Selasa, 24 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Nusantara / Berita

Kamis, 05 Oktober 2017 11:54 WIB

HUT TNI di Jambi Tampilkan Drama Kolosal Sultan Thaha


Sejumlah personil TNI Angkatan Darat melakukan drama sejarah perjuangan Jenderal Soedirman mempertahankan negara dari penjajah Belanda, saat peringatan HUT ke-72 TNI. . ANTARA FOTO/Jojo

Bisnisnews.id-Drama kolosal Perjuangan Sultan Thaha Syaifudin di Jambi, menjadi warna sendiri pada peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) ke 71 di jajaran Korem 042/Garuda Putih, Jambi, Kamis (5/10/2017).

Pementasan drama kolosan yang melibatkan sejumlah prajurit TNI Korem 042 dan pelajar itu berlangsung di lapangan Makorem. Ada sedih, ada tertawa dan ada semangat erjuangan tinggi yang dimainkan para prajurit dan pelajar.

Sultan Thaha di masa perjuangan, berhasil mengusir penjajah belanda. Pada saat itu, para penjajah sudah sangat meresahkan masyarakat yang berusaha merebut wilayah serta meminta upeti kepada rakyat Jambi.

Dalam perjuangannya, Sultan Thaha membagi kekuasan daerah kepada bawahannya di aliran-aliran sungai. Mulai dari Tanjung Jabung hingga Kerinci. Sedangkan Sultan Thaha sendiri memimpin wilayah Betung Bedarah (Kabupaten Tebo). Namun keberadaan Sultan Thaha diketahui Belanda sehingga pasukan Belanda menyerbu persembunyian pejuang Jambi itu.

Kontak senjata antara pejuang dan pasukan Belanda pun terjadi di Betung Bedarah, namun Sultan Thaha yang hanya bersenjata Keris Siginjai akhirnya dilumpuhkan oleh pasukan Belanda.

Sementara itu di kota Kendari Sulawesi tenggara, upacara peringatan HUT TNI ke-72 yang dipusatkan di alun-alun ek MTQ Kendari berlanngsunng sederhana. Padahal tahun-tahun sebelumnya diperingato cukup meriah, sejumlah tokoh masyarakat hadir termasuk gubernur.

Namun tahun ini, hanya dihadiri Sekertaris Daerah Provinsi, H Lukman Abunawas, Kapolda Sultra Brigjen Polisi Andap Budi Revianto Kepala BIN Sultra, Brigjen TNI Andi Sumangerukka dan para Komandan TNI dari tiga angkatan (TNI AD, AL, dan AU). Sementara Komandan Korem 143/Haluoleo Kendari, Kolonel Inf Andi Perdana Kahar tidak berada di Kendari karena sedang menghadiri peringatan HUT TNI tingkat nasional di Cilegon, Provinsi Banten.(Uus/Adhitio)

 

 

 

 

Baca Juga

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
DESTINASI WISATA
Reaksi Disparbud DKI Soal Kegiatan Pangkalan Pasir di Sunda Kelapa

Bisnisnews.id - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta,  Tinia  Budiati akui, Sunda Kelapa  di Tanjung Priok Jakarta Utara sebagai Pelabuhan heritage  dan menjadi salah satu destinasi Wisata bersejarah. . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Mohamed Salah Jadi Pemain Terbaik versi PFA

Bisnisnews.id – Pemain Liverpool Mohamed Salah sukses meraih gelar pemain terbaik versi Professional Fotballers Association (PFA) musim 207-2018.   Mohamed Salah berhak atas gelar ini karena telah berhasil mengungguli . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Pires Sebut Wenger Dinosaurus Terakhir

Bisnisnews.id – Legenda sepak bola Arsenal Robert Pires menyebut mantan pelatihnya Arsene Wenger sebagai sosok dinosaurus terakhir di era sepak bola zaman kini.   Pemain berkebangsaan Perancis tersebut mengatakan bahwa . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
CATUR
Kejar Rating, PB Percasi Gelar Turnamen Internasional

Bisnisnews.id – Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) menggandeng produsen makanan nasional dalam menggelar JAPFA Grandmaster (GM) and Women Grandmaster (WGM) Chest Tournament 2018. Direktur Corporate . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
DESTINASI
Kirab Obor Asian Games Singgahi 18 Provinsi di Indonesia

Bisnisnews.id – Ketua INASGOC Erick Thohir mengatakan, Torch Relay atau kirab obor Asian Games 2018  akan dimanfaatkan secara maksimal sebagai ajang promosi destinasi-destinasi pariwisata, seni budaya serta berbagai . . .
Selengkapnya