Rabu, 20 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Metropolitan / Kriminal / Berita

KRIMINAL CYBER
Selasa, 01 Agustus 2017 17:25 WIB

Indonesia Deportasi 153 Warga China Terkait Penipuan 450 Juta Dolar


Polisi China mengawal sekelompok tersangka yang dideportasi dari Indonesia, saat mereka tiba di Beijing (11/6/2011). (Foto: STR / AFP)

Bisnisnews.id - Pemerintah akan mendeportasi 153 warga China yang ditangkap karena tuduhan terlibat dalam penipuan cyber jutaan dolar yang menargetkan pengusaha dan politisi kaya di China, kata polisi Selasa 1 Agustus.

Sindikat menjalankan operasi mereka dari luar negeri untuk menghindari deteksi pejabat China namun tidak menargetkan korban di negara tuan rumah. Mereka menghasilkan sekitar enam triliun rupiah (450 juta dolar) sejak beroperasi pada akhir tahun 2016, kata polisi Indonesia.

Mereka ditangkap menyusul masukan dari pemerintah China.

"Kami sedang melakukan penyelidikan intensif dan saat ini berkoordinasi dengan polisi China untuk mendeportasi mereka," kata juru bicara kepolisian nasional Rikwanto.

Kelompok yang berbasis di beberapa lokasi di seluruh Indonesia, menghubungi korban dan berpura-pura menjadi polisi atau petugas hukum China, berjanji untuk membantu menyelesaikan kasus hukum mereka dengan imbalan bantuan tunai, kata polisi di Jakarta.

Jaringan kriminal termasuk spesialis IT mengambil informasi tentang korban dan mengembangkan sistem komunikasi untuk menghubungi mereka, katanya.

Warga China ditangkap di Jakarta, kota Surabaya dan Bali dalam penggerebekan terpisah akhir pekan ini.

"Pelaku dan korbannya orang China. Kebetulan mereka beroperasi dari Indonesia," kata juru bicara kepolisian Jakarta Argo Yuwono.

Polisi sedang menyelidiki bagaimana beberapa tersangka Cina bisa memasuki Indonesia tanpa paspor yang sah. Penjahat cyber yang menargetkan korban di China telah semakin memanfaatkan kemajuan teknologi untuk beroperasi dari luar negeri, menyebar di Asia Tenggara dan sekitarnya dalam beberapa tahun terakhir.

Pada bulan Juli, 44 orang dari China dan Taiwan ditangkap di Thailand karena diduga menjalankan penipuan telepon yang menipu 3 juta dolar dari sejumlah korban, terutama yang berbasis di China.

Kamboja mendeportasi 74 orang ke China karena dugaan kecurangan telekomunikasi, juga pada bulan Juli, menurut Xinhua.

Tahun lalu, 67 tersangka dideportasi dari Kenya ke China atas penyelidikan kecurangan. (marloft)

 

Nasional  -  Selasa, 19 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Puncak Arus Balik Pemudik Dari Sumatera ke Jawa Terjadi Pada H+3

Bisnisnews.id - Arus Balik  pemudik Angkutan Lebaran 1439 H / 2018 dari Sumatera ke Jawa yang menyeberang di Bakauheni  ke Merak akan terjadi pada 20 Junk 2018 atau H+3. Sekretaris  Jenderal Kemenhub Djoko Sasono . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Selasa, 19 Juni 2018
KECELAKAAN KAPAL
KSOP Wajib Mematuhi Peraturan Keselamatan Penumpang

Bisnisnews.id  - Seluruh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) diperintahkan mematuhi aturan tentang keselamatan. Penumpang yang diangkut harus sesuai dengan kapasitas kapal yang akan dioperasikan. Perintah . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Selasa, 19 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Sampai H+2 Pertumbuhan Penumpang Naik 6.35 Persen

Bisnisnews.id  -  Sampai H+2 lebaran 2018 penumpang angkutan udara tercatat  2.390.501 atau naik 6.35 persen dibanding tahun 2017 yang mencapai  2.247.687 penumpang. “Dari yang dilaporkan pertumbuhan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Selasa, 19 Juni 2018
TURNAMEN
WTA Future Stars dan Kids Clinic Bergulir di Bali

Bisnisnews.id - Women Tennis Association (WTA), gelar turnamen WTA Future Stars dan WTA Kids’ Clinic 2018 di Bali  19 - 23 Juni 2018. Event bergengsi  yang akan berlangsung di lapangan tenis KONI Bali  merupakan . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Selasa, 19 Juni 2018
PELAYANAN
Menhub Minta Terminal Bus Terapkan Sistem Eticketing

Bisnisnews.id - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan dua hal pokok yang harus dilakukan untuk meningkatkan pelayanan bagi pengguna angkutan bus.  Yaitu,  ticketing online dan peningkatan mutu serta kualitas . . .
Selengkapnya