Senin, 25 September 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Perbankan / Berita

BURSA
Senin, 10 Juli 2017 12:31 WIB

Sistem Error, Freeze Di BEI Terhenti


Penyebaran informasi dan Datafeed Bursa Efek Indonesia (BEI) sempat mengalami gangguan

Bisnisnews.id - Gangguan teknis pada sistem penyebaran informasi pasar di Bursa Efek Indonesia (BEI) membuat perdagangan (Freeze)  seluruh efek yang beraifat ekuitas dan derivatif yang di perdagangkan di bursa. Gangguan terjadi Senin (10/7/2017) sejak pukul 08.52 WIB akibat terjadinya masalah pada Datafeed.

"Terdapat gangguan di BEI pada hari ini,  Senin (10/7/2017). Kami mendapati bahwa terdapat gangguan teknis pada penyebaran informasi dan Datafeed," kata Kepala Divisi Komunikasi BEI Yulianto Aji Sadono di Jakarta, Senin.

Yulianto Aji Sadono mengatakan, sebagai upaya pemulihan kepada anggota bursa dan partisipan, BEI telah dan sedang melakukan upaya perbaikan dan akan menginformasikan lebih lanjut terkait acuan informasi perdagangan. Diperkirakan, transaksi akan normal kembali pada pukul 10.00 WIB.

Pemberitahuan selengkapnya mengenai perubahan jadwal perdagangan akan disampaikan melalui website resmi BEI yaitu www.idx.co.id. BEI-pun minta maaf atas ketidaknyamanan ini.

Freeze dilakukan BEI sejak pukul 09:34  sampai dengan pukul 10:00. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pagi ini hingga pukul 9:47 WIB tak mengalami pergerakan sama sekali.

Terkait dengan langkah pemulihan layanan maka BEI memutuskan untuk melakukan trading normal dan akan melanjutkan perdagangan hari ini pada pukul 10.00 WIB.

Oleh karena itu, BEI pun memutuskan operasional perdagangan akan berjalan di Main Site. Selain itu, BEI juga mengatakan tidak ada perubahan jadwal perdagangan.

Berikut adalah jadwal perdagangan saham hari ini:

Sesi I
Mulai: Pukul 10:00 WIB
Selesai: Pukul 12:00 WIB
Break
Mulai: Pukul 12:00 WIB
Selesai: Pukul 13:30 WIB
Sesi II
Mulai: Pukul 13:30 WIB
Selesai: Pukul 15:50 WIB
Pre-Closing
Mulai: Pukul 15:50 WIB
Selesai: Pukul 16:00 WIB
Pembentukan Harga
Mulai: Pukul 16:00 WIB.
Selesai: Pukul 16:05 WIB
Post Trading
Mulai: Pukul 16:05 WIB
Selesai: Pukul 16:15 WIB.

IHSG terlihat masih berada di level 5.814.79 sama dengan posisi saat penutupan perdagangan, Jumat (7/7/2017). Terkait hal tersebut, manajemen BEI menyatakan jika memang terdapat gangguan di BEI pada hari ini, Senin (10/7/2017), pukul 08:52 WIB.

Mengutip keterangan tertulis BEI, Jakarta, Senin (10/7/2017), seluruh transaksi bursa yang telah terjadi (match) tetap diakui atau tersimpan oleh sistem JATS. Selain itu, seluruh penawaran jual dan permintaan beli yang belum match (open order) akan dihapus oleh sistem JATS. (Gungde Ariwangsa)

Baca Juga

 

Internasional  -  Senin, 25 September 2017
TRAGEDI KEMANUSIAAN
Memberi Makan Ribuan Pengungsi,  Bangladesh Berharap Bantuan Internasional

Bisnisnews.id-Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, Filippo Grandi mengatakan, saat ini Bangladesh sangat membutuhkan bantuan internasional, untuk memberi makan dan melindungi 436.000 orang Rohingya yang telah meninggalkan Myanmar . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Minggu, 24 September 2017
AIRNAV INDONESIA
Gunung Agung Status AWAS, Sejumlah Penerbangan ke Bali Akan Dialihkan 

Bisnisnews.id-Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Airnav Indonesia) akan mengalihkan sejumlah rute penerbangan tujuan bandara I Gusti Ngurahrai Bali ke sejumlah bandara, menyusul ancaman letusan . . .
Selengkapnya

 

Opini  -  Minggu, 24 September 2017
Nobar Pertandingan  KPK Vs DPR,  Makin Tegang ....

Oleh: Baba Makmun Penulis adalah wartawan senior, tinggal di kawasan Pejaten Timur Jaksel. Bisnisnews.id-Ibarat tengah nonton bareng (nobar) pertandingan sepakbola, 'duel' Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) lawan Komisi Pemberantasan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Minggu, 24 September 2017
SATWA LANGKA
Tiongkok  Pinjamkan  Giant Panda ke  Indonesia Untuk Dikembangbiakan

Bisnisnews.id-Tiongkok pinjamkan sepasang satwa Giant Panda kepada pemerintah Indonesia untuk dikembangbiakan di Taman Safari Indonesia. Giant Panda merupakan salah satu satwa kategori Appendix I CITES yang merupakan satwa endemik . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 24 September 2017
TES RUDAL
AS Tuduh Iran Dan Korut Kerjasama Kembangkan Nuklir

Bisnisnews.id - Presiden Trump menuduh Iran berkolaborasi dengan Korea Utara untuk memperkuat teknologi rudal mereka dalam tweet-nya pada Sabtu 23 Agustus, mengkritik kesepakatan nuklir 2015 antara AS, Iran dan lima negara kuat . . .
Selengkapnya