Selasa, 24 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Nasional / Hankam / Berita

PROGRAM STRATEGIS
Jumat, 20 Oktober 2017 07:13 WIB

Bela Negara Menjadi Hak Seluruh Elemen Masyarakat



Bisnisnews.id - Program Bela Negara adalah salah satu terobosan strategis
tiga tahun pemerintahan Joko Widodo -Yusuf Kalla (Jokowi - JK ). Hingga saat ini jumlah kader yang tercatat sudah mencapai 74,3 juta.

Menkopolhukam Wiranto mengatakan seluruh elemen masyarakat punya hak untuk melakukan bela negara. Ini merupakan amanat Undang-undang dan perlu dilakukan secara lebih luas.

Kata Wiranto, Presiden Jokowi telah memerintahkan agar tidak terjebak pada rutinitas dan harus keluar dari zona nyaman.

"Ciptakan terobosan demi terwujudnya tugas pokok. Dalam rangka itulah, Polhukam melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan berbagai lembaga terkait, hasilnya adalah perlu adanya usaha bela negara," ungkapnya di Kantor Staf Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2017).

Walaupun sudah ada di dalam Undang-Undang, Wiranto mengatakan, program Bela Negara perlu dilakukan secara lebih luas. Bentuknya bukan hanya berorientasi pada latihan militer . Dalam aturan hukum yang ada menyebutkan bahwa seluruh elemen masyarakat, mempunyai hak bela negara.

Nantinya bela negara itu akan dikendalikan oleh Dewan Pertahanan Nasional yang mempunyai kemampuan dan kini aturan terkait sedang dalam proses penuntasan.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyampaikan, wujud nyata dari kebijakan pertahanan adalah pembangunan pertahanan negara trimatra terpadu dan pembentukan kader bela negara.

Hingga Tahun 2017, jumlah kader bela negara sebanyak 74,3 juta orang. Jumlah itu akan terus ditingkatkan.(Adhitio)

 

Baca Juga

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
DESTINASI WISATA
Reaksi Disparbud DKI Soal Kegiatan Pangkalan Pasir di Sunda Kelapa

Bisnisnews.id - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta,  Tinia  Budiati akui, Sunda Kelapa  di Tanjung Priok Jakarta Utara sebagai Pelabuhan heritage  dan menjadi salah satu destinasi Wisata bersejarah. . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Mohamed Salah Jadi Pemain Terbaik versi PFA

Bisnisnews.id – Pemain Liverpool Mohamed Salah sukses meraih gelar pemain terbaik versi Professional Fotballers Association (PFA) musim 207-2018.   Mohamed Salah berhak atas gelar ini karena telah berhasil mengungguli . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Pires Sebut Wenger Dinosaurus Terakhir

Bisnisnews.id – Legenda sepak bola Arsenal Robert Pires menyebut mantan pelatihnya Arsene Wenger sebagai sosok dinosaurus terakhir di era sepak bola zaman kini.   Pemain berkebangsaan Perancis tersebut mengatakan bahwa . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
CATUR
Kejar Rating, PB Percasi Gelar Turnamen Internasional

Bisnisnews.id – Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) menggandeng produsen makanan nasional dalam menggelar JAPFA Grandmaster (GM) and Women Grandmaster (WGM) Chest Tournament 2018. Direktur Corporate . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
DESTINASI
Kirab Obor Asian Games Singgahi 18 Provinsi di Indonesia

Bisnisnews.id – Ketua INASGOC Erick Thohir mengatakan, Torch Relay atau kirab obor Asian Games 2018  akan dimanfaatkan secara maksimal sebagai ajang promosi destinasi-destinasi pariwisata, seni budaya serta berbagai . . .
Selengkapnya