Sabtu, 25 November 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Maritim / Berita

TOL LAUT
Selasa, 17 Oktober 2017 18:58 WIB

KM Sabuk Nusantara 93 Milik Ditjen Hubla Diluncurkan



Bisnisnews.id-Steadfast Marine  selesaikan pembangunan kapal perintis ke tujuh dari 13 kapal pesanan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan. Masing-masing type 1200 GT  dan 2000 GT dengan total nilai anggaran sekitar Rp. 50 Miliar.

Kapal yang  diberinama KM Sabuk Nusantara 93 yang  hari  ini diluncurkan  rencananya dioperasikan melayani masyarakat di kawasan Timur Indonesia dan ditempatkan di pelabuhan Malahayati Aceh.

Tujuh dari 13 kapal ini adalah bagian  dari 100 Unit  yang   dibangun Kementerian Perbubunga. Sampai saat ini tercatat baru 30 kapal yang sudah dibangun dan ada 70 kapal yang siap dikerjakan.

Komisaris Utama  PT Steadpast Marine Eddie Kurniawan Logam menjelaskan, saat ini Indonesia menjadi negara yang paling  banyak bangun kapal. Ditengah-tengah giatnya pemerintah bangun kapal, galangan di Tiongkok malah banyak yang tutup karena minim pesanan.

Beda dengan Inonesia, melalui program tol laut yang diusung  Presiden Joko Widodo, kebutuhan kapal baru sangat tinggi. Selain penyediaan kapal barang juga kapal penumpang dan latih serta patroli .

"Saat ini menjadi momentum penting untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maritim yang mampu membangun industri galangan kapal dan industri pelayaran," kata Eddie, Selasa (17/10/2017)  saat peluncuran kapal KM Sabuk Nusantara 93 di galangan Steadpast Marine Pontianak.

Sebelumnya di galangan  ini juga telah diluncurkan  enam unit kapal latih type 1200 GT milik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia  (BPSDM) Kemenhub.

Kapal-kapal twrsebut dioperasikan untuk  lembaga pendidikan pelayaran di bawah  BPSDM. Yaitu BP2IP Malahayati Aceh,  STIP Jakarta, BP2IP Sorong, PIP Makassar, Poltekpel Surabaya dan  BDP Minahasa Selatan.

KM Sabuk Nusantara 93, menjadi salah satu kapal perintis tipe 1200 GT (Paket B). Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Laut Bay M Hasani dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Sub Direktorat Pengembangan Usaha Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut Muhammad Syaiful  mengatakan kalal tersebut akan digunakan untuk mendukung program tol laut.

" Ke depan pelayanan angkutan perintis akan terus ditingkatkan, bahkan kapal-kapal perintis ini nantinya akan terintegrasi dengan kapal Tol Laut sehingga dapat semakin memperkuat konektivitas antar pulau," ujar Bay.

Terkait  upaya Pemerintah dalam mengoptimalkan program Tol Laut, Bay menambahkan saat ini manfaatnya sudah mulai terasa, salah satunya adalah penurunan harga beberapa barang pokok sebagaimana data yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan yang di update setiap tiha  bulan sekali.

"Disinilah pemerintah harus hadir, selain mengoptimalkan industri pelayaran nasional, kita lengkapi juga dengan kapal perintis dan kapal penumpang," kata Bay.

Selanjutnya menurut Bay, kehadiran kapal perintis yang dibangun oleh Kemenhub juga merupakan bagian dari upaya mewujudkan konektivitas nasional dalam rangka percepatan ekonomi daerah.

'Pelayaran perintis adalah tulang punggung peningkatan aksesibilitas masyarakat terpencil, terisolir dan pulau-pulau terluar sekaligus juga menjadi penunjang sistem distribusi logistik nasional dan angkutan antar pulau, yang pada akhirnya dapat memicu pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah yang dilaluinya," jelasnya. (Syam S)

Baca Juga

 

Internasional  -  Sabtu, 25 November 2017
SAUDI VS IRAN
Putra Mahkota Saudi Juluki Pemimpin Iran 'Hitler Baru'

Bisnisnews.id - Pangeran mahkota Arab Saudi telah memanggil pemimpin tertinggi Iran sebagai Hitler Timur baru, di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara. Menyinggung kekuatan regional yang berkembang di Iran, Mohammed . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 25 November 2017
BREXIT
Uni Eropa Beri Inggris Waktu 10 Hari Selesaikan 3 Perkara

Bisnisnews.id - Presiden Uni Eropa Donald Tusk mengatakan pada hari Jumat 25 November bahwa kesepakatan Brexit pada bulan Desember mungkin saja terjadi tapi menjadi tantangan besar dan memberi Theresa May 10 hari untuk bertindak. Tusk . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 25 November 2017
KTT BRUSSELS
Musuhan Dengan Rusia, UE Pengaruhi Enam Negara Bekas Soviet

Bisnisnews.id - Uni Eropa berjanji untuk memperdalam hubungan dengan enam negara bekas Uni Soviet pada hari Jumat 25 November, sebagai upaya melawan pengaruh Rusia, namun memperingatkan mereka bahwa negara-negara tersebut tidak . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 25 November 2017
TERORIS
Serangan Masjid Di Sinai Mesir Bunuh 235 orang

Bisnisnews.id - Penyerang bersenjata pada hari Jumat 25 November membunuh setidaknya 235 jamaah dalam serangan bom dan senjata di sebuah masjid di provinsi Sinai Utara. Sebuah ledakan bom menghancurkan masjid Rawda kira-kira 40 . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Jumat, 24 November 2017
ZIMBABWE
Mnangagwa Dilantik Sebagai Presiden

Bisnisnews.id - Emmerson Mnangagwa dilantik sebagai presiden Zimbabwe setelah sebelumnya dipecat oleh pemimpin yang digulingkan Robert Mugabe. Emmerson Mnangagwa dilantik sebagai presiden Zimbabwe pada hari Jumat 24 November, . . .
Selengkapnya