Senin, 22 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Agrobisnis / Berita

Kamis, 05 Oktober 2017 15:31 WIB

Mentan Gelar Pangan Murah




Bisnisnews.id-Kementerian Pertanian (Kementan) tawarkan pangan urah kepada masyarakat melalui Toko Tani Indonesia (TTI) di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) Jakarta.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Agung Hendriadi, bukan karena terjadi kelangkaan pasokan di masyarakat, khususnya di DKI Jakarta, tetapi untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat mendapatkan harga beras berkualitas dengan harga terjangkau.

Berdasarkan data PIBC, pasokan beras harian sampai Selasa (3/10/2017) mencapai 4.204 ton, sedang pengeluaran harian sebesar 3.338 ton.

"Pasokan beras di PIBC di atas normal, dimana batas normal pasokan sekitar 2.500 ton/hari. Sekarang ini stok beras di PIBC mencapai 53.009 ton, jauh lebih tinggi dari batas stok normal padaakhir bulan 30.000 ton," jelas Agung.

"Kondisi ini menunjukkan, ketersediaan beras di masyarakat cukup dan aman," tambahnya.

Gelar pangan murah berkualitas di PIBC bukan hanya sekarang ini dilakukan Kementan, tetapisejak dibukanya outlet TTI di PIBC dua minggu lalu. Harga jual beras di TTI bisa lebih murah karenaberas di pasok langsung dari Gapoktan sehingga mampu memotong rantai distribusi yang panjang,menjadi hanya 3-4 titik distribusi.

Perkembangan harga beras di PIBC sejak efektivitas penerapan Harga Eceran Tertinggi (HET)Beras 18 September 2017, menunjukkan kondisi stabil, bahkan beberapa jenis beras seperti Setra,Muncul III, IR-64 I, dan IR-64 II mengalami penurunan berkisar Rp 25/kg s/d Rp 75/kg.

Berdasarkan hasil pemantauan harga beras dipasar modern sudah mengikuti HET, sedangkan dipasar-pasar tradisional DKI Jakarta, harga beras baik premium, medium, dan termurah cukup stabil,yaitu sampai hari Selasa, 3 Oktober 2017, menunjukkan bahwa: Beras Premium Rp 12.218/kg(dibawah HET Beras Premium Rp 12.800/kg) atau tidak mengalami perubahan dibandingkan hari sebelumnya.(Syam S)

Baca Juga

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
PENGANGGURAN
Ciptakan Entrepreuner, Facebook Latih 65,000 Orang Perancis

Bisnisnews.id - Facebook mengatakan pada hari Senin 22 Januari bahwa mereka akan melatih 65.000 orang Prancis dalam keterampilan digital secara gratis, untuk membantu wanita dan pengangguran memulai bisnisnya dan bisa kembali . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
DEMONSTRASI
PBB : Anti Presiden, Enam Tewas Di Kongo

Bisnisnews.id - Enam orang tewas di Republik Demokratik Kongo pada hari Minggu 21 Januari, kata PBB, karena pihak berwenang melarang demonstrasi terhadap Presiden Joseph Kabila. Saksi mata mengatakan pasukan keamanan melepaskan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 21 Januari 2018
PROYEK CHANGI
Singapura Kenakan Pajak Tambahan Kepada Penumpang

Bisnisnews.id - Otoritas penerbangan sipil Singapura(CAAS)  berencana akan menaikan pajak 10 -15 dolar Singapura kepada para penumpang dari dan ke bandara Changi. Dana tambahan tersebut akan digunakan untuk membiayai perluasan . . .
Selengkapnya

 

Regulasi  -  Minggu, 21 Januari 2018
REGULASI
Sertifikasi Kapal Wajib Mencantumkan Bahasa Indonesia

Bisnisnews.id - Mulai 1 Februari 2018 Sertifikat Garis Muat Kapal berbendera Indonesia yang dikeluarkan Badan Klasifikasi Nasional maupun Asing, wajib mencantumkan format berbahasa Indonesia. Direktur Perkapalan dan Kepelautan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 21 Januari 2018
MINYAK DUNIA
Arab Saudi Serukan Perpanjang Pemangkasan Produksi

Bisnisnews.id - Arab Saudi menyerukan hari Minggu 21 Januari untuk memperpanjang kerjasama antara produsen OPEC dan non-OPEC sampai lewat dari 2018. Seruan tersebut datang setelah harga minyak mencapai 70 dolar per barel berkat . . .
Selengkapnya