Sabtu, 18 November 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Opini / / Berita

LOGISTIK
Senin, 17 Juli 2017 23:06 WIB

Tren Masa Depan Dan Tantangan India



Bisnisnews.id - Logistik, tanpa diragukan lagi, adalah pilar ekonomi India yang menyediakan transportasi barang hemat biaya ke berbagai wilayah di negara ini. Industri logistik di India adalah meningkat dalam hal pertumbuhan dan kemajuan teknologi. Ruang logistik semakin kompetitif dengan masuknya banyak perusahaan baru ke pasar, yang membawa ide dan teknologi baru untuk memberi manfaat bagi pelanggan.

Integrasi teknologi

Sektor ini, terutama penyedia layanan pengiriman dan penyewa truk sekarang menghabiskan sejumlah besar uang untuk mengintegrasikan teknologi terbaru seperti komputasi awan, Internet of Things (IoT), robotika dan banyak lagi. Dengan menerapkan teknologi ini, perusahaan sekarang dapat merampingkan operasi bisnis mereka, mendapatkan data langsung dan mendapatkan update konstan tentang pergerakan barang.

Pajak Barang dan Layanan (GST)

Bila GST diluncurkan bulan ini, maka India akan mulai menyaksikan langsung dampak positifnya. Pertama-tama, hal ini akan mengurangi jumlah dokumen yang dibutuhkan untuk mengangkut barang karena semua transaksi akan didigitalkan. Akan ada tingkat toleransi yang seragam di seluruh negeri dan kemacetan di gerbang tol akan berkurang drastis. Hal ini pada akhirnya akan menghasilkan transportasi barang lebih cepat.

Hambatan

Ada banyak masalah yang menghambat pertumbuhan industri logistik di India. Pajak, infrastruktur buruk, kurangnya tenaga terlatih, fasilitas pergudangan yang tidak memadai, jalur distribusi yang tidak terorganisir, dan sebagainya mengganggu industri logistik. Setelah GST, diharapkan beberapa masalah ini berkurang, namun perusahaan yang terlibat dalam bisnis ini (baik kecil maupun besar) perlu merumuskan beberapa strategi untuk mengatasi tantangan dan mengembangkan bisnis mereka.

Pertumbuhan

Menurut perkiraan yang diberikan oleh The Associated Chambers of Commerce and Industry of India (ASSOCHAM), prospek pertumbuhan sektor logistik India sangat positif. Diharapkan logistik akan menjadi industri senilai 307 miliar dolar pada tahun 2020.

Kabar baiknya adalah dengan pengembangan jalan raya, jalan raya, komplek logistik baru, dan penyuntikan investasi baru, industri ini diharapkan tumbuh pada Tingkat Pertumbuhan Tahunan Gabungan (Compound Annual Growth Rate) CAGR) sebesar 16 persen antara tahun buku 2016-2020. seiring dengan terbitnya Pajak Barang dan Layanan (GST) dan skema reformasi infrastruktur pemerintah yang baru, hal itu akan menciptakan peluang dan mendorong pertumbuhan. (Mukesh Singh, pendiri dan ketua Logisticmart)

Baca Juga

 

Arena  -  Sabtu, 18 November 2017
DOPING
WADA Tetap Suspensi Rusia

Bisnisnews.id - Badan Anti-Doping Dunia tetap suspensi sementara Rusia pada hari Kamis (16/11/2017), meningkatkan kemungkinan larangan untuk ikut pada Olimpiade Musim Dingin Februari di Pyeongchang. Pertemuan Dewan WADA di Seoul . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 18 November 2017
LIBANON
Tuduh Saudi Tahan PM, Hariri Lakukan Perjalanan Ke Prancis

Bisnisnews.id - Perdana Menteri Libanon Saad Hariri akan berkunjung ke Prancis dalam beberapa hari mendatang, sebuah sumber kepresidenan Prancis mengatakan pada hari Rabu (15/11/2017), setelah Beirut menuduh Arab Saudi menahannya . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 17 November 2017
INFRASTRUKTUR
KEMENKEU: Tiga Sumber Pendanaan Pembangunan

Bisnisnews.id -  Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menegaskan sumber pembiayaan infrastruktur nasional bukan melulu bertumpu pada APBN namun juga dari BUMN dan swasta.  Diperlukan inovasi pembiayaan agar publik bisa . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Jumat, 17 November 2017
POLITIK
Inggris Dukung Papua Tetap Bagian NKRI

Bisnisnews.id - Pemerintah Inggris mendukung wilayah Papua dan Papua Barat tetap berada dalam kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Duta besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik, di Sorong, Kamis, mengatakan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Jumat, 17 November 2017
KUDETA
Sang Istri Grace, Pemicu Jatuhnya Robert Mugabe

Bisnisnews.id - Presiden tertua di dunia, Robert Mugabe akhirnya turun tahta juga setelah militer mengambil alih kekuasaan secara paksa dan langsung mengendalikan pemeritahan Zinbabwe. Sedangkan Mugabe dan keluarganya dijamin . . .
Selengkapnya