Selasa, 24 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Opini / Berita

OPINI
Jumat, 27 Oktober 2017 17:14 WIB

Paspor Indonesia Masuk Kategori Terlemah Di Dunia



Bisnisnews.id - Indonesia baru-baru ini menduduki peringkat ke-64 dalam daftar paspor paling kuat di dunia, sementara Singapura berada di puncak daftar.

Daftar tersebut menunjukkan bahwa orang Singapura dapat mengunjungi 159 negara tanpa perlu mengajukan visa, sementara warga negara Indonesia hanya bisa mengunjungi 63. Indonesia berbagi tempat dengan Zambia, Tunisia dan Tanjung Verde.

Berbicara kepada kompas.com hari Kamis 26 Oktober, pakar hukum internasional Hikmahanto Juwana dari Universitas Indonesia mencantumkan beberapa kemungkinan alasan.

"Tergantung pada negara penerima, misalnya, banyak negara yang khawatir dengan terorisme, mereka tahu bahwa selain menjadi korban teror, ada juga pelaku Indonesia," kata Hikmahanto.

Alasan kedua, lanjutnya, bisa jadi banyak negara tersebut mungkin tidak melihat turis Indonesia sebagai wisatawan potensial, tidak seperti orang Singapura, yang menerima gaji tinggi untuk berbelanja selama perjalanan mereka.

Hikmahanto kemudian mengatakan bahwa alasan ketiga adalah penegakan hukum yang lemah yang dapat menyebabkan penyalahgunaan dokumen, seperti paspor, dan yang juga bisa menjadi hambatan lain bagi Indonesia untuk bebas visa.

"Dibanding Singapura yang sangat berhati-hati dalam mengeluarkan paspornya," kata Hikamahanto.

Dia menambahkan bahwa penyalahgunaan dokumen juga dapat mempengaruhi negara-negara lain melalui perdagangan manusia, termasuk menyelundupkan pekerja ilegal ke negara lain.

Paspor Indonesia juga berada di belakang Timor Leste yang berada di posisi 50 dengan akses ke 84 negara. Papua Nugini berada di posisi 58 dengan 69 negara.

Sementara Malaysia menempati ranking keenam dengan 154 negara bebas visa bagi pemegang paspornya. (marloft)

Baca Juga

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
DESTINASI WISATA
Reaksi Disparbud DKI Soal Kegiatan Pangkalan Pasir di Sunda Kelapa

Bisnisnews.id - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta,  Tinia  Budiati akui, Sunda Kelapa  di Tanjung Priok Jakarta Utara sebagai Pelabuhan heritage  dan menjadi salah satu destinasi Wisata bersejarah. . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Mohamed Salah Jadi Pemain Terbaik versi PFA

Bisnisnews.id – Pemain Liverpool Mohamed Salah sukses meraih gelar pemain terbaik versi Professional Fotballers Association (PFA) musim 207-2018.   Mohamed Salah berhak atas gelar ini karena telah berhasil mengungguli . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Pires Sebut Wenger Dinosaurus Terakhir

Bisnisnews.id – Legenda sepak bola Arsenal Robert Pires menyebut mantan pelatihnya Arsene Wenger sebagai sosok dinosaurus terakhir di era sepak bola zaman kini.   Pemain berkebangsaan Perancis tersebut mengatakan bahwa . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
CATUR
Kejar Rating, PB Percasi Gelar Turnamen Internasional

Bisnisnews.id – Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) menggandeng produsen makanan nasional dalam menggelar JAPFA Grandmaster (GM) and Women Grandmaster (WGM) Chest Tournament 2018. Direktur Corporate . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
DESTINASI
Kirab Obor Asian Games Singgahi 18 Provinsi di Indonesia

Bisnisnews.id – Ketua INASGOC Erick Thohir mengatakan, Torch Relay atau kirab obor Asian Games 2018  akan dimanfaatkan secara maksimal sebagai ajang promosi destinasi-destinasi pariwisata, seni budaya serta berbagai . . .
Selengkapnya