Selasa, 23 Januari 2018

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Industri / Logistik / Berita

INFRASTRUKTUR
Jumat, 17 November 2017 07:34 WIB

APBN Terbatas, Kemenhub Tarik Investas Swasta Lokal dan Asing


ilustrasi pembangunan pelabuhan Patimban yang menarik investasu swasta lokal dan asing . Salah satunya ialah dari Jepang (JICA).

Bisnisnews.id - Menarik investasi swasta lokal dan asing untuk mengembangkan proyek-proyek infrastrukur sektor transportasi menjadi solusi mengatasi terbatasnya pembiayaan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, terbatasnya pembiayaan APBN itu harus bisa datasi dengan membuka peluang bagi investasi swasta. Kebetulan Indonesia salah satu negara yang paling diminati para investor, terutama di proyek-proyek strategis.

Kendati demikian, investasi dan kerjasama yang telah dilakukan sifatnya terbatas dan tidak ada unsur menjual aset negara.

"Indonesia sendiri tercatat sebagai negara yang diminati untuk berinvestasi, oleh karenanya dibutuhkan program konkret dan dukungan untuk dapat mengembangkan proyek strategis," jelas Budi Karya, hadapan peserta Rapat Kerja Kementerian Perhubungan Tahun 2017 dengan tema 'Sinergitas Investasi Mendukung Konektivitas' di Kantor Kementerian Perhubungan, Kamis (16/11/2017).

Deregulasi yang telah dilakukan di Kementerian Perhububugan juga dapat mempercepat pengembangan usaha dan daya saing penyedia jasa logistik nasional. Seluruh pelayanan dilakukan dengan lancar tanoa hambatan.

"Hal ini penting dilakukan guna menggairahkan iklim investasi khususnya di sektor transportasi. Sehingga kedepan Pemerintah harus terus berupaya melakukan terobosan guna mendorong swasta dalam skema kerjasama untuk pembiayaan infrastruktur," tambah Budi Karya.

Optimalisasi program konektivitas antarpulau, lanjut Menhub Budi, diimplementasikan melalui pengembangan infrastruktur. "Pengembangan infrastruktur antara lain melalui pengembangan bandar udara di wilayah pinggiran dan perbatasan Indonesia, pembangunan Jembatan Udara yang terintegrasi dengan Tol Laut, penyelesaian 13 trayek rute Tol Laut, dan penyelesaian pembangunan pelabuhan di 104 lokasi," kata Menhub Budi.(Syam S)

Baca Juga

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
HUBUNGAN INDUSTRIAL
Dirjen Hubud Sikapi Kemelut Manajemen Garuda Vs APG dan Sekarga,

Bisnisnews.id - Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengingatkan para operator penerbangan agar menyelesaikan beragam masalah yang ada di internal perusahaan asal tidak berdampak negatif terhadap keselamatan, . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
REPUTASI MASKAPAI
Seragam AirAsia Terlalu Seksi, Pemerintah Sarankan Sesuai Shariah

Bisnisnews.id - Seorang penumpang maskapai telah menyatakan rasa prihatinnya setelah mengaku bisa melihat payudara dan celana dalam pramugari. June Robertson asal New Zeland adalah penumpang yang sering terbang ke Malaysia. Tapi . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
REGULASI IMO
Kapal dan Pelabuhan Wajib Implementasikan ISPS Code

Bisnisnews.id - Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Capt. Jhonny R Silalahi menyebutkan sebanyak 348 fasilitas pelabuhan di Indonesia telah mengimplementasikan The International Ship and Port Facility Security (ISPS) . . .
Selengkapnya

 

Industri  -  Selasa, 23 Januari 2018
IPO
GMF AeroAsia Belum Menunjuk Investor Strategis

Bisnisnews.id - Direktur Utama GMF AeroAsia Iwan Juniarto, menjelaskan, hingga saat ini belum menunjuk investor strategis. Proses pemilihan masih dilakukan dan akan dibahas  dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Selasa, 23 Januari 2018
KONFLIK YERUSALEM
Al-Qaeda Serukan Serangan Ke Yahudi dan Amerika Di Dunia

Bisnisnews.id - Pemimpin senior Al Qaeda telah meminta umat Islam di dunia untuk bangkit dan membunuh orang-orang Yahudi dan Amerika sebagai tanggapan atas keputusan Presiden AS Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibukota . . .
Selengkapnya