Senin, 20 November 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / / Berita

ISIS
Minggu, 09 Juli 2017 22:49 WIB

PM Irak Umumkan Kemenangan Mosul


Tentara Irak berkumpul merayakan kemenangan saat pertarungan mereka melawan militan Islam di Kota Tua Mosul, Minggu, 9 Juli 2017. (AP Photo / Felipe Dana)

Bisnisnews.id - Pasukan Irak merayakan kemenangan setelah mengusir militan ISIS dari Mosul pada hari Minggu 9 Juli 2017, namun pertempuran sengit masih berlanjut di wilayah kecil kota tersebut.

Letnan Jenderal Jassim Nizal dari angkatan bersenjata Divisi ke-9 mengatakan bahwa pasukannya mencapai kemenangan, setelah pengumuman serupa dibuat oleh Polisi Federal militer.

TV pemerintah Irak melaporkan bahwa Perdana Menteri Haider al-Abadi tiba di kota tersebut untuk mengumumkan kemenangan atas ISIS setelah operasi lebih dari 8 bulan.

TV Amerika mengutip al-Abadi yang mengucapkan selamat kepada pejuang dan orang-orang yang mendapat kemenangan besar di kota utama, bahkan saat pertempuran masih berlanjut di wilayah kecil kota tersebut.

Irak melancarkan operasi untuk merebut kembali Mosul pada bulan Oktober. ISIS sekarang menguasai wilayah kurang dari satu kilometer persegi di Kota Tua Mosul. Terkesan putus asa, ISIS menggunakan perisai manusia sipil, pelaku bom bunuh diri dan penembak jitu dalam perangnya.

Militan tersebut merebut Mosul, kota terbesar kedua Irak di musim panas 2014. Nizal mengakui bahwa banyak orangnya melarikan diri dari kota pada saat itu, yang memalukan bagi angkatan bersenjata Irak.

"Beberapa hal terjadi di sini, itu benar," katanya dikutip dari The Associated Press. "Tapi kita sudah kembali."

Sebagian besar Kota Tua Mosul dan daerah sekitarnya hancur lebur selama berbulan-bulan pertempuran. Akibatnya ada lebih dari 897 ribu orang yang mengungsi akibat pertempuran di Mosul.

Hilangnya kota tersebut akan menandai kekalahan besar bagi kelompok ISIS.

Pasukan Suriah yang didukung AS telah masuknya ke kapital de facto kelompok tersebut yaitu kota Raqqa di Suriah utara, namun sebuah kemenangan terakhir masih bisa berbulan-bulan lagi, dan para ekstremis masih memiliki wilayah di beberapa kota dan desa kecil di Irak dan Suriah. (marloft)

Baca Juga

 

Arena  -  Sabtu, 18 November 2017
SEPAKBOLA
Anez Antar Suriah Kalahkan Timnas Senior Indonesia

Bisnisnews.id -  Tim nasional Indonesia takluk dengan skor 0-1 dari tim nasional U-23 Suriah dalam laga persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Sabtu. Gol timnas U-23 dalam laga tersebut dicetak Mouhamad . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 18 November 2017
BALAP SEPEDA
Deklarasi KOSTI Ngawi Tuntut Realisasi Hari Bersepeda Nasional

Bisnisnews.id - Pada hari Sabtu, tanggal 18 November 2017, Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Ngawi mendeklarasikan dukungan secara penuh terwujudnya Hari Bersepeda Nasional. Dalam deklarasi yang dicetuskan bersamaan dengan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 18 November 2017
LIGA INGGRIS
Mourinho Duetkan Ibrahimovic Dan Lukaku Hadapi Newcastle

Bisnisnews.id - Jose Mourinho berencana  menggunakan formasi 3-5-2 dengan menduetkan Romelu Lukaku dan Zlatan Ibrahimovic saat menghadapi Newcastle United di Old Trafford. Mourinho yakin Romelu Lukaku dan Ibrahimovic bisa . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 18 November 2017
BALAP SEPEDA
GPN Etape Ngawi, Kuatkan Tekad Pecanangan Hari Bersepeda Nasional

Bisnisnews.id - Pelaksanaan Etape ke-88 perhelatan Gowes Pesona Nusantara (GPN) yang merupakan salahsatu program unggulan Kemenpora di bawah gerakan "Ayo Olahraga" makin menguatkan tekad pecanangan  Hari Bersepeda Nasional. . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 18 November 2017
ASIAN GAMES 2018
Tinjau Pelatnas Angkat Besi, Wapres JK Sinkronkan Tiga Aspek Persiapan

Bisnisnews.id -  Wakil Presiden Jusuf Kalla mengemukakan, panitia pelaksana Asian Games 2018 terus berusaha untuk menyingkronkan aspek sarana, penyelenggaraan dan prestasi demi mewujudkan sukses Indonesia dalam pesta olahraga . . .
Selengkapnya