Jumat, 23 Februari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Arena / / Berita

ASIAN GAMES
Senin, 21 Agustus 2017 18:49 WIB

Bendera Indonesia Terbalik, Situs Web Malaysia Diserang


Situs yang diretas dengan pesan yang berbunyi, "Bendera nasional saya bukan mainan!"

Bisnisnews.id - Peretas Indonesia mengklaim telah menyerang beberapa situs web Malaysia karena bendera Indonesia dicetak terbalik dalam buku panduan acara olah raga regional.

Kesalahan tersebut memicu kemarahan di Indonesia selama akhir pekan dan Presiden Joko Widodo menuntut permintaan maaf secara resmi.

Buku itu dicetak untuk Asian Games yang diadakan di Kuala Lumpur.

Penyelenggara dan pejabat Malaysia telah meminta maaf sebesar-besarnya.

Situs yang terkena dampak menampilkan pesan dengan warna merah dan putih, warna bendera Indonesia dan berbunyi: "Bendera nasional saya bukan mainan!"

Sedikitnya 27 situs web telah dirusak dan sebagian besar situs bisnis swasta. Pada hari Senin 21 Agustus, menurut informasi BBC, ditemukan bahwa beberapa situs tidak lagi beroperasi.

Gambar-gambar terbalik bendera Indonesia mulai beredar online tak lama setelah buku panduan dibagikan pada pembukaan pertandingan di Kuala Lumpur pada hari Sabtu (19/8/2017).

Menteri Pemuda dan Olah Raga Indonesia, Imam Nahrawi men-tweet beberapa gambar dan mengatakan bahwa ini adalah kelalaian fatal yang sangat menyakitkan.

Jokowi mengatakan bahwa Indonesia menginginkan permintaan maaf secara resmi karena menyangkut kebanggaan dan semangat nasionalistik masyarakat Indonesia.

Netizens Indonesia juga mengeluh secara online, menggunakan hashtag #ShameOnYouMalaysia, dan mencatat bahwa bendera terbalik mirip dengan Polandia.

Menteri Malaysia Khairy Jamaluddin kemudian meminta maaf atas kekacauan dan juga bertemu Nahrawi secara langsung.

"Baru bertemu @imam_nahrawi untuk secara resmi meminta maaf kepada masyarakat Indonesia atas kesalahan mencetak bendera RI," katanya.

Tapi bukan satu-satunya kesalahan yang mengganggu acara tersebut.

Sebuah surat kabar Malaysia juga mencetak bendera Indonesia terbalik secara grafis, sementara bendera yang salah digunakan untuk Brunei pada acara renang hari Jumat. (marloft)

Baca Juga

 

Internasional  -  Jumat, 23 Februari 2018
INDEKS KORUPSI
Peringkat 96, Indonesia Masih Masuk Kategori Negara Korup

Bisnisnews.id - Transparency International merilis Indeks Persepsi Korupsi 2017  dan hasil penemuannya adalah sebagian besar negara di dunia hanya membuat sedikit atau tidak ada kemajuan dalam mengakhiri korupsi. Indonesia . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Jumat, 23 Februari 2018
EXPO
Kemenpora Pamerkan Industri Olahraga di Kemenkeu

Bisnisnews.id – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ikut berpatisipasi pada Pameran Capain Kinerja Kementerian dan Lembaga yang di gelar di Kantor Kementeria Keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Kamis (22/2/2018). Pada . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 22 Februari 2018
Jurgen Klopp Ingin Kembali ke Era Bill Shankly

Bisnisnews.id – Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengatakan, klub yang dilatihnya tersebut sarat akan sejarah yang besar dan pelatih-pelatih hebat di masa lampau salah satunya, Klopp menyebut Liverpool era Bill Shankly sebagai . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 22 Februari 2018
KLUB BOLA
AC Milan Bangkrut, Bos Asal Tiongkok Yonghong Li Teriak

Bisnisnews.id – Pemilik AC Milan Yonghong Li akhirnya buka suara dan membantah semua kabar yang menyebutkan bahwa dirinya mengalami masalah finansial dan jatuh bangkrut, Rabu (22/2/2010). Sebelumnya, keuangan Li disebut  . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Kamis, 22 Februari 2018
ASIAN GAMES
Asian Games 2018 Akan Diliput 2000 Wartawan

Bisnisnews.id – Buka hanya ribuan atlet dan ofisial yang bakal menyerbu Palembang, tapi awak media juga akan membanjiri Bumi Sriwijaya guna meliput perhelatan Asian Games 2018 mendatang. Diperkirakan 2.000 wartawan akan . . .
Selengkapnya