Senin, 24 Juli 2017

Home/ Internasional / / Berita

Jumat, 14 Juli 2017 06:35 WIB

Segera Diadili Penembak Pesawat Sipil MH-17 di Ukraina



Tim penyelamat memeriksa puing-puing pesawat penumpang Malaysia Airlines MH 17 yang menewaskan 295 penumpangnya/AP Photo

Bisnisnews.id -Pelaku penembakan pesawat Boeing B-777 milik Malaysia pada 17 Juli 2014 silam di Ukraina Timur dijanjikan sehera terungkap tahun ini.

Pesawat MH-17 itu ditembak jatuh dengan dengan rudal Buk buatan Rusia, dan menewaskan 298 penumpang yang sebagian beaar warga Belanda dan 43 orang warga Malaysia.

Menteri Transportasi Malaysia, Liow Tong Lai mengatakan,  para pelaku akan diseret ke meja peraidangan untuk mempertanggungjawabkan perbuatanñya menembak pesawat sipil yang tengah melintas.

Pesawat Boeing B-777 itu ditembak jatuh saat melintasi teritori Ukraina Timur yang dikuasai separatis pro Rusia melawan pasukan pemerintah Ukraina dengan rudal Buk buatan Rusia. Demikian kesimpulan Dewan Keamanan Belanda pada sebuah laporan yang dikeluarkan Oktober 2015.

Kementerian Luar Negeri Belanda pekan lalu mengumumkan, tersangka yang diidentifikasi menembak jatuh pesawat akan diadili di pengadilan Belanda dan di bawah kekuasaan hukum Belanda.

Liow mengungkapkan hal itu  kepada awak media usai upacara peringatan MH17 di Putrajaya, ibu kota pemerintahan Malaysia, Kamis (13/7/2017).

Sekitar 90 anggota keluarga dari 43 orang warga Malaysia yang tewas dalam kecelakaan menghadiri acara peringatan tersebut. Para keluarha korban MH17 itu2 mendapat pengarahan singkat mengenai perkembangan penyelidikan.

Tim penyelidik dipimpin warga negara Belanda dengan anggota dari Australia, Belgia, Malaysia dan Ukraina menyimpulkan pada September tahun lalu bahwa roket ditembakkan dari wilayah teritori Ukraina Timur yang dikuasai separatis pro Rusia.

Temuan tersebut bertentangan dengan pernyataan Rusia bahwa pesawat tersebut ditembak jatuh oleh militer Ukraina, bukan para separatis.

Pihak berwenang mendesak orang-orang yang bertanggung jawab meluncurkan rudal Buk agar menyerahkan diri, tambah Liow yang mengatakan kesimpulan para penyelidik adalah kabar baik.

Misteri tertembaknga MH 17 terungkao berawal dari ungkapan seorang bernama jIgor Girkin, tokoh pemberontak pro Rusia sesumbar bahwa pihaknya telah menembak jatuh pesawat jenis Boeing 777 tersebut.

Sosok yang mengklaim dirinya sebagai menteri dari Republik Rakyat Donetsk ini mengaku sebelumnya sudah mengingatkan supaya Malaysia Airlines tidak terbang di langit yang mereka klaim sebagai miliknya.

Melalui akunnya di laman VK.com (Facebook versi Rusia), menteri yang menggunakan nama Igor Strelkov itu menulis. "Kami telah mengingatkan Anda, jangan terbang di langit kami."

Anehnya, dia mengira yang ditembak oleh pasukannya adalah pesawat milik Ukraina. "Sebuah pesawat telah dibuat jatuh di area sekitar Torez,"tulisnya (Syam S)


Baca Juga

 

Nasional  -  Senin, 24 Juli 2017
PANSUS KPK
Mengagetkan, Komisioner KPK Terima Uang Rp 1 Miliar ?

Wakil Direktur Keuangan Permai Group Yulianis saat diambil sumpahnya agar memberikan keterangan sejujurnya sebelum dimulainya Rapat Dengar pendapat Umum (RDPU) dengan Pansus Hak Angket KPK di ruang KK 1, Kompleks Parlemen MPR/DPR-DPD, . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 24 Juli 2017
MEGA KORUPSI
Soal Pelindo II, Prima Tuntut Menneg BUMN Ditangkap

Bisnisnews.id - Perhimpunan Masyarakat Madani (PRIMA) akan melakukan aksi demo terkait kasus mega korupsi Pelindo II hari Selasa 25 Juli 2017 di Gedung KPK. Menurut Syaroni, Ketua Presidium PRIMA bahwa demo "Segera Tangkap Rini . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Senin, 24 Juli 2017
MILITER DAN INTELIJEN
1.200 Tentara Dari 22 Negara Tiba Untuk Olimpiade Militer Rusia 2017

Bisnisnews.id - Pasukan dari 22 negara telah tiba di Rusia untuk Olimpiade Internasional Militer Rusia. Sekitar 1.200 tentara dari China, India, Iran dan beberapa negara sekutu Rusia atau netral diperkirakan akan ambil bagian, . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Senin, 24 Juli 2017
OBOR
China Harap Pembangunan Kereta Api Thailand Dipercepat

Bisnisnews.id - Menteri luar negeri China mengatakan dia berharap pembangunan perkeretaapian Thailand yang baru dapat segera dimulai sehingga Thailand akan memiliki akses yang lebih baik ke pasar China. Wang Yi sedang dalam kunjungan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 24 Juli 2017
LAYANAN
Hasil Survei, Tiga Bandara AP I Masuk 10 Besar Dunia

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, raih peringkat II jumlah penumpang terbanyak oleh lembaga pemeringkat ACI Bisnisnews.id-Tiga bandara PT Angkasa Pura I masuk peringkat 10 besar dunia kategori jumlah penumpang, hasil survei penilaian . . .
Selengkapnya