Senin, 21 Mei 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Opini / / Berita

LOGISTIK
Senin, 17 Juli 2017 23:06 WIB

Tren Masa Depan Dan Tantangan India



Bisnisnews.id - Logistik, tanpa diragukan lagi, adalah pilar ekonomi India yang menyediakan transportasi barang hemat biaya ke berbagai wilayah di negara ini. Industri logistik di India adalah meningkat dalam hal pertumbuhan dan kemajuan teknologi. Ruang logistik semakin kompetitif dengan masuknya banyak perusahaan baru ke pasar, yang membawa ide dan teknologi baru untuk memberi manfaat bagi pelanggan.

Integrasi teknologi

Sektor ini, terutama penyedia layanan pengiriman dan penyewa truk sekarang menghabiskan sejumlah besar uang untuk mengintegrasikan teknologi terbaru seperti komputasi awan, Internet of Things (IoT), robotika dan banyak lagi. Dengan menerapkan teknologi ini, perusahaan sekarang dapat merampingkan operasi bisnis mereka, mendapatkan data langsung dan mendapatkan update konstan tentang pergerakan barang.

Pajak Barang dan Layanan (GST)

Bila GST diluncurkan bulan ini, maka India akan mulai menyaksikan langsung dampak positifnya. Pertama-tama, hal ini akan mengurangi jumlah dokumen yang dibutuhkan untuk mengangkut barang karena semua transaksi akan didigitalkan. Akan ada tingkat toleransi yang seragam di seluruh negeri dan kemacetan di gerbang tol akan berkurang drastis. Hal ini pada akhirnya akan menghasilkan transportasi barang lebih cepat.

Hambatan

Ada banyak masalah yang menghambat pertumbuhan industri logistik di India. Pajak, infrastruktur buruk, kurangnya tenaga terlatih, fasilitas pergudangan yang tidak memadai, jalur distribusi yang tidak terorganisir, dan sebagainya mengganggu industri logistik. Setelah GST, diharapkan beberapa masalah ini berkurang, namun perusahaan yang terlibat dalam bisnis ini (baik kecil maupun besar) perlu merumuskan beberapa strategi untuk mengatasi tantangan dan mengembangkan bisnis mereka.

Pertumbuhan

Menurut perkiraan yang diberikan oleh The Associated Chambers of Commerce and Industry of India (ASSOCHAM), prospek pertumbuhan sektor logistik India sangat positif. Diharapkan logistik akan menjadi industri senilai 307 miliar dolar pada tahun 2020.

Kabar baiknya adalah dengan pengembangan jalan raya, jalan raya, komplek logistik baru, dan penyuntikan investasi baru, industri ini diharapkan tumbuh pada Tingkat Pertumbuhan Tahunan Gabungan (Compound Annual Growth Rate) CAGR) sebesar 16 persen antara tahun buku 2016-2020. seiring dengan terbitnya Pajak Barang dan Layanan (GST) dan skema reformasi infrastruktur pemerintah yang baru, hal itu akan menciptakan peluang dan mendorong pertumbuhan. (Mukesh Singh, pendiri dan ketua Logisticmart)

Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 21 Mei 2018
BOLA
Mourinho: Chelsea Juara Piala FA Dengan 9 Pemain Bertahan

Bisnisnews.id – Tumpulnya lini serang Manchester United, dikonfirmasi oleh sang pelatih Jose Mourinho akibat dari hilangnya sosok Romelu Lukaku pada saat pertandingan final Piala FA di Stadion Wembley, (19/5/2018).   “Agak . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 21 Mei 2018
BOLA
Klopp Dambakan Pertemuan Dengan Zidane

Bisnisnews.id – Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengaku bahwa dirinya sudah tidak sabar menghadapai Real Madrid yang ditukangi Zinedine Zidane dalam final Liga Champions 2017/2018 yang akan diselenggarakan di Stadion Olimpiade . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 21 Mei 2018
MASKAPAI ASING
Ethopian Terbangi Langit Jakarta Mulai 17 Juli 2018

Bisnisnews.id - Ethiopian Airlines akan meluncurkan layanan tiga kali seminggu ke Jakarta pada 17 Juli. Rute tersebut akan diterbangkan oleh pesawat B787-8 Dreamliner mewakili koneksi pertama antara Afrika dan Indonesia. CEO Ethiopian . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Senin, 21 Mei 2018
MUBALIG
Menag Dinilai Salah Langkah Soal 200 Nama Penceramah

Bisnisnews.id - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin didesak segera menarik kembali 200 nama para mubaligh atau peceramah yang telah dirlisnya beberapa waktu lalu. Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 21 Mei 2018
INFRASTRUKTUR
Pemerintah Akan Genjot Pengembangan Potensi Wisata di Padang

Bisnisnews.id - Pemerintah mendorong, seluruh potensi pariwisata di Sumatera Barat atau padang harus dikembangkan, seiring perbaikan infrastruktur di kota itu dalam menunjang kelacaran logistik dan perekonomian masyarakat. Terkait . . .
Selengkapnya