Rabu, 25 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / / Berita

PENERBANGAN
Jumat, 14 Juli 2017 06:35 WIB

Segera Diadili Penembak Pesawat Sipil MH-17 di Ukraina



Tim penyelamat memeriksa puing-puing pesawat penumpang Malaysia Airlines MH 17 yang menewaskan 295 penumpangnya/AP Photo

Bisnisnews.id -Pelaku penembakan pesawat Boeing B-777 milik Malaysia pada 17 Juli 2014 silam di Ukraina Timur dijanjikan sehera terungkap tahun ini.

Pesawat MH-17 itu ditembak jatuh dengan dengan rudal Buk buatan Rusia, dan menewaskan 298 penumpang yang sebagian beaar warga Belanda dan 43 orang warga Malaysia.

Menteri Transportasi Malaysia, Liow Tong Lai mengatakan,  para pelaku akan diseret ke meja peraidangan untuk mempertanggungjawabkan perbuatanñya menembak pesawat sipil yang tengah melintas.

Pesawat Boeing B-777 itu ditembak jatuh saat melintasi teritori Ukraina Timur yang dikuasai separatis pro Rusia melawan pasukan pemerintah Ukraina dengan rudal Buk buatan Rusia. Demikian kesimpulan Dewan Keamanan Belanda pada sebuah laporan yang dikeluarkan Oktober 2015.

Kementerian Luar Negeri Belanda pekan lalu mengumumkan, tersangka yang diidentifikasi menembak jatuh pesawat akan diadili di pengadilan Belanda dan di bawah kekuasaan hukum Belanda.

Liow mengungkapkan hal itu  kepada awak media usai upacara peringatan MH17 di Putrajaya, ibu kota pemerintahan Malaysia, Kamis (13/7/2017).

Sekitar 90 anggota keluarga dari 43 orang warga Malaysia yang tewas dalam kecelakaan menghadiri acara peringatan tersebut. Para keluarha korban MH17 itu2 mendapat pengarahan singkat mengenai perkembangan penyelidikan.

Tim penyelidik dipimpin warga negara Belanda dengan anggota dari Australia, Belgia, Malaysia dan Ukraina menyimpulkan pada September tahun lalu bahwa roket ditembakkan dari wilayah teritori Ukraina Timur yang dikuasai separatis pro Rusia.

Temuan tersebut bertentangan dengan pernyataan Rusia bahwa pesawat tersebut ditembak jatuh oleh militer Ukraina, bukan para separatis.

Pihak berwenang mendesak orang-orang yang bertanggung jawab meluncurkan rudal Buk agar menyerahkan diri, tambah Liow yang mengatakan kesimpulan para penyelidik adalah kabar baik.

Misteri tertembaknga MH 17 terungkao berawal dari ungkapan seorang bernama jIgor Girkin, tokoh pemberontak pro Rusia sesumbar bahwa pihaknya telah menembak jatuh pesawat jenis Boeing 777 tersebut.

Sosok yang mengklaim dirinya sebagai menteri dari Republik Rakyat Donetsk ini mengaku sebelumnya sudah mengingatkan supaya Malaysia Airlines tidak terbang di langit yang mereka klaim sebagai miliknya.

Melalui akunnya di laman VK.com (Facebook versi Rusia), menteri yang menggunakan nama Igor Strelkov itu menulis. "Kami telah mengingatkan Anda, jangan terbang di langit kami."

Anehnya, dia mengira yang ditembak oleh pasukannya adalah pesawat milik Ukraina. "Sebuah pesawat telah dibuat jatuh di area sekitar Torez,"tulisnya (Syam S)


Baca Juga

 

Industri  -  Rabu, 25 April 2018
PERSAINNGAN
Maskapai Asing Kuasai 52 Persen Pasar Penerbangan Indonesia

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso mengatakan, harusnya penerbangan merah putih menjadi raja menjadi raja di Asia Tenggara (Asean). Mengingat jumlah penduduk Indonesia 41 persen dari total penduduk Asean dan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 25 April 2018
PERSAINGAN USAHA
AP II Hormati Putusan Majelis KPPU, Berikut Penjelasannya ....

Bisnisnews.id - PT Angkasa Pura II (AP II) menegaskan, pihaknya menghormati putusan Majelis Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Republik Indonesia, Selasa (24/4/2018), terkait dugaan praktik monopoli dalam Pelayanan Kargo . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 25 April 2018
BILATERAL
Indonesia Jadi Tuan Rumah SOMY ke-9 2018

Bisnisnews.id –  Indonesia terpilih menjadi tuan rumah pertemuan ASEAN Senior Officials Meeting on Youth (SOMY) ke-9 pada 2-5 Mei 2018 di Hotel Grand Sahid, Jakarta.   Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 25 April 2018
KPPU
AP II Kembali Tersandung Praktek Monopoli di Bandara Kualanamu, Denda Rp 6,5 Miliar

Bisnisnews.id - PT Angkasa Pura II (AP II) kembali tersandung jeratan hukum praktek monopoli layanan kargo udara di Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang Sumatera Utara, menyusul putusan Majelis Komisi Pengawas Persaingan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 25 April 2018
TINJU
Daud Kembali Masuk ke Jalur Perebutan Juara Dunia

Bisnisnews.id – Petinju kebanggan Indonesia Daud Yordan sukses menundukan petinju asal Rusia Pavel malikov di DIVS, Ekaterinburg, Minggu 22 April 2018. Atas kemenangan tersebut daud sukses meraih gelar juara kelas ringan . . .
Selengkapnya