Jumat, 22 Juni 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Agrobisnis / Berita

Kamis, 05 Oktober 2017 15:31 WIB

Mentan Gelar Pangan Murah




Bisnisnews.id-Kementerian Pertanian (Kementan) tawarkan pangan urah kepada masyarakat melalui Toko Tani Indonesia (TTI) di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) Jakarta.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Agung Hendriadi, bukan karena terjadi kelangkaan pasokan di masyarakat, khususnya di DKI Jakarta, tetapi untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat mendapatkan harga beras berkualitas dengan harga terjangkau.

Berdasarkan data PIBC, pasokan beras harian sampai Selasa (3/10/2017) mencapai 4.204 ton, sedang pengeluaran harian sebesar 3.338 ton.

"Pasokan beras di PIBC di atas normal, dimana batas normal pasokan sekitar 2.500 ton/hari. Sekarang ini stok beras di PIBC mencapai 53.009 ton, jauh lebih tinggi dari batas stok normal padaakhir bulan 30.000 ton," jelas Agung.

"Kondisi ini menunjukkan, ketersediaan beras di masyarakat cukup dan aman," tambahnya.

Gelar pangan murah berkualitas di PIBC bukan hanya sekarang ini dilakukan Kementan, tetapisejak dibukanya outlet TTI di PIBC dua minggu lalu. Harga jual beras di TTI bisa lebih murah karenaberas di pasok langsung dari Gapoktan sehingga mampu memotong rantai distribusi yang panjang,menjadi hanya 3-4 titik distribusi.

Perkembangan harga beras di PIBC sejak efektivitas penerapan Harga Eceran Tertinggi (HET)Beras 18 September 2017, menunjukkan kondisi stabil, bahkan beberapa jenis beras seperti Setra,Muncul III, IR-64 I, dan IR-64 II mengalami penurunan berkisar Rp 25/kg s/d Rp 75/kg.

Berdasarkan hasil pemantauan harga beras dipasar modern sudah mengikuti HET, sedangkan dipasar-pasar tradisional DKI Jakarta, harga beras baik premium, medium, dan termurah cukup stabil,yaitu sampai hari Selasa, 3 Oktober 2017, menunjukkan bahwa: Beras Premium Rp 12.218/kg(dibawah HET Beras Premium Rp 12.800/kg) atau tidak mengalami perubahan dibandingkan hari sebelumnya.(Syam S)

Baca Juga

 

Nasional  -  Jumat, 22 Juni 2018
TRAGEDI DANAU TOBA
Berikut Pernyataan Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan

Bisnisnews.id  - Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjajtan ikut bersuara  pada musibah  tenggelamnya KM Sinar Bangun di kawasan Danau Toba pada hari Senin 18 Juni 2018 lalu yang diduga menenggelamkan puluhan bahkan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 22 Juni 2018
PIALA DUNIA 2018
Empat Tim Melenggang di 16 Besar, Argentina Keok ....

Bisnisnews.id - Laga Piala Dunia  2018 makin meruncing, empat  tim  dinyatakan lolos ke babak 16 besar,  disaat  yang lainnya masih sibuk dengan perjuangan keras di babak penyisihan untuk memperebutkan . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Jumat, 22 Juni 2018
RAMALAN CUACA
Waspada Hujan Ringan dan Lebat di Jakarta

Bisnisnews.id - Waspada,  hujan sedang hingga lebat pada sejumlah titik di Jakarta  hari ini. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  dalam laman resmjnya hujan diperkkrakan terjadi pada siang hari. . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 22 Juni 2018
WTA FUTURE STARS KIDS
Yayuk Basuki Kenalkan Tenis ke Anak-anak Bali

Bisnisnews.id - Menyusul keberhasilan klinik dan masterclass di Jakarta selama beberapa tahun terakhir, WTA Future Stars memperluas jangkauannya di Indonesia dengan mengunjungi Pulau Bali, bersama dengan legenda hidup tenis Merah . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Jumat, 22 Juni 2018
PIALA DUNIA 2018
Messi Terancam Angkat Koper dari Russia

Bisnisnews.id - Argentina terancam angkat koper dari Piala Dunia 2018. Hal tersebut menyusul kekalahan pahit saat menghadapi Kroasia dengan skor besar 0-3 pada lanjutan pertandingan Grup D di Stadion Nizhny Novgorod, Jumat (22/6/2018).   Berstatus . . .
Selengkapnya