Selasa, 23 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Hankam / Berita

PROGRAM STRATEGIS
Jumat, 20 Oktober 2017 07:13 WIB

Bela Negara Menjadi Hak Seluruh Elemen Masyarakat



Bisnisnews.id - Program Bela Negara adalah salah satu terobosan strategis
tiga tahun pemerintahan Joko Widodo -Yusuf Kalla (Jokowi - JK ). Hingga saat ini jumlah kader yang tercatat sudah mencapai 74,3 juta.

Menkopolhukam Wiranto mengatakan seluruh elemen masyarakat punya hak untuk melakukan bela negara. Ini merupakan amanat Undang-undang dan perlu dilakukan secara lebih luas.

Kata Wiranto, Presiden Jokowi telah memerintahkan agar tidak terjebak pada rutinitas dan harus keluar dari zona nyaman.

"Ciptakan terobosan demi terwujudnya tugas pokok. Dalam rangka itulah, Polhukam melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan berbagai lembaga terkait, hasilnya adalah perlu adanya usaha bela negara," ungkapnya di Kantor Staf Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2017).

Walaupun sudah ada di dalam Undang-Undang, Wiranto mengatakan, program Bela Negara perlu dilakukan secara lebih luas. Bentuknya bukan hanya berorientasi pada latihan militer . Dalam aturan hukum yang ada menyebutkan bahwa seluruh elemen masyarakat, mempunyai hak bela negara.

Nantinya bela negara itu akan dikendalikan oleh Dewan Pertahanan Nasional yang mempunyai kemampuan dan kini aturan terkait sedang dalam proses penuntasan.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyampaikan, wujud nyata dari kebijakan pertahanan adalah pembangunan pertahanan negara trimatra terpadu dan pembentukan kader bela negara.

Hingga Tahun 2017, jumlah kader bela negara sebanyak 74,3 juta orang. Jumlah itu akan terus ditingkatkan.(Adhitio)

 

Baca Juga

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
HUBUNGAN INDUSTRIAL
Dirjen Hubud Sikapi Kemelut Manajemen Garuda Vs APG dan Sekarga,

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan para operator penerbangan agar menyelesaikan beragam masalah yang ada di internal perusahaan asal tidak berdampak negatif terhadap keselamatan, . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
REPUTASI MASKAPAI
Seragam AirAsia Terlalu Seksi, Pemerintah Sarankan Sesuai Shariah

Bisnisnews.id - Seorang penumpang maskapai telah menyatakan rasa prihatinnya setelah mengaku bisa melihat payudara dan celana dalam pramugari. June Robertson asal New Zeland adalah penumpang yang sering terbang ke Malaysia. Tapi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
REGULASI IMO
Kapal dan Pelabuhan Wajib Implementasikan ISPS Code

Bisnisnews.id - Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Capt. Jhonny R Silalahi menyebutkan sebanyak 348 fasilitas pelabuhan di Indonesia telah mengimplementasikan The International Ship and Port Facility Security (ISPS) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
IPO
GMF AeroAsia Belum Menunjuk Investor Strategis

Bisnisnews.id - Direktur Utama GMF AeroAsia Iwan Juniarto, menjelaskan, hingga saat ini belum menunjuk investor strategis. Proses pemilihan masih dilakukan dan akan dibahas  dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 23 Januari 2018
KONFLIK YERUSALEM
Al-Qaeda Serukan Serangan Ke Yahudi dan Amerika Di Dunia

Bisnisnews.id - Pemimpin senior Al Qaeda telah meminta umat Islam di dunia untuk bangkit dan membunuh orang-orang Yahudi dan Amerika sebagai tanggapan atas keputusan Presiden AS Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota . . .
Selengkapnya