Senin, 20 November 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / / Berita

LAPORAN KEUANGAN
Sabtu, 15 Juli 2017 14:55 WIB

APBN 2017 Masih Aman Terkendali



Menkeu Sri Mulyadi menyampaikan laporan realisasi semester 1 APBN 2017 pada rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR

Bisnisnews.id - Menteri keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengemukakan, secara umum APBN 2017 masih dapat dikelola dengan baik dan terjaga stabilitasnya.  Beberapa capaian dapat dilaksanakan lebih baik dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2016.

 “Pelaksanaan semester 1 APBN menunjukan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan periode yang sama di periode 2016 dan tahun-tahun sebelumnya. Ini menggambarkan upaya pemerintah untuk menjaga APBN sebagai instrumen fiskal yang efektif dan kredibel telah berjalan baik demi tercapainya masyarakat adil, makmur dan bermartabat” demikian disampaikan melalui website resmi Kementrian Keuangan. Sabtu (15/7/2017).

Dengan meningkatnya realisasi pendapatan negara dan juga terjaganya kosumsi domestik , harga komoditas, serta meningkatnya permintaan ekspor, defisit anggaran terhadap PDB di semester 1 hanya sebesar 1,29 persen. Artinya, defisit dapat dikendalikan dengan baik. Sebagai dampak positifnya, realisasi pembiayaan melalui pembiayaan SBN neto semester 1 tahun 2017 juga turun sebesar 23,3 persen. Jauh lebih baik dari semster 1 tahun lalu yang meningkat 34 persen.

Dari pendapatan negara tersebut, realisasi penerimaan perpajakan dari pajak dan bea cukai, tumbuh sebesar 9,6 persen dengan nilai nominal 571,9 triliun. Hal itu lebih baik dari tahun 2016 yang hanya sebesar 522 triliun atau kontraksi sebesar 2,4 persen dari tahun sebelumnya. Pendapatan dari dalam negeri dan hibah tercatat sebesar 41,0% terhadap APBN yang meningkat dari 35,5% dari semester 1 tahun 2016.

Kontribusi terbesar dari Pajak Penghasilan Minyak dan Gas Bumi (PPh Migas) yang tumbuh 69% dan dari Pajak Pertambahan Nilai (PPN) non migas yang tumbuh 13,5%, melonjak tajam bila dibanding tahun lalu yang minus 3,1. Dari kepabeanan, bea keluar tumbuh 31,6% dimana tahun lalu minus 33%. Dari data tersebut dapat terlihat bahwa geliat ekonomi sudah mulai tumbuh seiring dengan membaiknya harga minyak dan meningkatnya ekspor.

Data tax amnesty juga termanfaatkan dengan baik sehingga penerimaan PPh Pasal 25 Orang Pribadi semester pertama tahun 2017 telah mencapai 5,8 triliun, jauh melampaui capaian sepanjang tahun 2016 yang hanya 5,3 triliun rupiah. (Rayza Nirwan)

Baca Juga

 

Arena  -  Sabtu, 18 November 2017
SEPAKBOLA
Anez Antar Suriah Kalahkan Timnas Senior Indonesia

Bisnisnews.id -  Tim nasional Indonesia takluk dengan skor 0-1 dari tim nasional U-23 Suriah dalam laga persahabatan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Sabtu. Gol timnas U-23 dalam laga tersebut dicetak Mouhamad . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 18 November 2017
BALAP SEPEDA
Deklarasi KOSTI Ngawi Tuntut Realisasi Hari Bersepeda Nasional

Bisnisnews.id - Pada hari Sabtu, tanggal 18 November 2017, Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Ngawi mendeklarasikan dukungan secara penuh terwujudnya Hari Bersepeda Nasional. Dalam deklarasi yang dicetuskan bersamaan dengan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 18 November 2017
LIGA INGGRIS
Mourinho Duetkan Ibrahimovic Dan Lukaku Hadapi Newcastle

Bisnisnews.id - Jose Mourinho berencana  menggunakan formasi 3-5-2 dengan menduetkan Romelu Lukaku dan Zlatan Ibrahimovic saat menghadapi Newcastle United di Old Trafford. Mourinho yakin Romelu Lukaku dan Ibrahimovic bisa . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 18 November 2017
BALAP SEPEDA
GPN Etape Ngawi, Kuatkan Tekad Pecanangan Hari Bersepeda Nasional

Bisnisnews.id - Pelaksanaan Etape ke-88 perhelatan Gowes Pesona Nusantara (GPN) yang merupakan salahsatu program unggulan Kemenpora di bawah gerakan "Ayo Olahraga" makin menguatkan tekad pecanangan  Hari Bersepeda Nasional. . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Sabtu, 18 November 2017
ASIAN GAMES 2018
Tinjau Pelatnas Angkat Besi, Wapres JK Sinkronkan Tiga Aspek Persiapan

Bisnisnews.id -  Wakil Presiden Jusuf Kalla mengemukakan, panitia pelaksana Asian Games 2018 terus berusaha untuk menyingkronkan aspek sarana, penyelenggaraan dan prestasi demi mewujudkan sukses Indonesia dalam pesta olahraga . . .
Selengkapnya