Melihat peristiwa itu, petugas keamanan bandara lain langsung melakukan tindakan dan membawa pelaku ke Polsek Bandara untuk di mintai keterangan dan dilakukan mediasi oleh Polsek Bandara.

Pelaku kemudian melanjutkan penerbangan dengan flight Garuda GA-603 rute manado-Cengkareng pada pukul 11.00 Wita dengan mendapat pengawalan dari petugas Polsek Bandara.

Sekretaris perusahaan PT Angkasa Pura I, Israwadi mengakui adanya tindakan kekerasan yang dilakukan seorang istri pejabat terhadap Avsec bandara Sam Ratulangi Manado.

"Benar ada tindakan kekerasan. Yang bersangkutan adalah istri seorang pejabat, sudah dimediasi oleh pihak Polsek bandara," kata Israwadi.

Kendati demikian, pihak Angkasa Pura I akan menindaklanjuti untuk proses hukum, sesuai ketentuan yang berlaku. karena yang dilakukan personil Avsec Bandar sudah sesuai prosedur, dan seluruh penumpang transportasi udara wajib diperiksa untuk keamanan penerbangan.

Sekretaris Jenderal Indonesia National Air Carriers Association (INACA), Tengku Burhanudin yang dimintai pendapatnya terkait peristiwa memalukan dari seorang istri pejabat itu mengatakan, seharusnya peristiwa seperti itu tidak perlu terjadi bila penumpang yang diketahui istri pejabat memahami tugas dan fungsi Avsec dalam melakukan pemeriksaan,

Tindakan kekerasan dari si pelaku itu, dinilainya bentuk pelecehan terhadap institusi Aviation Security yang sedang melaksanakan tugas di area kerja. Tugas yang dilaksanakan personil Avsec itu dilakukan atas dasar perintah Undang-Undang No. 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.

"Kasihan suaminya, punya istri yang arogan, selain akan menanggung malu, (kalau betul suaminya bintang 1) akan mendapat penilaian khusus dari instansinya, padahal sudah berjuang meniti karier dan prestasi," jelas Tengku.

Sementara itu Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sesalkan tindak kekerasan yang dilakukan oleh seorang penumpang terhadap personil Avsec di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado.

"Saya sangat menyesalkan peristiwa kekerasan yang dilakukan oleh salah seorang penumpang terhadap personil Aviation Security Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado. Seharusnya kita semua menghargai petugas yang menjalankan tanggung jawabnya untuk menjaga keamanan dan keselamatan penumpang," kata Menhub Budi, dalam keterangan tertulisnya Rabu (5/7/2017).

Menhub mengatakan, pelaksanaan dan penegakan ketentuan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan setiap penumpang maupun barang yang akan diangkut dengan pesawat udara wajib untuk diperiksa dan ini menjadi tugas serta kewenangan personil avsec memeriksa penumpang dan barang bawaannya sebelum memasuki daerah keamanan terbatas dan atau ruang tunggu di bandara.

Hal ini dilakukan untuk menjamin tidak ada barang terlarang (prohibited items) yang dapat digunakan untuk melakukan tindakan melawan hukum yang tentunya dapat membahayakan keselamatan dan keamanan penerbangan.

"Dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009, tepatnya pada pasal 335 telah nyata disebutkan bahwa terhadap penumpang, personil pesawat udara bagasi kargo, dan pos yang akan diangkut harus dilakukan pemeriksaan dan memenuhi persyaratan keamanan penerbangan, ini sudah jelas dan wajib bagi seluruh penumpang untuk mentaati aturan ini," tegas Menhub.

ketentuan itu juga tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor: SKEP/2765/XII/2010 tentang Tata Cara Pemeriksaan Keamanan Penumpang, Personel Pesawat Udara, dan Barang Bawaan Yang Diangkut Dengan Pesawat Udara dan Orang Perseorangan.

Untuk itu Menhub berharap agar penegakan hukum terhadap kejadian ini menjadi pembelajaran bagi semua pihak khususnya penumpang pesawat udara. Menhub juga berharap kepada seluruh masyarakat penumpang pesawat udara untuk dapat koorperatif dalam mentaati aturan perundangan yang berlaku.

"Kepada penumpang agar bisa kooperatif, ikuti arahan petugas seperti memasukkan seluruh barang bawaan ke dalam mesin x-ray termasuk jam tangan, handphone, melepas ikat pinggang dan jaket, jika diperlukan petugas avsec punya hak penuh untuk memeriksa penumpang lebih detail, demi keselamatan dan keamanan bersama," jelasnnya.

Pada kesempatan yang sama Menhub Budi juga menyampaikan apresiasi kepada personil Avsec yang telah menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab dan profesional.

"Saya mengapresiasi personil yang bertugas, yang dapat menjaga integritas dan profesional dalam menjalankan tugas, bahkan ketika memperoleh tindakan kekerasan, ini menjadi pemacu semangat personil avsec lainnya," jelasnya (Syam S)

Baca Juga

 

Industri  -  Selasa, 26 September 2017
INDUSTRI PELAYARAN
Pemerintah Konsisten Menerapkan Asas Cabotage

Bisnisnews.id-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan, pemerintah konsisten melaksanakan asas cabotage sebagai upaya melindungi pelayaran nasional sesuai Inpres 5/205 tentang pemberdayaan industri pelayaran nasiona. "Kita . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Selasa, 26 September 2017
Hari Ini, Kirab Pemuda 2017 Menuju Miangas

Bisnisnews.id -Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi kukuhkan Kirab Pemuda 2017 yang digelar mulai 26 September sampai 6 Desember 2017, melintasi 34 provinsi . Menpora menjelaskan, kirab pemuda ini dilakukan dalam . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Selasa, 26 September 2017
SENTUL SERIES
Haridarma, Menuju Juara Nasional

Bisnisnews.id - Pembalap Haridarma Manoppo dari Toyota Team Indonesia (TTI) akhirnya tampil mengungguli Alvin Bahar dalam balapan Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) di Sirkuit Internasional Sentul. Di kelas Kejurnas . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 26 September 2017
TRAVEL BAN
Aneka Reaksi Negara Yang Dilarang Masuk AS

Bisnisnews.id - Presiden Donald Trump telah menandatangani perintah yang memberlakukan pembatasan perjalanan terbaru bagi warga dari beberapa negara, termasuk lima negara dari larangan sebelumnya. Pejabat pemerintah mengatakan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 26 September 2017
RETORIKA
Korut Tuduh AS Deklarasikan Perang

Bisnisnews.id - Menteri luar negeri Korea Utara menuduh Presiden AS Donald Trump pada Senin 25 September mendeklarasikan perang di negaranya dan memperingatkan bahwa Pyongyang akan mempertahankan diri dengan menembaki pembom AS. "Trump . . .
Selengkapnya