Rabu, 20 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / / Berita

ISIS
Minggu, 09 Juli 2017 22:49 WIB

PM Irak Umumkan Kemenangan Mosul


Tentara Irak berkumpul merayakan kemenangan saat pertarungan mereka melawan militan Islam di Kota Tua Mosul, Minggu, 9 Juli 2017. (AP Photo / Felipe Dana)

Bisnisnews.id - Pasukan Irak merayakan kemenangan setelah mengusir militan ISIS dari Mosul pada hari Minggu 9 Juli 2017, namun pertempuran sengit masih berlanjut di wilayah kecil kota tersebut.

Letnan Jenderal Jassim Nizal dari angkatan bersenjata Divisi ke-9 mengatakan bahwa pasukannya mencapai kemenangan, setelah pengumuman serupa dibuat oleh Polisi Federal militer.

TV pemerintah Irak melaporkan bahwa Perdana Menteri Haider al-Abadi tiba di kota tersebut untuk mengumumkan kemenangan atas ISIS setelah operasi lebih dari 8 bulan.

TV Amerika mengutip al-Abadi yang mengucapkan selamat kepada pejuang dan orang-orang yang mendapat kemenangan besar di kota utama, bahkan saat pertempuran masih berlanjut di wilayah kecil kota tersebut.

Irak melancarkan operasi untuk merebut kembali Mosul pada bulan Oktober. ISIS sekarang menguasai wilayah kurang dari satu kilometer persegi di Kota Tua Mosul. Terkesan putus asa, ISIS menggunakan perisai manusia sipil, pelaku bom bunuh diri dan penembak jitu dalam perangnya.

Militan tersebut merebut Mosul, kota terbesar kedua Irak di musim panas 2014. Nizal mengakui bahwa banyak orangnya melarikan diri dari kota pada saat itu, yang memalukan bagi angkatan bersenjata Irak.

"Beberapa hal terjadi di sini, itu benar," katanya dikutip dari The Associated Press. "Tapi kita sudah kembali."

Sebagian besar Kota Tua Mosul dan daerah sekitarnya hancur lebur selama berbulan-bulan pertempuran. Akibatnya ada lebih dari 897 ribu orang yang mengungsi akibat pertempuran di Mosul.

Hilangnya kota tersebut akan menandai kekalahan besar bagi kelompok ISIS.

Pasukan Suriah yang didukung AS telah masuknya ke kapital de facto kelompok tersebut yaitu kota Raqqa di Suriah utara, namun sebuah kemenangan terakhir masih bisa berbulan-bulan lagi, dan para ekstremis masih memiliki wilayah di beberapa kota dan desa kecil di Irak dan Suriah. (marloft)

Baca Juga

 

Nasional  -  Selasa, 19 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Puncak Arus Balik Pemudik Dari Sumatera ke Jawa Terjadi Pada H+3

Bisnisnews.id - Arus Balik  pemudik Angkutan Lebaran 1439 H / 2018 dari Sumatera ke Jawa yang menyeberang di Bakauheni  ke Merak akan terjadi pada 20 Junk 2018 atau H+3. Sekretaris  Jenderal Kemenhub Djoko Sasono . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Selasa, 19 Juni 2018
KECELAKAAN KAPAL
KSOP Wajib Mematuhi Peraturan Keselamatan Penumpang

Bisnisnews.id  - Seluruh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) diperintahkan mematuhi aturan tentang keselamatan. Penumpang yang diangkut harus sesuai dengan kapasitas kapal yang akan dioperasikan. Perintah . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Selasa, 19 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Sampai H+2 Pertumbuhan Penumpang Naik 6.35 Persen

Bisnisnews.id  -  Sampai H+2 lebaran 2018 penumpang angkutan udara tercatat  2.390.501 atau naik 6.35 persen dibanding tahun 2017 yang mencapai  2.247.687 penumpang. “Dari yang dilaporkan pertumbuhan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Selasa, 19 Juni 2018
TURNAMEN
WTA Future Stars dan Kids Clinic Bergulir di Bali

Bisnisnews.id - Women Tennis Association (WTA), gelar turnamen WTA Future Stars dan WTA Kids’ Clinic 2018 di Bali  19 - 23 Juni 2018. Event bergengsi  yang akan berlangsung di lapangan tenis KONI Bali  merupakan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Selasa, 19 Juni 2018
PELAYANAN
Menhub Minta Terminal Bus Terapkan Sistem Eticketing

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan dua hal pokok yang harus dilakukan untuk meningkatkan pelayanan bagi pengguna angkutan bus.  Yaitu,  ticketing online dan peningkatan mutu serta kualitas . . .
Selengkapnya