Kamis, 24 Mei 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Perbankan / Berita

PERDAGANGAN
Rabu, 16 Agustus 2017 08:55 WIB

Guam Urung Diserang, Mata Uang Kawasan Menggeliat



Bisnisnews.id - Ungkapan Pimpinan Korea Utara Kim Jong-un yang menyiratkan untuk mengurungkan niatnya menyerang pulau Guam berpengaruh terhadap nilai mata uang. Rupiah sempat bergerak namun kembali ke zona merah.

Menurunnya tensi geopolitik kedua negara itu setelah para pejabat AS menyampaikan upaya damai. Hari ini pergerakan nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS diperkirakan berada pada kisaran level support 13.378 dan resisten 13.350.

Menurunnya ketegangan ini juga yang akhirnya mendorong penguatan nilai jual dolar AS setelah sebelumnya Tersalip JPY dan Swis Franc.

Analis Bina Artha Sekuritas Reza Priyambada menjelaskan ini juga yang menyebabkan Rupiah gagal bertahan di zona hijau.

Adanya pelemahan terbatas diharapkan dapat kembali terjadi untuk mengurangi tekanan pelemahan pada laju Rupiah. Bahkan jika dimungkinkan, laju Rupiah dapat berbalik menguat.

Munculnya rilis neraca perdagangan yang diekspektasikan mengalami peningkatan dapat berimbas positif pada laju Rupiah. Namun demikian, masih adanya permintaan akan mata uang safe currency diperkirakan masih terjadi dan dapat kembali menghadang peluang Rupiah untuk berbalik naik.

"Untuk itu, tetap mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat laju Rupiah kembali melanjutkan pelemahannya," jelas Reza seperti dikutip Akurat.co Rabu (16/8/2017)

Rupiah diperkirakan cenderung melemah namun, terbatas seiring berkurangnya minat atas aset-aset safe haven. Tetapi di sisi lain, berkurangnya terhadap aset-aset tersebut juga membuka peluang bagi USD untuk berbalik menguat sehingga dapat juga berpotensi menghadang peluang Rupiah untuk kembali menguat.

Maka demikian, tetap mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat laju Rupiah kembali melanjutkan pelemahannya.(Syam S)

 

 

Baca Juga

 

Industri  -  Rabu, 23 Mei 2018
SINERGI BUMN
AP II dan AirNav Indonesia Tandatangani Kerjasama Jasa Kebandarudaraan

Bisnisnews.id - PT Angkasa Pura II (Persero) agau AP II bersinergi dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding . . .
Selengkapnya

 

Info Pasar  -  Rabu, 23 Mei 2018
PERDAGANGAN
harga Minyak Mentah Menurun

Bisnisnews.id - Harga minyak AS melemah pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), setelah mencapai tingkat tertinggi dalam lebih dari tiga tahun di sesi sebelumnya. Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Rabu, 23 Mei 2018
NAVIGASI
Bandara Kertajati Majalengka Siap Melayani Angkutan Haji

Bisnisnews.id - Sisi udara Bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati Majalengka siap operasi. Dalam jangka pendek yang akan dilayani ialah angkutan mudik lebaran dan pelayanan haji 2018. Direktur Utama AirNav Indonesia Novie . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 23 Mei 2018
MASTER
Games yang Melahirkan Seorang Utut Adianto

Bisnisnews.id – Buku pecatur legendaris Amerika Serikat, Bobby Fischer, yang berjudul My 60 Memorable Games ternyata memiliki sejarah dan cerita panjang yang melahirkan seorang atlet catur kebanggaaan Indonesia Utut Adianto.    Ada . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 23 Mei 2018
BOLA
Evan Dimas Berharap Kontrak Luis Milla Diperpanjang

Bisnisnews.id – Pemain timnas Indonesia U-23 Evan Dimas Darmono menjelaskan bahwa dirinya sangat mendukung Luis Milla Aspas terkait perpanjangan kontrak dirinya oleh PSSI. Seperti diketahui kontrak Milla akan habis setelah . . .
Selengkapnya