Sabtu, 16 Desember 2017

Home Terbaru Terpopuler

Home/ Internasional / Berita

PEMBERONTAKAN YAMAN
Senin, 04 Desember 2017 21:52 WIB

Mantan Pemimpin Yaman Dilaporkan Terbunuh


Ali Abdullah Saleh menjadi sekutu Houthi setelah perang sipil Yaman dimulai pada tahun 2015 (BBC)

Bisnisnews.id - Laporan dari Yaman mengatakan bahwa mantan Presiden, Ali Abdullah Saleh telah tewas dalam pertempuran dengan mantan sekutunya.

Media yang dikendalikan oleh pemberontak gerakan Houthi mengutip pejabat menyatakan "akhir dari krisis milisi pengkhianat dan pembunuhan pemimpinnya."

Sumber di partai Kongres Rakyat juga menegaskan bahwa dia telah meninggal, menurut Al Arabiya TV.

Gambar dan video yang beredar online menunjukkan tubuh seorang pria menyerupai Saleh dengan luka kepala yang parah.

Hingga pekan lalu, pendukung Saleh telah berperang bersama Huthi dalam perang melawan presiden Yaman saat ini, Abdrabbuh Mansour Hadi.

Namun ketegangan politik yang telah berlangsung lama dan perselisihan mengenai kontrol masjid utama di ibukota yang dikuasai pemberontak, Sanaa, memicu bentrokan sengit yang menyebabkan lebih dari 125 orang tewas dan 238 lainnya cedera sejak Rabu malam.

Pada hari Sabtu, Saleh menawarkan untuk membuka halaman baru dengan koalisi pimpinan Saudi yang mendukung Presiden Hadi jika menghentikan serangan Yaman dan mengakhiri blokade yang melumpuhkan.

Koalisi dan pemerintah Hadi menyambut baik komentar tersebut. Namun pihak Houthi menuduh Saleh mengadakan kudeta melawan sebuah aliansi yang tidak pernah dia percaya.

Lebih dari 8.670 orang telah terbunuh dan 49.960 terluka sejak koalisi melakukan intervensi dalam perang sipil pada Maret 2015, menurut PBB.

Konflik dan blokade tersebut juga telah menyebabkan 20,7 juta orang membutuhkan bantuan kemanusiaan, menciptakan krisis pangan terbesar di dunia, dan menyebabkan wabah kolera yang diperkirakan telah membunuh 2.211 orang sejak April. (marloft)

Baca Juga

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
KECAMAN UNIVERSAL
Kontroversi Yerusalem, 4 Warga Palestina Terbunuh

Bisnisnews.id - Empat orang Palestina tewas dan ratusan lainnya terluka pada hari Jumat 15 Desember dalam bentrokan dengan pasukan Israel, saat puluhan ribu orang berdemonstrasi menentang pengakuan Washington terhadap Yerusalem . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
KECAMAN UNIVERSAL
Konflik Yerusalem Reda, AS Rencanakan Perdamaian Timur Tengah

Gedung Putih akan memperbarui upaya untuk mencapai kesepakatan damai Israel-Palestina, kata beberapa pejabat pada hari Jumat 15 Desember. Pejabat senior pemerintah mengatakan upaya untuk mendorong proses akan dihidupkan kembali . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
AFRIKA SELATAN
ANC Pilih Pemimpin Gantikan Jacob Zuma

Bisnisnews.id - Kongres Nasional Afrika (ANC) di Afrika Selatan sedang bersiap untuk memilih pemimpin partai baru untuk menggantikan Presiden Jacob Zuma. Kandidat utamanya adalah wakil presiden saat ini, Cyril Ramaphosa, dan mantan . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
PERU
Skandal Odebrecht: Presiden Kuczynski Hadapi Pemakzulan

Bisnisnews.id - Partai politik di Kongres Peru telah mengajukan sebuah mosi pemakzulan terhadap Presiden Pedro Pablo Kuczynski. Dia telah dituduh menerima pembayaran ilegal oleh perusahaan konstruksi Brasil, Odebrecht. Mosi yang . . .
Selengkapnya

 

Internasional  -  Sabtu, 16 Desember 2017
BENCANA ALAM
Badai Kai-Tak Sambangi Filipina, 3 Nelayan Hilang Puluhan Ribu Mengungsi

Bisnisnews.id - Puluhan ribu orang terdampar karena banjir dan tiga nelayan hilang Sabtu 16 Desember saat Badai Tropis Kai-Tak mengarah ke timur Filipina, kata beberapa pejabat. Badai Kai-Tak berhembus hingga 100 kilometer per . . .
Selengkapnya