Jumat, 22 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Arena / / Berita

ASIAN GAMES
Senin, 21 Agustus 2017 18:49 WIB

Bendera Indonesia Terbalik, Situs Web Malaysia Diserang


Situs yang diretas dengan pesan yang berbunyi, "Bendera nasional saya bukan mainan!"

Bisnisnews.id - Peretas Indonesia mengklaim telah menyerang beberapa situs web Malaysia karena bendera Indonesia dicetak terbalik dalam buku panduan acara olah raga regional.

Kesalahan tersebut memicu kemarahan di Indonesia selama akhir pekan dan Presiden Joko Widodo menuntut permintaan maaf secara resmi.

Buku itu dicetak untuk Asian Games yang diadakan di Kuala Lumpur.

Penyelenggara dan pejabat Malaysia telah meminta maaf sebesar-besarnya.

Situs yang terkena dampak menampilkan pesan dengan warna merah dan putih, warna bendera Indonesia dan berbunyi: "Bendera nasional saya bukan mainan!"

Sedikitnya 27 situs web telah dirusak dan sebagian besar situs bisnis swasta. Pada hari Senin 21 Agustus, menurut informasi BBC, ditemukan bahwa beberapa situs tidak lagi beroperasi.

Gambar-gambar terbalik bendera Indonesia mulai beredar online tak lama setelah buku panduan dibagikan pada pembukaan pertandingan di Kuala Lumpur pada hari Sabtu (19/8/2017).

Menteri Pemuda dan Olah Raga Indonesia, Imam Nahrawi men-tweet beberapa gambar dan mengatakan bahwa ini adalah kelalaian fatal yang sangat menyakitkan.

Jokowi mengatakan bahwa Indonesia menginginkan permintaan maaf secara resmi karena menyangkut kebanggaan dan semangat nasionalistik masyarakat Indonesia.

Netizens Indonesia juga mengeluh secara online, menggunakan hashtag #ShameOnYouMalaysia, dan mencatat bahwa bendera terbalik mirip dengan Polandia.

Menteri Malaysia Khairy Jamaluddin kemudian meminta maaf atas kekacauan dan juga bertemu Nahrawi secara langsung.

"Baru bertemu @imam_nahrawi untuk secara resmi meminta maaf kepada masyarakat Indonesia atas kesalahan mencetak bendera RI," katanya.

Tapi bukan satu-satunya kesalahan yang mengganggu acara tersebut.

Sebuah surat kabar Malaysia juga mencetak bendera Indonesia terbalik secara grafis, sementara bendera yang salah digunakan untuk Brunei pada acara renang hari Jumat. (marloft)

Baca Juga

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
ASIAN GAMES 2018
Menpora Kembali Ingatkan Target 10 Besar

Bisnisnews.id – Hari pertama masuk kerja usai cuti bersama Idul Fitri seluruh pejabat, staf Kemenpora menggelar Halal Bihalal 1439 H tahun 2018 dengan Menpora Imam Nahrawi, Ketua Inasgoc Erick Thohir, Ketua Inapgoc Raja . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
BOLA
Gede Siapkan Layar Lebar pada Laga Persija vs Persebaya

Bisnisnews.id – Menyambut pertandingan Persjia Jakarta kontra Persebaya Surabaya yang akan tersaji pada 26 Juni 2018. Gede Widiade berjanji akan menyiapkan layar lebar di beberapa wilayah agar para supoerter The Jakmania . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
ABK KM Sinar Bangun dan Patugas Dishub Tigaras Diperiksa Polisi

Bisnisnews.id - Tiga petugas Dinas Perhubungan di Pelabuhan Tigaras dan empat  anak buah kapal (ABK)  diperiksa pihak Kepolisian terkait tenggelamnya KM Sinar Bangun di kawasan Danau Toba yang diduga membawa ratusan  . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 21 Juni 2018
PIALA DUNIA
Jagoan Sayap Kiri Denmark Sewa Jet Pribadi Untuk Melihat Istrinya Melahirkan

Bisnisnews.id  -  Jagoan sayap kiri Denmark, Jonas Knudsen harus absen beberapa jam karena istri tercintanya Trine melahirkan. Ini adalah kelahiran yang ditunggu-tunggu saat  para bintang lapangan hijau  berlaga. . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Kamis, 21 Juni 2018
ANGKUTAN LEBARAN
Aktivitas Arus Balik di Bandara Adi Sutjipto dan Sumarmo Lancar

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso melakukan pemantauan atus balilboemydik di  Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta dan  Bandara Adi Sumarmo Solo. "Hari ini secara marathon saya mengunjungi dua bandara . . .
Selengkapnya