Selasa, 24 April 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Logistik / Berita

INFRASTRUKTUR
Jumat, 17 November 2017 07:34 WIB

APBN Terbatas, Kemenhub Tarik Investas Swasta Lokal dan Asing


ilustrasi pembangunan pelabuhan Patimban yang menarik investasu swasta lokal dan asing . Salah satunya ialah dari Jepang (JICA).

Bisnisnews.id - Menarik investasi swasta lokal dan asing untuk mengembangkan proyek-proyek infrastrukur sektor transportasi menjadi solusi mengatasi terbatasnya pembiayaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, terbatasnya pembiayaan APBN itu harus bisa datasi dengan membuka peluang bagi investasi swasta. Kebetulan Indonesia salah satu negara yang paling diminati para investor, terutama di proyek-proyek strategis.

Kendati demikian, investasi dan kerjasama yang telah dilakukan sifatnya terbatas dan tidak ada unsur menjual aset negara.

"Indonesia sendiri tercatat sebagai negara yang diminati untuk berinvestasi, oleh karenanya dibutuhkan program konkret dan dukungan untuk dapat mengembangkan proyek strategis," jelas Budi Karya, hadapan peserta Rapat Kerja Kementerian Perhubungan Tahun 2017 dengan tema 'Sinergitas Investasi Mendukung Konektivitas' di Kantor Kementerian Perhubungan, Kamis (16/11/2017).

Deregulasi yang telah dilakukan di Kementerian Perhububugan juga dapat mempercepat pengembangan usaha dan daya saing penyedia jasa logistik nasional. Seluruh pelayanan dilakukan dengan lancar tanoa hambatan.

"Hal ini penting dilakukan guna menggairahkan iklim investasi khususnya di sektor transportasi. Sehingga kedepan Pemerintah harus terus berupaya melakukan terobosan guna mendorong swasta dalam skema kerjasama untuk pembiayaan infrastruktur," tambah Budi Karya.

Optimalisasi program konektivitas antarpulau, lanjut Menhub Budi, diimplementasikan melalui pengembangan infrastruktur. "Pengembangan infrastruktur antara lain melalui pengembangan bandar udara di wilayah pinggiran dan perbatasan Indonesia, pembangunan Jembatan Udara yang terintegrasi dengan Tol Laut, penyelesaian 13 trayek rute Tol Laut, dan penyelesaian pembangunan pelabuhan di 104 lokasi," kata Menhub Budi.(Syam S)

Baca Juga

 

Industri  -  Selasa, 24 April 2018
TRANSPORTASI UDARA
Bandara Jenderal Soedirman Ditargetkan Selesai 2019

Bisnisnews.id  - Dirjen Perhubungan Udara  Agus Santoso mengatakan,  Bandara Jenderal Besar Soedirman yang terletak di kawasan pangkalan TNI AU Wirasaba Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah sangat strategis karena . . .
Selengkapnya

 

Metropolitan  -  Senin, 23 April 2018
DESTINASI WISATA
Reaksi Disparbud DKI Soal Kegiatan Pangkalan Pasir di Sunda Kelapa

Bisnisnews.id - Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta,  Tinia  Budiati akui, Sunda Kelapa  di Tanjung Priok Jakarta Utara sebagai Pelabuhan heritage  dan menjadi salah satu destinasi Wisata bersejarah. . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Mohamed Salah Jadi Pemain Terbaik versi PFA

Bisnisnews.id – Pemain Liverpool Mohamed Salah sukses meraih gelar pemain terbaik versi Professional Fotballers Association (PFA) musim 207-2018.   Mohamed Salah berhak atas gelar ini karena telah berhasil mengungguli . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
BOLA
Pires Sebut Wenger Dinosaurus Terakhir

Bisnisnews.id – Legenda sepak bola Arsenal Robert Pires menyebut mantan pelatihnya Arsene Wenger sebagai sosok dinosaurus terakhir di era sepak bola zaman kini.   Pemain berkebangsaan Perancis tersebut mengatakan bahwa . . .
Selengkapnya

 

Arena  -  Senin, 23 April 2018
CATUR
Kejar Rating, PB Percasi Gelar Turnamen Internasional

Bisnisnews.id – Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) menggandeng produsen makanan nasional dalam menggelar JAPFA Grandmaster (GM) and Women Grandmaster (WGM) Chest Tournament 2018. Direktur Corporate . . .
Selengkapnya