Rabu, 20 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Metropolitan / Kriminal / Berita

KRIMINAL
Selasa, 25 Juli 2017 10:47 WIB

Awas Penipuan Berkedok Lowongan Kerja, Catut Nama Dirjen Hubla


ilustrasi

Bisnisnews.id-Hati-hati penipuan, dalam beberapa minggu terakhir ini beredar surat panggilan seleksi rekruitmen tenaga kerja berkop PT. Dharma Lautan Utama (DLU).

Surat itu seakan-akan ditandatangani Dirjen Perhubungan Laut (tertulis Direktorat Dinas Perhubungan Laut) A.Tonny Budiono berbentuk iklan dan beredar melalui media elektronik dalam jaring (daring) atau internet dan pesan singkat (SMS), media sosial atau oun whats up.

Kabag Organisasi dan Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Lolland S Panjaitan menegaskan, iklan rekruitmen tenaga kerja PT DLU tersebut palsu dan mengandung unsur penipuan.

"Surat tersebut adalah palsu dan mengandung unsur penipuan karena mencatut nama Dirjen Perhubungan Laut, A. Tonny Budiono dan PT. Dharma Lautan Utama (DLU),"tegas Lolland, dalam keterangan tertulisnya Selasa (25/7/2017).

Dalam aksinya, pelaku yang belum diketahui identitasnya itu, menginformasikan adanya lowongan pekerjaan dengan mencantumkan alamat email gratisan (biasanya gmail/yahoomail) sebagai alamat pengiriman lamaran.

Selanjutnya, pelaku akan menghubungi calon pelamar, dan memberitahukan bahwa calon pelamar harus mengikuti tes. Biasanya berlokasi di luar Jakarta, misalnya Surabaya dengan alamat lokasi tes yang dipakai juga palsu. Sedangkan tesnya sendiri pun nantinya tidak akan pernah diadakan.

Di email tersebut juga disebutkan bahwa calon pelamar harus melakukan reservasi tiket pesawat/hotel kepada biro travel (fiktif). Di sinilah penipu tersebut mengeruk keuntungan, yaitu dari uang yang ditransfer oleh calon pelamar untuk memesan tiket pesawat/hotel.

"Kami minta masyarakat tidak mempercayai pengumuman lowongan kerja dimaksud. Ini adalah penipuan," tegas Lolland.

Dijelaskan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan akan menindak tegas segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan para pejabat di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan melaporkan kepada pihak yang berwajib untuk ditindaklanjuti.

Lolland berharap, bila masyarakat menemukan modua penipuan yang serupa, sebaiknya segera melakukan konfirmasi dan melaporkan segala bentuk kecurigaan dan indikasi penipuan melalui e-mail: djplkemenhub151@gmail.com, media sosial Ditjen Hubla (FB,Twitter,Instagram): @djplkemenhub151 atau melalui contact center Kemenhub di nomor telepon 151. (Syam S)

 

Nasional  -  Selasa, 19 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Puncak Arus Balik Pemudik Dari Sumatera ke Jawa Terjadi Pada H+3

Bisnisnews.id - Arus Balik  pemudik Angkutan Lebaran 1439 H / 2018 dari Sumatera ke Jawa yang menyeberang di Bakauheni  ke Merak akan terjadi pada 20 Junk 2018 atau H+3. Sekretaris  Jenderal Kemenhub Djoko Sasono . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Selasa, 19 Juni 2018
KECELAKAAN KAPAL
KSOP Wajib Mematuhi Peraturan Keselamatan Penumpang

Bisnisnews.id  - Seluruh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) diperintahkan mematuhi aturan tentang keselamatan. Penumpang yang diangkut harus sesuai dengan kapasitas kapal yang akan dioperasikan. Perintah . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Selasa, 19 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Sampai H+2 Pertumbuhan Penumpang Naik 6.35 Persen

Bisnisnews.id  -  Sampai H+2 lebaran 2018 penumpang angkutan udara tercatat  2.390.501 atau naik 6.35 persen dibanding tahun 2017 yang mencapai  2.247.687 penumpang. “Dari yang dilaporkan pertumbuhan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Selasa, 19 Juni 2018
TURNAMEN
WTA Future Stars dan Kids Clinic Bergulir di Bali

Bisnisnews.id - Women Tennis Association (WTA), gelar turnamen WTA Future Stars dan WTA Kids’ Clinic 2018 di Bali  19 - 23 Juni 2018. Event bergengsi  yang akan berlangsung di lapangan tenis KONI Bali  merupakan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Selasa, 19 Juni 2018
PELAYANAN
Menhub Minta Terminal Bus Terapkan Sistem Eticketing

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan dua hal pokok yang harus dilakukan untuk meningkatkan pelayanan bagi pengguna angkutan bus.  Yaitu,  ticketing online dan peningkatan mutu serta kualitas . . .
Selengkapnya