Rabu, 25 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Otomotif / Berita

ANTI MONOPOLI
Selasa, 24 Oktober 2017 01:56 WIB

EU Targetkan Produsen Mobil Jerman


Volkswagen adalah salah satu sasaran serangan antimonopoli Uni Eropa (AFP)

Bisnisnews.id - Serangkaian penggerebekan oleh regulator anti monopoli Uni Eropa terhadap produsen mobil Jerman membuat pukulan baru pada hari Senin 23 Oktober.

Komisi Uni Eropa mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya telah melakukan inspeksi terkait dengan kekhawatiran bahwa beberapa produsen mobil Jerman mungkin telah melanggar peraturan anti monopoli UE yang melarang praktik bisnis kartel dan pembatasan.

Dalam proses anti-trust Uni Eropa, nama-nama perusahaan mobil yang terlibat tidak diungkapkan.

Namun, produsen Volkswagen dan Mercedes-Benz Daimler keduanya mengakui secara terpisah bahwa mereka sedang diselidiki, sementara BMW memastikan pada hari Jumat (20/10/2017) bahwa itu adalah sebuah penggerebekan

Kembali di bulan Juli, berita mingguan Der Spiegel telah melaporkan bahwa Volkswagen, Daimler, Audi, Porsche dan BMW secara diam-diam bekerja sama sejak tahun 1990an untuk pengembangan, konstruksi dan logistik mobil.

Bukanlah hal yang aneh bagi pelaku industri untuk bekerja sama, dan inspeksi Uni Eropa mulai menginvestigasi apakah perundingan antara pembuat mobil melewati batas kolusi.

Namun demikian, majalah tersebut menuduh bahwa baik pembeli maupun pemasok raksasa otomotif terkena dampak negatif dari kesepakatan di bawah meja.

Diduga, pembuat mobil bahkan sepakat dalam pembicaraan rahasia mengenai ukuran tangki bahan kimia yang digunakan untuk emisi nitrogen oksida berbahaya dari motor diesel.

Kecilnya tanki tersebut dilaporkan memainkan peran kunci dalam skandal kecurangan emisi yang telah mencoreng reputasi Volkswagen.

Pada tahun 2015, VW terpaksa mengakui telah memasang perangkat lunak di jutaan kendaraan dieselnya di seluruh dunia untuk menipu tes emisi, sebuah skandal yang telah menghabiskan biaya puluhan miliar euro.

Kecurigaan tentang kecurangan diesel sejak itu menyebar ke produsen mobil lain, terutama Daimler,yang telah digerebek oleh polisi Jerman.

Dari AFP, pembuat mobil telah sepakat dengan pemerintah Jerman bahwa mereka akan mengganti beberapa mesin diesel yang lebih tua untuk mengurangi emisi mereka, walaupun kenyataannya kebanyakan kendaraan hanya akan mendapatkan update untuk perangkat lunak mereka. (marloft)

Baca Juga

 

Industri  -  Rabu, 25 April 2018
PERSAINGAN
Maskapai Asing Kuasai 52 Persen Pasar Indonesia

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso mengatakan, harusnya penerbangan merah putih menjadi raja di Asia Tenggara (Asean). Mengingat jumlah penduduk Indonesia 41 persen dari total penduduk Asean dan pasar yang sangat . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 25 April 2018
PERSAINGAN USAHA
AP II Hormati Putusan Majelis KPPU, Berikut Penjelasannya ....

Bisnisnews.id - PT Angkasa Pura II (AP II) menegaskan, pihaknya menghormati putusan Majelis Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Republik Indonesia, Selasa (24/4/2018), terkait dugaan praktik monopoli dalam Pelayanan Kargo . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 25 April 2018
BILATERAL
Indonesia Jadi Tuan Rumah SOMY ke-9 2018

Bisnisnews.id –  Indonesia terpilih menjadi tuan rumah pertemuan ASEAN Senior Officials Meeting on Youth (SOMY) ke-9 pada 2-5 Mei 2018 di Hotel Grand Sahid, Jakarta.   Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora . . .
Selengkapnya

 

Nasional  -  Rabu, 25 April 2018
KPPU
AP II Kembali Tersandung Praktek Monopoli di Bandara Kualanamu, Denda Rp 6,5 Miliar

Bisnisnews.id - PT Angkasa Pura II (AP II) kembali tersandung jeratan hukum praktek monopoli layanan kargo udara di Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang Sumatera Utara, menyusul putusan Majelis Komisi Pengawas Persaingan . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Rabu, 25 April 2018
TINJU
Daud Kembali Masuk ke Jalur Perebutan Juara Dunia

Bisnisnews.id – Petinju kebanggan Indonesia Daud Yordan sukses menundukan petinju asal Rusia Pavel malikov di DIVS, Ekaterinburg, Minggu 22 April 2018. Atas kemenangan tersebut daud sukses meraih gelar juara kelas ringan . . .
Selengkapnya