Senin, 22 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Logistik / Berita

PELABUHAN MAKASSAR
Senin, 13 November 2017 21:13 WIB

Perbaikan Crane Tidak Pengaruh Terhadap Layanan



Bisnisnews.id - Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelindo IV, Farid Padang menegaskan, perbaikan alat container crane (CC) tidak berpengaruh terhadap aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Makassar.

"Saat ini total ada tujuh CC yang difungsikan oleh TPM dan satu CC memang sedang dalam pemeliharaan. Namun [pemeliharaan] itu tidak pernah mengganggu aktivitas bongkar muat di TPM karena kondisi tersebut adalah hal yang biasa terjadi," kata Farid, Senin  (13/11/2017).

Justeru pemeliharaan alat adalah langkah pihaknya untuk selalu dapat melayani bongkar muat barang dengan maksimal. "Karena, bagaimana bisa maksimal bongkar muat barang jika alat yang dimiliki dalam keadaan tidak baik," jelasnya.

Apalagi, lanjut Farid, pemeliharaan alat CC khususnya di TPM tidak lantas membuat aktivitas bongkar muat menjadi lambat atau terganggu. Karena dengan enam CC yang masih berfungsi dengan baik saat ini, aktivitas bongkar muat tetap berlangsung seperti biasanya.

General Manager Terminal Petikemas Makassar (TPM), Yosef Benny Rohy menambahkan, jumlah alat yang mumpuni ditambah dengan pelayanan di TPM yang sejak lama sudah menerapkan sistem 1 x 24 jam selama 7 hari, kondisi pemeliharaan alat itu sama sekali bukan hambatan untuk aktivitas bongkar muat yang ada.

"Namun, jika ternyata masih terlihat ada antrian kapal di Pelabuhan Makassar, biasanya bukan karena kegiatan bongkar muatnya belum bisa terlayani akibat adanya satu alat CC yang sedang dimaintenance. Tapi, [antrian] masih terjadi karena pemilik barang belum melengkapi dokumen yang dibutuhkan, atau dokumennya masih sedang diurus, sehingga barangnya belum bisa dibongkar."

Selain itu, antrian juga kerap terjadi akibat kedatangan kapal yang bersamaan karena belum semua pelayaran melaksanakan windows sistem.

Kondisi kapal yang tiba secara bersamaan menurutnya, merupakan kondisi yang tidak biasanya. Ditambah lagi, terdapat beberapa kapal yang lambat keluar karena masih menunggu muatan.

"Pada prinsipnya, kami juga tidak mau ada kapal yang antri di pelabuhan. Tapi, kami juga tidak bisa melakukan bongkar muat jika barangnya belum dilengkapi dengan dokumen yang semestinya," tegas Yosef.

Pihaknya selalu optimistis arus bongkar muat barang di TPM meningkat antara 2% - 3% setiap tahun. Bahkan tahun 2016 lalu, pihaknya berhasil mencatatkan kinerja bongkar muat barang meningkat sekitar 5% dibandingkan tahun sebelumnya.

Secara terpisah Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyebutkan perekonomian di wilayahnya terjadi peningkaatn dibandingkan tahun  lalu. Hal itu terlihat dari jumlah singgaha kapal di Pelabuhan Makassar meningkat hingga terjadi antrian kapal.

Peningkatan perekonomian di Sulsel sebut Syahrul Yasin Limpo antara lain lantaran dibukanya jalur pelayaran langsung ke luar negeri atau Directcall yang dilakukan pihak Pelindo IV sehingga dalam melakukan ekspor impor bisa langsung ke negara tujuan tanpa harus melalui Surabaya ataupun Tanjung Priok. Selain menghemat waktu tempuh juga mengurangi biaya logistic disamping pemasukan PAD buat pemerintah daerah yang selama ini larinya ke Pulau Jawa. (Syam S)

Baca Juga

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
PENGANGGURAN
Ciptakan Entrepreuner, Facebook Latih 65,000 Orang Perancis

Bisnisnews.id - Facebook mengatakan pada hari Senin 22 Januari bahwa mereka akan melatih 65.000 orang Prancis dalam keterampilan digital secara gratis, untuk membantu wanita dan pengangguran memulai bisnisnya dan bisa kembali . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Senin, 22 Januari 2018
DEMONSTRASI
PBB : Anti Presiden, Enam Tewas Di Kongo

Bisnisnews.id - Enam orang tewas di Republik Demokratik Kongo pada hari Minggu 21 Januari, kata PBB, karena pihak berwenang melarang demonstrasi terhadap Presiden Joseph Kabila. Saksi mata mengatakan pasukan keamanan melepaskan . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Minggu, 21 Januari 2018
PROYEK CHANGI
Singapura Kenakan Pajak Tambahan Kepada Penumpang

Bisnisnews.id - Otoritas penerbangan sipil Singapura(CAAS)  berencana akan menaikan pajak 10 -15 dolar Singapura kepada para penumpang dari dan ke bandara Changi. Dana tambahan tersebut akan digunakan untuk membiayai perluasan . . .
Selengkapnya

 

Regulasi  -  Minggu, 21 Januari 2018
REGULASI
Sertifikasi Kapal Wajib Mencantumkan Bahasa Indonesia

Bisnisnews.id - Mulai 1 Februari 2018 Sertifikat Garis Muat Kapal berbendera Indonesia yang dikeluarkan Badan Klasifikasi Nasional maupun Asing, wajib mencantumkan format berbahasa Indonesia. Direktur Perkapalan dan Kepelautan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Minggu, 21 Januari 2018
MINYAK DUNIA
Arab Saudi Serukan Perpanjang Pemangkasan Produksi

Bisnisnews.id - Arab Saudi menyerukan hari Minggu 21 Januari untuk memperpanjang kerjasama antara produsen OPEC dan non-OPEC sampai lewat dari 2018. Seruan tersebut datang setelah harga minyak mencapai 70 dolar per barel berkat . . .
Selengkapnya