Selasa, 23 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Nusantara / Berita

Kamis, 05 Oktober 2017 11:54 WIB

HUT TNI di Jambi Tampilkan Drama Kolosal Sultan Thaha


Sejumlah personil TNI Angkatan Darat melakukan drama sejarah perjuangan Jenderal Soedirman mempertahankan negara dari penjajah Belanda, saat peringatan HUT ke-72 TNI. . ANTARA FOTO/Jojo

Bisnisnews.id-Drama kolosal Perjuangan Sultan Thaha Syaifudin di Jambi, menjadi warna sendiri pada peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) ke 71 di jajaran Korem 042/Garuda Putih, Jambi, Kamis (5/10/2017).

Pementasan drama kolosan yang melibatkan sejumlah prajurit TNI Korem 042 dan pelajar itu berlangsung di lapangan Makorem. Ada sedih, ada tertawa dan ada semangat erjuangan tinggi yang dimainkan para prajurit dan pelajar.

Sultan Thaha di masa perjuangan, berhasil mengusir penjajah belanda. Pada saat itu, para penjajah sudah sangat meresahkan masyarakat yang berusaha merebut wilayah serta meminta upeti kepada rakyat Jambi.

Dalam perjuangannya, Sultan Thaha membagi kekuasan daerah kepada bawahannya di aliran-aliran sungai. Mulai dari Tanjung Jabung hingga Kerinci. Sedangkan Sultan Thaha sendiri memimpin wilayah Betung Bedarah (Kabupaten Tebo). Namun keberadaan Sultan Thaha diketahui Belanda sehingga pasukan Belanda menyerbu persembunyian pejuang Jambi itu.

Kontak senjata antara pejuang dan pasukan Belanda pun terjadi di Betung Bedarah, namun Sultan Thaha yang hanya bersenjata Keris Siginjai akhirnya dilumpuhkan oleh pasukan Belanda.

Sementara itu di kota Kendari Sulawesi tenggara, upacara peringatan HUT TNI ke-72 yang dipusatkan di alun-alun ek MTQ Kendari berlanngsunng sederhana. Padahal tahun-tahun sebelumnya diperingato cukup meriah, sejumlah tokoh masyarakat hadir termasuk gubernur.

Namun tahun ini, hanya dihadiri Sekertaris Daerah Provinsi, H Lukman Abunawas, Kapolda Sultra Brigjen Polisi Andap Budi Revianto Kepala BIN Sultra, Brigjen TNI Andi Sumangerukka dan para Komandan TNI dari tiga angkatan (TNI AD, AL, dan AU). Sementara Komandan Korem 143/Haluoleo Kendari, Kolonel Inf Andi Perdana Kahar tidak berada di Kendari karena sedang menghadiri peringatan HUT TNI tingkat nasional di Cilegon, Provinsi Banten.(Uus/Adhitio)

 

 

 

 

Baca Juga

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
HUBUNGAN INDUSTRIAL
Dirjen Hubud Sikapi Kemelut Manajemen Garuda Vs APG dan Sekarga,

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan para operator penerbangan agar menyelesaikan beragam masalah yang ada di internal perusahaan asal tidak berdampak negatif terhadap keselamatan, . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
REPUTASI MASKAPAI
Seragam AirAsia Terlalu Seksi, Pemerintah Sarankan Sesuai Shariah

Bisnisnews.id - Seorang penumpang maskapai telah menyatakan rasa prihatinnya setelah mengaku bisa melihat payudara dan celana dalam pramugari. June Robertson asal New Zeland adalah penumpang yang sering terbang ke Malaysia. Tapi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
REGULASI IMO
Kapal dan Pelabuhan Wajib Implementasikan ISPS Code

Bisnisnews.id - Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Capt. Jhonny R Silalahi menyebutkan sebanyak 348 fasilitas pelabuhan di Indonesia telah mengimplementasikan The International Ship and Port Facility Security (ISPS) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
IPO
GMF AeroAsia Belum Menunjuk Investor Strategis

Bisnisnews.id - Direktur Utama GMF AeroAsia Iwan Juniarto, menjelaskan, hingga saat ini belum menunjuk investor strategis. Proses pemilihan masih dilakukan dan akan dibahas  dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 23 Januari 2018
KONFLIK YERUSALEM
Al-Qaeda Serukan Serangan Ke Yahudi dan Amerika Di Dunia

Bisnisnews.id - Pemimpin senior Al Qaeda telah meminta umat Islam di dunia untuk bangkit dan membunuh orang-orang Yahudi dan Amerika sebagai tanggapan atas keputusan Presiden AS Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota . . .
Selengkapnya