Senin, 22 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Nusantara / Berita

KTP ELEKTRONIK
Kamis, 28 September 2017 10:13 WIB

Di NTB  500 Ribu Warga Tidak Punya Hak Pilih



Bisnisnews.id-Di Nusa Tenggara Barat (NTB) tercatat sekitar 500.000 warga tidak bisa ikut Pemilihan Kepala Daerah 2018 karena tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-e).

Berdasarkan aturan baru yang punya hak peilih dalam pemilihan kepala daerah adalah, warga yang telah mengantongi KTP elektronik. Kendati demikian hal itu bisa diatasi bila ada surat keterangan dari
Dinas Kependudukan setempat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB Lalu Aksar Anshori meminta masalah ini segera diatasi pemerintah daerah. Kata Aksar jumlah itu bukan sedikit dan tidak bisa dibiarkan.

"Jumlahnya besar, dan kami minta pemerintah daerah mengatasinya," kata Aksar, Kamis (28/9/2017) di Mataram.

Kata dia, merujuk data pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada tahun sebelumnya jumlah pemilih 3,9 juta orang. Sedangkan jumlah penduduk yang terekam KTP elektronik berdasarkan data Pemda sebanyak 3,7 juta jiwa.

Dari jumlah itu, penduduk yang sudah memperoleh KTP elektronik mencapai 3,2 juta jiwa. Sisanya, sebanyak 500.000 orang belum mendapatkan KTP elektronik.

" Kan tidak bisa memberikan hak suara kalau belum memiliki KTP elektronik,"jelasnya.

Berdasarkan peraturan yang baru, kata Aksar, masyarakat yang berhak memilih itu sudah melakukan perekaman dan sudah memiliki KTP elektronik. Namun, untuk membuktikan itu, harus ada KTP elektronik.

"Kalau sebelumnya masih boleh, cukup tunjukkan paspor, SIM, kartu keluarga (KK) sudah bisa. Namun, sekarang tidak bisa dipakai lagi," jelasnya.(Adhitio)

 

 

Baca Juga

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
PENGANGGURAN
Ciptakan Entrepreuner, Facebook Latih 65,000 Orang Perancis

Bisnisnews.id - Facebook mengatakan pada hari Senin 22 Januari bahwa mereka akan melatih 65.000 orang Prancis dalam keterampilan digital secara gratis, untuk membantu wanita dan pengangguran memulai bisnisnya dan bisa kembali . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
DEMONSTRASI
PBB : Anti Presiden, Enam Tewas Di Kongo

Bisnisnews.id - Enam orang tewas di Republik Demokratik Kongo pada hari Minggu 21 Januari, kata PBB, karena pihak berwenang melarang demonstrasi terhadap Presiden Joseph Kabila. Saksi mata mengatakan pasukan keamanan melepaskan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 21 Januari 2018
PROYEK CHANGI
Singapura Kenakan Pajak Tambahan Kepada Penumpang

Bisnisnews.id - Otoritas penerbangan sipil Singapura(CAAS)  berencana akan menaikan pajak 10 -15 dolar Singapura kepada para penumpang dari dan ke bandara Changi. Dana tambahan tersebut akan digunakan untuk membiayai perluasan . . .
Selengkapnya

 

Regulasi  -  Minggu, 21 Januari 2018
REGULASI
Sertifikasi Kapal Wajib Mencantumkan Bahasa Indonesia

Bisnisnews.id - Mulai 1 Februari 2018 Sertifikat Garis Muat Kapal berbendera Indonesia yang dikeluarkan Badan Klasifikasi Nasional maupun Asing, wajib mencantumkan format berbahasa Indonesia. Direktur Perkapalan dan Kepelautan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 21 Januari 2018
MINYAK DUNIA
Arab Saudi Serukan Perpanjang Pemangkasan Produksi

Bisnisnews.id - Arab Saudi menyerukan hari Minggu 21 Januari untuk memperpanjang kerjasama antara produsen OPEC dan non-OPEC sampai lewat dari 2018. Seruan tersebut datang setelah harga minyak mencapai 70 dolar per barel berkat . . .
Selengkapnya