Selasa, 19 September 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Arena / / Berita

ASIAN GAMES
Senin, 21 Agustus 2017 18:49 WIB

Bendera Indonesia Terbalik, Situs Web Malaysia Diserang


Situs yang diretas dengan pesan yang berbunyi, "Bendera nasional saya bukan mainan!"

Bisnisnews.id - Peretas Indonesia mengklaim telah menyerang beberapa situs web Malaysia karena bendera Indonesia dicetak terbalik dalam buku panduan acara olah raga regional.

Kesalahan tersebut memicu kemarahan di Indonesia selama akhir pekan dan Presiden Joko Widodo menuntut permintaan maaf secara resmi.

Buku itu dicetak untuk Asian Games yang diadakan di Kuala Lumpur.

Penyelenggara dan pejabat Malaysia telah meminta maaf sebesar-besarnya.

Situs yang terkena dampak menampilkan pesan dengan warna merah dan putih, warna bendera Indonesia dan berbunyi: "Bendera nasional saya bukan mainan!"

Sedikitnya 27 situs web telah dirusak dan sebagian besar situs bisnis swasta. Pada hari Senin 21 Agustus, menurut informasi BBC, ditemukan bahwa beberapa situs tidak lagi beroperasi.

Gambar-gambar terbalik bendera Indonesia mulai beredar online tak lama setelah buku panduan dibagikan pada pembukaan pertandingan di Kuala Lumpur pada hari Sabtu (19/8/2017).

Menteri Pemuda dan Olah Raga Indonesia, Imam Nahrawi men-tweet beberapa gambar dan mengatakan bahwa ini adalah kelalaian fatal yang sangat menyakitkan.

Jokowi mengatakan bahwa Indonesia menginginkan permintaan maaf secara resmi karena menyangkut kebanggaan dan semangat nasionalistik masyarakat Indonesia.

Netizens Indonesia juga mengeluh secara online, menggunakan hashtag #ShameOnYouMalaysia, dan mencatat bahwa bendera terbalik mirip dengan Polandia.

Menteri Malaysia Khairy Jamaluddin kemudian meminta maaf atas kekacauan dan juga bertemu Nahrawi secara langsung.

"Baru bertemu @imam_nahrawi untuk secara resmi meminta maaf kepada masyarakat Indonesia atas kesalahan mencetak bendera RI," katanya.

Tapi bukan satu-satunya kesalahan yang mengganggu acara tersebut.

Sebuah surat kabar Malaysia juga mencetak bendera Indonesia terbalik secara grafis, sementara bendera yang salah digunakan untuk Brunei pada acara renang hari Jumat. (marloft)

Baca Juga

 

Internasional  -  Selasa, 19 September 2017
SIDANG PBB 72
Buka Sidang, Sekjen PBB Angkat Isu Korut Dan Myanmar

Bisnisnews.id - Kecemasan global tentang perang nuklir berada pada tingkat tertinggi dalam beberapa dekade, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan pada hari Selasa 19 September saat ia membuka pertemuan para pemimpin . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 19 September 2017
PERANG RUDAL
Jepang Sebar Pencegat Rudal Di Jalur Peluncuran Korut

Bisnisnews.id - Jepang pada hari Selasa 19 September memindahkan sistem pertahanan rudal di pulau utara Hokkaido ke sebuah pangkalan dekat rute peluncuran rudal Korea Utara terakhir. Menteri Pertahanan Itsunori Onodera mengatakan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 19 September 2017
INVESTASI ASING
Uni Eropa Peringatkan China : Ekonomi Terbuka Atau Tanggung Resiko

Bisnisnews.id - Kelompok bisnis mendesak China pada hari Selasa 19 September untuk melaksanakan janji-janji keterbukaan ekonominya dan memperingatkan bahwa pergerakan lamban dapat memicu reaksi balik terhadap perdagangan bebas . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 19 September 2017
KRISIS ROHINGYA
Penyelidik PBB Tuntut Akses Penuh Tanpa Batas ke Myanmar

Bisnisnews.id - Penyelidik HAM PBB pada hari Selasa 19 September mengatakan bahwa mereka membutuhkan akses penuh dan tak terbatas ke Myanmar untuk menyelidiki krisis yang sedang berlangsung, namun pemerintah menolak penyelidikan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 19 September 2017
KRISIS ROHINGYA
Akhirnya Angkat Bicara, Suu Kyi Tolak Kritik Dunia

Bisnisnews.id - Aung San Suu Kyi mengatakan pada hari Selasa 19 September bahwa dia tidak takut pada pengawasan dunia atas krisis Rohingya, berjanji untuk menahan pelanggar HAM dan memukimkan kembali beberapa dari 410 ribu Muslim . . .
Selengkapnya