Selasa, 23 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Opini / Berita

OPINI
Jumat, 27 Oktober 2017 17:14 WIB

Paspor Indonesia Masuk Kategori Terlemah Di Dunia



Bisnisnews.id - Indonesia baru-baru ini menduduki peringkat ke-64 dalam daftar paspor paling kuat di dunia, sementara Singapura berada di puncak daftar.

Daftar tersebut menunjukkan bahwa orang Singapura dapat mengunjungi 159 negara tanpa perlu mengajukan visa, sementara warga negara Indonesia hanya bisa mengunjungi 63. Indonesia berbagi tempat dengan Zambia, Tunisia dan Tanjung Verde.

Berbicara kepada kompas.com hari Kamis 26 Oktober, pakar hukum internasional Hikmahanto Juwana dari Universitas Indonesia mencantumkan beberapa kemungkinan alasan.

"Tergantung pada negara penerima, misalnya, banyak negara yang khawatir dengan terorisme, mereka tahu bahwa selain menjadi korban teror, ada juga pelaku Indonesia," kata Hikmahanto.

Alasan kedua, lanjutnya, bisa jadi banyak negara tersebut mungkin tidak melihat turis Indonesia sebagai wisatawan potensial, tidak seperti orang Singapura, yang menerima gaji tinggi untuk berbelanja selama perjalanan mereka.

Hikmahanto kemudian mengatakan bahwa alasan ketiga adalah penegakan hukum yang lemah yang dapat menyebabkan penyalahgunaan dokumen, seperti paspor, dan yang juga bisa menjadi hambatan lain bagi Indonesia untuk bebas visa.

"Dibanding Singapura yang sangat berhati-hati dalam mengeluarkan paspornya," kata Hikamahanto.

Dia menambahkan bahwa penyalahgunaan dokumen juga dapat mempengaruhi negara-negara lain melalui perdagangan manusia, termasuk menyelundupkan pekerja ilegal ke negara lain.

Paspor Indonesia juga berada di belakang Timor Leste yang berada di posisi 50 dengan akses ke 84 negara. Papua Nugini berada di posisi 58 dengan 69 negara.

Sementara Malaysia menempati ranking keenam dengan 154 negara bebas visa bagi pemegang paspornya. (marloft)

Baca Juga

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
HUBUNGAN INDUSTRIAL
Dirjen Hubud Sikapi Kemelut Manajemen Garuda Vs APG dan Sekarga,

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan para operator penerbangan agar menyelesaikan beragam masalah yang ada di internal perusahaan asal tidak berdampak negatif terhadap keselamatan, . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
REPUTASI MASKAPAI
Seragam AirAsia Terlalu Seksi, Pemerintah Sarankan Sesuai Shariah

Bisnisnews.id - Seorang penumpang maskapai telah menyatakan rasa prihatinnya setelah mengaku bisa melihat payudara dan celana dalam pramugari. June Robertson asal New Zeland adalah penumpang yang sering terbang ke Malaysia. Tapi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
REGULASI IMO
Kapal dan Pelabuhan Wajib Implementasikan ISPS Code

Bisnisnews.id - Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Capt. Jhonny R Silalahi menyebutkan sebanyak 348 fasilitas pelabuhan di Indonesia telah mengimplementasikan The International Ship and Port Facility Security (ISPS) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
IPO
GMF AeroAsia Belum Menunjuk Investor Strategis

Bisnisnews.id - Direktur Utama GMF AeroAsia Iwan Juniarto, menjelaskan, hingga saat ini belum menunjuk investor strategis. Proses pemilihan masih dilakukan dan akan dibahas  dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 23 Januari 2018
KONFLIK YERUSALEM
Al-Qaeda Serukan Serangan Ke Yahudi dan Amerika Di Dunia

Bisnisnews.id - Pemimpin senior Al Qaeda telah meminta umat Islam di dunia untuk bangkit dan membunuh orang-orang Yahudi dan Amerika sebagai tanggapan atas keputusan Presiden AS Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota . . .
Selengkapnya