Senin, 23 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Metropolitan / Jabodetabek / Berita

KUNJUNGAN
Jumat, 10 November 2017 10:07 WIB

Gubernur Anies - Kepala BPTJ Bahas Soal Kemacetan Jakarta


ilustrasi kemacetan Jakarta

Bisnisnews.id - Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengaku telah membahas banyak hal terkait transportasi kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Poin-poin yang dibahas yaitu mengenai titik-titik kemacetan, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), konsep Transit Oriented Development (TOD) dan target perpindahan point to point tidak lebih dari 1,5 jam.

Kunjungannya ke Balai Kota dua hari lalu (Rabu 8/11/2017) itu, lanjut Bambang, untuk membangun kebijakan-kebijakan mengenai transportasi di DKI Jakarta dan mendiskusikan beberapa hal penting target makro yang terkait dengan pengembangan transportasi di Jabodetabek.

Terkait pertemuan itu, telah dipetakan target-target makro yang harus dicapai dalam membangun transportasi di Jabodetabek. Salahsatunya adalah DKI Jakarta. Pihaknya pun berencana membangun transportasi ke depan agar point to point itu dicapai tidak lebih dari 1,5 jam.

"Kemudian, kecepatan rata-rata minimal adalah 30 km/jam. Itu adalah salah satu target makro yang kami sampaikan kepada Pak Gubernur," ujarnya.

Bambang Pri mencontohkan, jarak tempuh transportasi umum dari titik keberangkatan di Jalan Medan Merdeka Barat ke titik di Jakarta Selatan tidak boleh lebih dari 1,5 jam. Jika target itu tak tercapai, pemerintah harus melakukan evaluasi.

"Kalau lebih (dari 1,5 jam), berarti kami harus membangun transportasi bagaimana mendekatkan itu," kata Bambang Pri.

Pada kesempatan yang sama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pihaknya mendiskusikan pengambilan kebijakan transportasi di Ibu Kota. Menurutnya, harus ada kesinergian antara Pemprov DKI dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan pemerintah daerah sekitarnya dalam hal menangani kebijakan transportasi.

"Ada beberapa target makro yang kita bicarakan yang pertama titik-titik kemacetan yang sudah sangat terasa yang kita alami di beberapa titik jalanan di Ibu Kota, yang kedua peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), yang ketiga konsep Transit Oriented Development (TOD)," Anies.

Gubernur DKI Jakarta menegaskan, untuk kualitas sumber daya manusia yang menjadi operator kendaraan angkutan umum massal harus juga diperhatikan dan Konsep Transit Oriented Development (TOD) harus benar-benar TOD yang dibangun, jadi jangan sampai berbeda.

"Kita menyepakati untuk bekerja lebih dekat, intensif, terbuka dan menyiapkan perencanaan masterplan untuk transportasi dengan mengantisipasi perubahan yang terjadi di Jakarta, itu hal-hal yang kita review dalam pertemuan ini," katanya. (Syam S)

Baca Juga

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Kemenpora Gelar Nobar Piala Dunia 2018

Bisnisnews.id – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan menggelar nonton bareng (Nobar)  perhelatan Piala Dunia 2018 Rusia  satu bulan penuh (15 Juni - 15 Juli 2018) di Halaman Kantor Kemenpora. Sesmenpora . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
UNJUK RASA
Ribuan Pengemudi Ojek Online Menuntut Kesejahteraan dan Pengakuan

Bisnisnews.id - Ribuan pengemudi ojek online melakukan orasi di depan gedung DPR/MPR RI, Senin (23/4/2018). Mereka menuntut mendorong para wakil rakyat ikut berperan mendorong diberikan subsidi, sehingga penumpang tetap bisa menikmati . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
BMKG
DKI Jakarta dan Sekitarnya Berpotensi Hujan Lebat, Angin Disertai Petir

Bisnisnews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan dalam beberapa hari kedepan (23 -25 April 2018) terpantau adanya sirkulasi siklonik di sekitar perairan wilayah Indonesia dan adanya aliran udara . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Senin, 23 April 2018
PELAYANAN
Batik Air Klaim Sebagai Maskapai Paling Tepat Waktu di Asia Tenggara

Bisnisnews.id - Batik Air (Lion Group) pada periode Maret 2018 klaim menjadi maskapai paling tepat waktu di Asia Tenggara dan peringkat ke-56 di dunia Dilaporkan bahwa keberangkatan dan kedatangan pesawat Batik Air *on time performance/ . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
LALIN
Uji Coba Sistem Ganjil Genap di Jalan Thamrin dan Sudirman

Bisnisnews.id - Sosialisasi penertiban lalulintas dengan sstem ganjil-genap di DKI Jakarta berjalan lancar dan tidak mengalami hambatan. Hari ini sistem itu diuji coba mulai pukul 06.00-10.00 WIB. Wakil Kepala Dinas Perhubungan . . .
Selengkapnya