Kamis, 23 November 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Arena / / Berita

ASIAN GAMES
Senin, 21 Agustus 2017 18:49 WIB

Bendera Indonesia Terbalik, Situs Web Malaysia Diserang


Situs yang diretas dengan pesan yang berbunyi, "Bendera nasional saya bukan mainan!"

Bisnisnews.id - Peretas Indonesia mengklaim telah menyerang beberapa situs web Malaysia karena bendera Indonesia dicetak terbalik dalam buku panduan acara olah raga regional.

Kesalahan tersebut memicu kemarahan di Indonesia selama akhir pekan dan Presiden Joko Widodo menuntut permintaan maaf secara resmi.

Buku itu dicetak untuk Asian Games yang diadakan di Kuala Lumpur.

Penyelenggara dan pejabat Malaysia telah meminta maaf sebesar-besarnya.

Situs yang terkena dampak menampilkan pesan dengan warna merah dan putih, warna bendera Indonesia dan berbunyi: "Bendera nasional saya bukan mainan!"

Sedikitnya 27 situs web telah dirusak dan sebagian besar situs bisnis swasta. Pada hari Senin 21 Agustus, menurut informasi BBC, ditemukan bahwa beberapa situs tidak lagi beroperasi.

Gambar-gambar terbalik bendera Indonesia mulai beredar online tak lama setelah buku panduan dibagikan pada pembukaan pertandingan di Kuala Lumpur pada hari Sabtu (19/8/2017).

Menteri Pemuda dan Olah Raga Indonesia, Imam Nahrawi men-tweet beberapa gambar dan mengatakan bahwa ini adalah kelalaian fatal yang sangat menyakitkan.

Jokowi mengatakan bahwa Indonesia menginginkan permintaan maaf secara resmi karena menyangkut kebanggaan dan semangat nasionalistik masyarakat Indonesia.

Netizens Indonesia juga mengeluh secara online, menggunakan hashtag #ShameOnYouMalaysia, dan mencatat bahwa bendera terbalik mirip dengan Polandia.

Menteri Malaysia Khairy Jamaluddin kemudian meminta maaf atas kekacauan dan juga bertemu Nahrawi secara langsung.

"Baru bertemu @imam_nahrawi untuk secara resmi meminta maaf kepada masyarakat Indonesia atas kesalahan mencetak bendera RI," katanya.

Tapi bukan satu-satunya kesalahan yang mengganggu acara tersebut.

Sebuah surat kabar Malaysia juga mencetak bendera Indonesia terbalik secara grafis, sementara bendera yang salah digunakan untuk Brunei pada acara renang hari Jumat. (marloft)

Baca Juga

 

Internasional  -  Rabu, 22 November 2017
KECELAKAAN
Delapan Selamat Setelah Pesawat AL AS Jatuh DI Laut Jepang

Bisnisnews.id - Tim penyelamat telah menyelamatkan delapan orang ke tempat yang aman di selatan Jepang setelah sebuah pesawat Angkatan Laut AS dengan 11 orang di kapal jatuh di Laut Filipina. Pasukan Jepang dan Amerika bergegas . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Rabu, 22 November 2017
TERORIS
Pakistan Bebaskan Dalang Serangan Mumbai

Bisnisnews.id - Pengadilan Pakistan pada hari Rabu 22 November memerintahkan pembebasan salah satu dalang dugaan serangan Mumbai 2008 yang menewaskan lebih dari 160 orang, setelah berbulan-bulan AS menekan Islamabad atas dugaan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Rabu, 22 November 2017
ZIMBABWE
Mugabe Keluar, Buaya Pulang Ambil Alih

Bisnisnews.id - Wakil presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa akan terbang pulang pada hari Rabu 22 November untuk mengambil alih kekuasaan setelah pengunduran diri Robert Mugabe yang mengakhiri masa pemerintahan 37 tahun yang otoriter. Dia . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Rabu, 22 November 2017
SERBIA
Dipenjara Seumur Hidup, Penjagal Bosnia Dinyatakan Bersalah Atas Genosida

Bisnisnews.id - Juri PBB pada hari Rabu 22 November menghukum mantan komandan Serbia Bosnia, Ratko Mladic untuk menjalani hukuman penjara seumur hidup setelah menemukannya bersalah melakukan genosida dan kejahatan perang dalam . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Rabu, 22 November 2017
LIBANON
PM Hariri Tidak Jadi Undur Diri

Bisnisnews.id - Perdana Menteri Libanon Saad Hariri mengatakan pada hari Rabu 22 November bahwa dia menangguhkan pengunduran dirinya, sambil menunggu jalan keluar potensial dari sebuah krisis politik yang telah mengguncang negara . . .
Selengkapnya