Selasa, 24 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Nusantara / Berita

KTP ELEKTRONIK
Kamis, 28 September 2017 10:13 WIB

Di NTB  500 Ribu Warga Tidak Punya Hak Pilih



Bisnisnews.id-Di Nusa Tenggara Barat (NTB) tercatat sekitar 500.000 warga tidak bisa ikut Pemilihan Kepala Daerah 2018 karena tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-e).

Berdasarkan aturan baru yang punya hak peilih dalam pemilihan kepala daerah adalah, warga yang telah mengantongi KTP elektronik. Kendati demikian hal itu bisa diatasi bila ada surat keterangan dari
Dinas Kependudukan setempat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTB Lalu Aksar Anshori meminta masalah ini segera diatasi pemerintah daerah. Kata Aksar jumlah itu bukan sedikit dan tidak bisa dibiarkan.

"Jumlahnya besar, dan kami minta pemerintah daerah mengatasinya," kata Aksar, Kamis (28/9/2017) di Mataram.

Kata dia, merujuk data pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada tahun sebelumnya jumlah pemilih 3,9 juta orang. Sedangkan jumlah penduduk yang terekam KTP elektronik berdasarkan data Pemda sebanyak 3,7 juta jiwa.

Dari jumlah itu, penduduk yang sudah memperoleh KTP elektronik mencapai 3,2 juta jiwa. Sisanya, sebanyak 500.000 orang belum mendapatkan KTP elektronik.

" Kan tidak bisa memberikan hak suara kalau belum memiliki KTP elektronik,"jelasnya.

Berdasarkan peraturan yang baru, kata Aksar, masyarakat yang berhak memilih itu sudah melakukan perekaman dan sudah memiliki KTP elektronik. Namun, untuk membuktikan itu, harus ada KTP elektronik.

"Kalau sebelumnya masih boleh, cukup tunjukkan paspor, SIM, kartu keluarga (KK) sudah bisa. Namun, sekarang tidak bisa dipakai lagi," jelasnya.(Adhitio)

 

 

Baca Juga

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
DESTINASI WISATA
Reaksi Disparbud DKI Soal Kegiatan Pangkalan Pasir di Sunda Kelapa

Bisnisnews.id - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta,  Tinia  Budiati akui, Sunda Kelapa  di Tanjung Priok Jakarta Utara sebagai Pelabuhan heritage  dan menjadi salah satu destinasi Wisata bersejarah. . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Mohamed Salah Jadi Pemain Terbaik versi PFA

Bisnisnews.id – Pemain Liverpool Mohamed Salah sukses meraih gelar pemain terbaik versi Professional Fotballers Association (PFA) musim 207-2018.   Mohamed Salah berhak atas gelar ini karena telah berhasil mengungguli . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Pires Sebut Wenger Dinosaurus Terakhir

Bisnisnews.id – Legenda sepak bola Arsenal Robert Pires menyebut mantan pelatihnya Arsene Wenger sebagai sosok dinosaurus terakhir di era sepak bola zaman kini.   Pemain berkebangsaan Perancis tersebut mengatakan bahwa . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
CATUR
Kejar Rating, PB Percasi Gelar Turnamen Internasional

Bisnisnews.id – Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) menggandeng produsen makanan nasional dalam menggelar JAPFA Grandmaster (GM) and Women Grandmaster (WGM) Chest Tournament 2018. Direktur Corporate . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
DESTINASI
Kirab Obor Asian Games Singgahi 18 Provinsi di Indonesia

Bisnisnews.id – Ketua INASGOC Erick Thohir mengatakan, Torch Relay atau kirab obor Asian Games 2018  akan dimanfaatkan secara maksimal sebagai ajang promosi destinasi-destinasi pariwisata, seni budaya serta berbagai . . .
Selengkapnya